Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru untuk Mereproduksi Paragraf Terpadu Fokus Bahasa Indonesia

Authors

  • Sukarni SD Negeri 012 Tempuling, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.312

Keywords:

supervisi klinik, kepala sekolah, guru kelas tinggi, reproduksi, paragraf terpadu

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mendeskripsikan produk supervisi klinik kepala sekolah terhadap guru kelas tinggi SD Negeri 012 Tempuling. Produk yang dimaksud: 1) paragraf prosedur terpadu fokus mata pelajaran Bahasa Indonesia berbasis mata pelajaran Matematika dan IPS kelas 4 berjumlah 3 paragraf terpadu; 2) paragraf prosedur terpadu fokus mata pelajaran Bahasa Indonesia berbasis mata pelajaran Matematika dan IPS kelas 5 berjumlah 3 paragraf terpadu; 3) paragraf prosedur terpadu fokus mata pelajaran Bahasa Indonesia berbasis mata pelajaran Matematika dan IPS kelas 6 berjumlah 3 paragraf terpadu. Penelitian dilaksanakan di semester genap tahun ajaran 2022/2023 di SD Negeri 012 Tempuling. Supervisi klinik menerapkan metode pelatihan pola 4 jam yakni 2 x 2 x 50 menit. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah para guru kelas tinggi SD Negeri 012 Tempuling. Mereka berjumlah 3 guru; masingmasing seorang guru kelas 4, guru kelas 4, dan kelas 5. Instrumen utama penelitian deskriptif ini adalah kuesioner tentang LKG (lembar kegiatan guru). LKG ini berisi 2 bagian penting yakni: 1) contoh paragraf terpadu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mata pelajaran Matematika dan IPS; 2) bidang kosong untuk setiap peserta berlatih menyusun paragraf terpadu per kelas tinggi. Instrumen lainnya adalah tes kloz untuk menentukan tingkat keterbacaan paragraf. Data paragraf terpadu dianalisis menggunakan prosedur mean melalui teknik tes kloz. Hasil penelitian tindakan sekolah: 1) paragraf terpadu fokus mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 masingmasing berketerbacaan tinggi; 2) paragraf terpadu fokus mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 masingmasing berketerbacaan tinggi; 3) paragraf terpadu fokus mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 6 masingmasing berketerbacaan tinggi.

References

Andriani, R. & Rasto. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 4, Nomor 1, Januari, 80-86.

Andriyani, Sy. S., & Razak, A. (2022). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Bahasa Indonesia dan Guru Matematika untuk Mereproduksi Teks Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 595–606. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.253

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bandur, A. (2014). Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Creswell, John W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Cetakan IV. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. Norma; Hyun, Helen H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Giyanto & Ghoni, A. (2020). Developing Virtual Smart Fraction Media based on Adobe Flash for Learning Fraction in Mathematics. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 927-933. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i6.8003.

Harjasujana, A.S. & Mulyati, Y. (2006). Membaca 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Herayanti, L. dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 37, Nomor 2, Juni, 210-219.

Jamiah, J. (2022). Pelatihan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman: Supervisi Klinik Kepala Sekolah kepada Guru Kelas Tinggi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(4), 469–480. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.74

Karo-Karo, Isran R. & Rohani. 2018. Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni, 91- 96.

Khairul, K.(2022). Penyusunan Paragraf Berbasis Profetik melalui Teknik Pelatihan: Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 807–818. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.210

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-35.

Malik, Ranbir S. & Hamied, Fuad A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researches. Bandung: UPI Press.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli 2016, 87-97.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Volume 8, Nomor 2, Desember 2010, 1-10.

Pratiwi, Y., & Nugraheni, A, S. (2022). Problematika Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di SD/MI. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (5), 1479-1490. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8977.

Razak, A. (2004). Formula 247 Plus: Metode Mendidik Anak Menjadi Pembaca yang Sukses. Jakarta: Elekmedia Komputindo.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2019). How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Elementary School. Pekanbaru: Ababil Press.

Rospiati, R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran Guru SMP Negeri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 547-557. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8649.

Sardiman AM. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sinamo, J. H. (2003). Ethos21: Etos Kerja Profesional di Era Digital Global. Jakarta; Mahardika.

Sugihartono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar. dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi, Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188-198.

Suhardi, S. (2022). Supervisi Kepala Sekolah terhadap Guru Mata Pelajaran: Pengadaan Teks Naratif Topik Profetik Bermedia Jurnal Online. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 819–830. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.211

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), Januari-Juli, 131-144.

Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-65.

Zamsir, L. M., & Fajrin, P. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 170-181.

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Sukarni. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru untuk Mereproduksi Paragraf Terpadu Fokus Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 421–432. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.312

Issue

Section

Articles