Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi Digital sebagai Media Pembelajaran Inovatif

Authors

  • Lexminander Budi Kurniawan A. Doda SMA Negeri 1 Singkep, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.319

Keywords:

supervisi klinik kepala sekolah, guru, teknologi informasi digital, media pembelajaran inovatif

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) produk workshop berbasis supervisi klinik kepala sekolah terhadap guru tentang pemanfaatan teknologi informasi digital sebagai media pembelajaran inovatif bagi guru PAI dan Budi Pekerti; 2) produk workshop berbasis supervisi klinik kepala sekolah terhadap guru tentang pemanfaatan teknologi informasi digital sebagai media pembelajaran inovatif bagi guru PPKn; 3) produk workshop berbasis supervisi klinik kepala sekolah terhadap guru tentang pemanfaatan teknologi informasi digital sebagai media pembelajaran inovatif bagi guru Bahasa Indodnesia. Penelitian dilaksanakan di semester genap tahun ajaran 2022/2023 di SMA Negeri 1 Singkep. Supervisi klinik menerapkan metode workshop pola 8 jam yakni 2 x 4 x 50 menit. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah para guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, guru PPKn, dan guru Bahasa Indonesia sebagai peserta aktif dan guru Matematika, guru Bahasa Inggris, guru Sejarah Indonesia, guru Seni Budaya, dan guru PJOK sebagai peserta partisipatif. Peserta aktitif berjumlah 9 guru dan peserta partisipatif sebanyak 10 guru. Instrumen utama penelitian deskriptif ini adalah kuesioner tentang LKG (lembar kegiatan guru) versi online berbentuk google form opsi file upload dan pedoman observasi. Penelitian tindakan sekolah ini menghasilkan media pembelajaran inovatif menggunakan google form opsi file upload yang dikombinasikan dengan artikel ilmiah jurnal online.

References

Andriyani, Sy. S. & Razak, A. (2022). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Bahasa Indonesia dan Guru Matematika untuk Mereproduksi Teks Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 595–606. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.253

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Editor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aryani, T. F., & Razak, A. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru untuk Mereproduksi LKPD Terpadu. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 335–344. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.283

Aziz, F., Mulyati, Y. ., Damaianti, V. S., & Triani, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Artikel Ilmiah Berpendekatan Konstruktivisme Bermedia Google Form untuk MKWU Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.231

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, Vol. 2, No. 2, Desember 2013, 127-133.

Fadhlullah, N. (2017). Metode Perumusan Qanun Jinayah Aceh: Kajian terhadap Pasal 33 Tentang Zina. Jurnal Agama dan Hak Azazi Manusia. Vol 7, No 1, 2017, 16-40.

Fraenkel, Jack R. dkk. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition. New York: McGraw-Hill Companies.

Herayanti, L. dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 37, Nomor 2, Juni, 210-219.

Karo-Karo, I. R. & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni, 91- 96.

Katsir, I. (2007). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 5. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Katsir, I. (2008). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 6. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Khairul. (2022). Penyusunan Paragraf Berbasis Profetik melalui Teknik Pelatihan: Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 807–818.

Lestari, D. I. (2022). Kajian Pendidikan Pancasila dalam Revitalisasi Moral Bangsa. JPPKn: Jurnal Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 3, No. 1, April 2022, 57-68.

Magfiroh, R. I. & Az-Zafi, A. (2020) dengan judukl artikel Eksistensi Fikif dalam Penerapan Hukum Zina di Indonesia, Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum, 8(1), Juli 2020, 102-117.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-35.

Mahsun, M. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks 2013. Depok: Raja Grafindo Persada.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), Desember 2010, 1-10.

Mustikawati, T. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Kelas Tinggi guna Mereproduksi Paragraf Model untuk Bahan Ajar Terpadu. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 357–368. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.284

Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemhamahan. Pekanbaru: UR Press.

Sudanto, A. (2017). Penerapan Sistem pemidanaan dalam Tindak Pidana Perzinaan dalam Perspektif Hukum Pidana Materiil di Indonesia. Jurnal Staatrechts. Vol 1, No 1, 2017, 130-150.

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suhardi, S. (2022). Supervisi Kepala Sekolah terhadap Guru Mata Pelajaran: Pengadaan Teks Naratif Topik Profetik Bermedia Jurnal Online. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 819–830.

Umar, U. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), Januari-Juli, 131-144.

Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-65.

Wiranto, M. & Akib, N. (2022). Larangan Mendekati Zina dlam QS al-Isra’/17:32 (Analisis Kajian Tahlili). El-Magra’: Ilmu Quran, Hadis, dan Teologi, Vol. 2, No. 1, Mei 2022, 33-45.

Wulandari, R. R. & Hayatun, S. R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Google Form untuk MKU Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(1), 133–140. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.233

Downloads

Published

2023-07-15

How to Cite

Doda, L. B. K. A. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi Digital sebagai Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 471–488. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.319

Issue

Section

Articles