Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Topik Profetik Siswa Kelas VIII SMP Al-Kahfi International School Batam
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.318Keywords:
keterampilan membaca, teks deskripsi, topik profetikAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan membaca teks deskripsi topik profetik; 2) sama-tidaknya keterampilan membaca teks deskripsi topik profetik per kelompok sampel. Penelitian dilakukan di SMP Al-Kahfi International School Batam, Kepulauan Riau. Kegiatan penelitian berlangsung pada pertengahan semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas VIII SMP Al-Kahfi International School Batam yang mengikuti tes dan menyerahkan lembar jawaban yang berjumlah 28 siswa. Jumlah ini terbagi dari 10 siswa kelas ihwan dan 18 siswa kelas akhwat. Sampel ditetapkan sebanyak 26 siswa mengacu kepada formula yang dikembangkan Slavin; 9 siswa kelas ikhwan dan 17 siswa kelas ahwat; dipilih secara random sederhana tanpa pengembalian. Data keterampilan membaca teks deskripsi topik profetik dikumpulkan melalui instrumen tes pilihan ganda 4 opsi yang valid. Data keterampilan membaca teks deskripsi topik profetik dianalisis secara statistik inferensial parametrik. Prosedur analisis data yang sesuai untuk tujuan penelitian ini adalah uji t satu sampel dan uji t sampel independen. Semua syarat pengujian data penelitian terpenuhi. Hasil penelitian: 1) keterampilan membaca teks deskripsi topik profetik berkategori tinggi; 2) tidak terdapat perbedaan keterampilan membaca teks deskripsi topik profetik per kelompok sampel.
References
An-Nawawi, I. (2010). Syarah Shahih Muslim. Jilid 4. Penerjemah: Agus Ma'mun, Suharlan, Suratman. Editor: Tim Pustaka as-Sunnah. Jakarta: Pustaka as-Sunnah.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas, Edisi 4, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012
Dalman, D. (2013). Keterampilan Menulis.Cetakan III. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Fraenkel, J. R., Wallen, E. N., & Hyun, Helen H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
Katsir, I. (2008). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 7. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.
Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia untuk Kelas IX SMP/MTs: Edisi Revisi. Reviuwer: Cut Nilawati. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mahsun, M. (2011). Metode Penelitian Bahasa: Tahap Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Mahsun, M. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks 2013. Depok: Raja Grafindo Persada.
Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mondolalo, D. & Muda, L. (2022). Keterampilan Membaca Pemahaman Level Menengah Paragraf Deskriptif Siswa Kelas VII SMP Karuna Dipa Palu. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 263-270.
Muslina, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Induktif melalui Teknik Tes Opsi Unik Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Media LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 303–314. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.269
Rahmawati, Y., Dwinita, S., & Pebriani, Y. (2022). Perbandingan Model Problem Based Learning dengan Model Think Talk Write terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 701–710. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.200
Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Edisi Ketujuh, Cetakan Kesembilan. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2019). How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Junior High School. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, A. & Elmustian. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Teks Deskripsi untuk Kelas VII SMP/MTs. Laporan Penelitian. Pekanbaru: FKIP Uni- versitas Riau.
Rivai, R. & Hartani, N. O. (2023). Keterampilan Menyelesaikan Aritmatika Sosial dan Membaca Paragraf Faktual Siswa Kelas 7 SMP Negeri 63 Batam . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 379–390. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.287
Sa’adah, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Berbasis Matematika melalui Teknik Tes Pilihan Ganda Menggunakan Media Alternatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 213–222. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.248
Sani, R. A. (2014). Sain Berbasis Alquran. Editor: Nur Laily Nusroh. Jakarta: Bumi Aksara.
Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.
Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Wahyuningsih, U. & Andriani, F. (2022). Keterampilan Menemukan Kalimat dan Gagasan Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII dan IX Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 431–440. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.59
Yamin, M. & Faridah, F. (2023). Peningkatan Keterampilan Menemukan Pokok Pikiran Paragraf Profetik melalui Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.251
Zahara, D. & Afnita, A. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bonjol. Diksa: Jurnal Penedidikan Bahasa dan Sastra Indone- sia, Volume 6, Nomor 2, Desember 2022, 83-92.
Zikra, F. A.; Asri, Y.; & Tamsin, A. C. (2018). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 27 Padang. Jurnal Pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 7, Nomor 3, September 2018, 55-61.
https://www.youtube.com/watch?v=Iv8 UcwgDTOk) diakses pada 7 April 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dila Mardiana, Roida Pane

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




