Peningkatan Keterampilan Identifikasi Tokoh Cerita Rakyat melalui Pendekatan Individual dan Media LKPD
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.317Keywords:
keterampilan identifikasi, tokoh cerita rakyat, pendekatan individual, media LKPDAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) sesuai--tidaknya kegiatan belajar-mengajar keterampilan identifikasi tokoh cerita rakyat melalui pendekatan individual dan media LKPD dengan rencana kegiatan belajar-mengajar; 2) besaran siswa tuntas dalam pembelajaran keterampilan identifikasi tokoh cerita rakyat melalui pendekatan individual dan media LKPD. Penelitian ini dilaksanakan di semester genap tahun ajaran 2022/2023 di SD Negeri 012 Tempuling. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah para siswa kelas IV- A SD Negeri 012 Tempuling. Mereka berjumlah 13 siswa yang belum mencapai KKM 70,00 dari 24 siswa kelas IV-A SD Negeri 012 Tempuling. Instrumen utama penelitian ini adalah RPP yang hanya berisi kegiatan belajar-mengajar. Instrumen lainnya adalah LKPD yang berisi 2 bagian. Pertama, teks cerita rakyat yang dilengkapi dengan tes pilihan ganda. Instrumen lainnya adalah pedoman observasi guna mengumpulkan data kegiatan belajar-mengajar dan instrumen tes identifikasi tokoh cerita rakyat. Untuk mengumpulkan data hasil belajar digunakanadalah tes keterampilan mengidentifikasi tokoh cerita rakyat yang berbentuk pilihan ganda jenis lisan/tulisan. Instrumen tes ini disusun secara objektif dan sistematis sehingga memenuhi syarat tes yang valid. Data kegiatan belajar dianalisis secara tematik sedangkan data hasil belajar keterampilan identifikasi tokoh cerita rakyat melalui pendekatan individual dan media LKPD dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni persen dan modus. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: 1) kegiatan belajar-mengajar terlaksana sesuai dengan rencana kegiatan belajar-mengajar; 2) pada siklus pertama hanya 8 siswa yang dapat mencapai KKM 70,00; secara klasikal hanya 65,53 persen sedangkan untuk siklus kedua terdapat 4 siswa yang mencapai KKM 70,00; keterampilan identifikasi tokoh cerita rakyat melalui teknik tes opsi unik dan media LKPD bagi siswa kelas IV-A SD Negeri 012 Tempuling yang secara klasikal mencapai KKM 70,00.
References
Aisyah, A. (2020). Kepribadian Seorang Pendidikan terhadap Minat Belajar Matematika. Journal on Teacher Educa- tion, Volume 1, Nomor 2, 2020, 20-25.
Al-Jauziyah, Ibnu Al-Qayyim. (2007). Indahnya Sabar: Bekal Sabar Agar Tak Pernah Habis. Penerjemah: A.M. Halim. Editor: Linda Andriani. Jakarta: Maghfirah Utama
Al-Qaradhawi, Y. (1996). Sabar dan Tawakkal. Penerjemah: Kathur Suhardi. Jakarta: Pustaka al-Kausar.
Andriani, R. & Rasto. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 4, Nomor 1, Januari,
-86.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asih, G. L. & Pratiwi, M. M. S. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi, Vol- ume 1, Nomor, 1, Desember 2010, 33-42.
Dewi, N. P. Y; Suandi, I. N; Sudiana, I. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Sikap Bahasa, dan Kebiasaan Membaca terhadap Prestasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Volume 9, Nomor 1, Maret,
, 1-20.
Elmustian, E. & Razak, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Berpendekatan Konstruktivis-me untuk Kelas X SMA/MA/SMK'. Laporan Penelitian Pengembangan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau.
Giyanto & Ghoni, A. (2020). Developing Virtual Smart Fraction Media based on Adobe Flash for Learning Fraction in Mathemat- ics. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 927-933. DOI: http:/
/dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i6.8003.
Hadi, S. (2018). Konsep Sabar dalam al-Quran. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora,Volume 1, Nomor 2, 2018, 473-488. https://doi.org/ 10.33753/madani.v1i2.25
Hidayat, M. T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Menggunakan Media Mencari Pasangan Kartu pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Langsa. Jurnal Samudra Bahasa, Volume 1, No. 2, Tahun
, 64-73.
Herayanti, L. dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 37, Nomor 2, Juni, 210-219.
Ismail, J. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia melalui Interaksi Edukatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate. Jurnal Mitra Pendidikan, Volume 3, Nomor 8, 2019, 1105-1120.
Juriati, J. & Razak, A. (2023). Tokoh, Tema, dan Amanat Cerita Rakyat ‘Wak Wang’ menurut Penilaian Siswa SMA Negeri 2 Senayang. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Vol. 1 No. 2, Mei 2023. https:/
/doi.org/10.55909/gj.v1i2.15
Karo-Karo, Isran R. & Rohani. 2018. Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni, 91- 96.
Katsir, Ibnu. (2007). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 3. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-35.
Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Re- searches. Bandung: UPI Press.
Maryani, I., & Yusparizan. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Pesan dalam Cerita Rakyat melalui Teknik Tugas Menyalin Berbasis LKPD Berpendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 181–190. https://doi.org/ 10.55909/jpbs.v2i2.249
Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli 2016, 87-97.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), Desember 2010, 1-10.
Naharuddin. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita Anak melalui Teknik Tes Kloz Menggunakan Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 345–356. https://doi.org/10.55909/ jpbs.v2i3.272
Pratiwi, Y., & Nugraheni, A, S. (2022). Problematika Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di SD/MI. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (5), 1479-1490. DOI: http://dx.doi.org/ 10.33578/jpfkip.v11i5.8977.
Rasdana, O., Padaameen, S., Elfitra, L., & Hassan,
N. R. N. (2022). Kedidaktisan Cerita Rakyat ‘Tupai dan Buaya’ menurut Interpretasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 677–684. https://doi.org/10.55909/ jpbs.v1i5.193
Razak, A. (2004). Formula 247 Plus: Metode Mendidik Anak Menjadi Pembaca yang Sukses. Jakarta: Elekmedia Komputindo.
Razak, A. (2013). Indahnya Bahasaku: Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas 4 SD/MI. Pekanbaru: UR Press.
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2019). How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Elementary School. Pekanbaru: Ababil Press.
Rospiati, R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran Guru SMP Negeri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 547-557. DOI: http:/
/dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8649.
Sabarani, S. & Razak, A. (2023). Reproduksi, Tokoh, dan Amanat ‘Sengkang Kera’: Tinjauan Kepustakaan KumpulanCerita Rakyat Kabupaten Lingga. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Genilang, Vol. 1 No. 1. Januari 2023. DOI: https://doi.org/ 10.55909/gj.v1i1.5
Sardiman AM. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sari, W. C. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran dan Tipe Kepribadian terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMP Swasta di Kecamatan Medan Area. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Volume 9, Nomor 1, Juli , 33-
Sinamo, J. H. (2003). Ethos21: Etos Kerja Profesional di Era Digital Global. Jakarta; Mahardika.
Sharp, S. (2010). How Does Prayer Help Manage Emotions? Social Psychology Quarterly, Volume 73, Nomor 4, December 2010,
-437.
Subandi. (2011). Sabar: Sebuah Konsep Psikologi. Jurnal Psikologi, Volume 38, Nomor 2,
-227.
Sumiyadi, S. & Durrachman, E. (2014). Sanggar Sastra: Pengalaman Artistik dan Estetik Sastra. Editor: Abdul Razak & Suntoko. Bandung: Alfabeta.
Taufik, T. (2012). Empati: Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Winarso, W. (2015). Perbedaan Tipe Kepribadian terhadap Sikap Belajar Matematika Siswa Kelas 10 SMA Islam al-Azhar 5 Cirebon. Jurnal Saintmart, 4(1), Maret, 67–80.
Yenita, Y. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Berbasis Pantun melalui Teknik Tes Pendekatan Individual Menggunakan Media LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 245–254. https://doi.org/10.55909/ jpbs.v2i2.255
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syahrini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




