Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.321Keywords:
efektivitas, teknik tugas menyalin, teknik tes, keterampilan membaca teks eksposisi, topik profetikAbstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pencapaian hasil belajar keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik menggunakan teknik tkonvensional; 2) pencapaian hasil belajar keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik menggunakan teknik tugas menyalin dan teknik tes; 3) efektivitas penggunaan teknik tugas menyalin dan teknik tes dalam pembelajaran keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 3 Kota Palu pada pertengahan semester ganjil 2022/2023. Populasi penelitian adalah para siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Kota Palu. Mereka berjumlah 66 siswa yang terbagi dari 21 siswa kelas VIII-A, 22 siswa kelas VIII-E, dan 23 siswa kelas VIII-F. Sampel ditetapkan sebanyak 57 siswa melalui formula yang dikembangkan Slavin. Jumlah ini terbagi dari 18 siswa kelas VIII-A, 19 siswa kelas VIII-E, dan 20 siswa kelas VIII-F yang ditarik secara random dari setiap kelompok populasi. Data pencapaian hasil belajar keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik sebelum dan setelah penggunaan teknik tugas menyalin dan teknik tes dikumpulkan menggunakan instrumen tes pilihan ganda 4 opsi. Data dianalisis menggunakan uji t satu sampel untuk rumusan masalah-1 dan rumusan masalah-2 sedangkan untuk rumusan masalah-3 digunakan prosedur analisis tematik. Hasil penelitian: 1) pembelajaran keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik menggunakan teknik konvensional mencapai KKM 70,00; 2) pembelajaran keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik menggunakan teknik tugas menyalin dan teknik tes mencapai KKM 75,00; 3) teknik tugas menyalin dan teknik tes efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik.
References
Asy-Syinawi, A. A. (2013a). Biografi Imam Ahmad: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Yasir Amri. Solo: Aqwam.
Asy-Syinawi, A. A. (2013b). Biografi Imam Malik: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Yasir Amri. Solo: Aqwam.
Dalman, D. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Debataraja, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 391–400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285
Grabe, W. & Stoler, Fredricka L. (2013). Teaching and Researching Reading: Applied Linguistics in Action, Second Edition. Editors: Christopher N. Candlin and David R. Hall. New York: Routledge.
Haghani, N. & Bahmannejad, F. (2018). Reading Comprehension and Tolerance against Comprehension Ambiguities: An Empirical Study of Iranian GFL-Learners in Communicative Education. Journal of Education and Learning; Vol. 7, No. 1; 2018, hlm. 1-12.
Mulyadi, M. & Mondolalo, D. (2023). Pencapaian Belajar Menulis Pantun Berbasis Teks Eksplanasi Bermedia LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 315–324. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.277
Muslina, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Induktif melalui Teknik Tes Opsi Unik Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Media LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 303–314. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.269
Nurmadiah. (2016). Media Pendidikan. Jurnal Al-Afkar Vol. 5(1), April 2016, 43-62.
Parrott, H. M. & Cherry, E. (2017). Using Structured Reading Groups to Facilitate Deep Learning. Sage: Teaching Sociology, Volume 39, Nomor 4. 2017, 354-370.
Purwanto, N. M. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rahim, F. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Razak, A. (2021a). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2021b). How to Teach Your Student to Warite: Student Work Sheet in Junior High School. Pekanbaru: Ababil Press.
Sabariah, & Norisah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksposisi melalui Media LKPD Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.252
Safitri, D., & Mirawati, M. (2022). Keterampilan Memahami Isi Struktur Tesis Teks Eksposisi: Klasifikasi Bentuk dan Sifat Teks. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 421–430. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.58
Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.
Tampubolon, D.P. (1987). Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Sani, Ridwan A. (2014). Sain Berbasis Alquran. Editor: Nur Laily Nusroh. Jakarta: Bumi Aksara.
Saryono. (2016). Konsep Fitrah dalam Perspektif Islam. Medina-Te, Jurnal Studi Islam Volume 14(2), Desember 2016, 161-174.
Sauri, S. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Alquran. Model-Model Pembelajaran Berbasis Nilai Islam. Bandung: Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.
Zita, Z. & Maimunisyah, M. (2023). Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik menurut Respon Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Lingga. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 255–264. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.257
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mulyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




