Pengaruh LKPD Mandiri terhadap Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Karuna Dipa Palu

Authors

  • Darminton Mondolalo SMP Karuna Dipa Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.322

Keywords:

pengaruh LKPD Mandiri,, keterampilan membaca, teks eksposisi

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar membaca teks eksposisi dalam pembelajaran yang menggunakan BSE Bahasa Indonesia; 2) hasil belajar keterampilan membaca teks eksposisi dalam pembelajaran yang menggunakan LKPD Mandiri; 3) pengaruh LKPD Mandiri dalam pembelajaran keterampilan membaca teks eksposisi. Penelitian dilaksanakan di SMP Karuna Dipa Palu pada semester genap 2022/2023. Populasi penelitian adalah para siswa kelas VIII SMP Karuna Dipa Palu. Mereka berjumlah 34 siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 32 siswa melalui formula yang dikembangkan Slavin. Jumlah ini terbagi dari 16 siswa kelas VIII-A, 16 siswa kelas VIII-B yang ditarik secara random sederhana dengan teknik tanpa pengembalian dari setiap kelompok populasi. Untuk mengumpulkan data hasil belajar keterampilan membaca teks eksposisi digunakan instrumen tes. Tes berbentuk pilihan ganda 4 opsi yang memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Untuk menjawab rumusan masalah-1 dan rumusan mamsalah-2 digunakan prosedur statistik uji t satu sampel. Untuk menjawab rumusan masalah-3 digunakan statistik inferensial paramterik melalui prosedur statistik uji t sampel independen. Hasil penelitian:1) hasil belajar membaca teks eksposisi dalam pembelajaran yang menggunakan BSE Bahasa Indonesia mencapai KKM 70,00; 2) hasil belajar membaca teks eksposisi dalam pembelajaran yang menggunakan LKPD Mandiri mencapai KKM 75,00; 3) penggunaan LKPD Mandiri sangat berpenaruh terhadap hasil belajar keterampilan membaca teks eksposisi di kelas VIII SMP Karuna Dipa Palu.

 

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Awalia, I.; Pamungkas, A.S.; & Alamsyah, T.P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal KREANO, 10(1), 49–56.

Dalman, D. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Debataraja, M. (2023) menulis artikel dengan judul Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 391–400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285

Fraenkel, J..; Wallen, E. N.; Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Grabe, W. & Stoler, F. L. (2013). Teaching and Researching Reading: Applied Linguistics in Action, Second Edition. Editors: Christopher N. Candlin and David R. Hall. New York: Routledge.

Giyanto, G. & Ghoni, A. (2020). Developing Virtual Smart Fraction Media based on Adobe Flash for Learning Fraction in Mathematics. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 927-933. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i6.8003.

Herayanti, L. dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 36(2), Juni, 210-219.

Karo-Karo, I. R. & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni 2018, 91- 96.

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun, M. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Malik, Ranbir S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Marta, F., & Salman Alqo, D. (2022). Kemampuan Membaca Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA: Pendekatan Dua Bahasa. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 53–64. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.13

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Mondolalo, D., & Muda, L. (2022). Keterampilan Membaca Pemahaman Level Menengah Paragraf Deskriptif Siswa Kelas VII SMP Karuna Dipa Palu. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 263–270. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.34

Muyaroah, S., & Fajartia, M. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi, Abstrak, 6(2301), 79-83.

Muslina, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Induktif melalui Teknik Tes Opsi Unik Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Media LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 303–314. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.269.

Ngubaidillah, A.& Kartadie, R. (2018). Pengaruh Media Visual Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 95-102.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.

Nurmadiah, N. (2016). Media Pendidikan. Jurnal Al-Afkar Vol. 5(1), April 2016, 43-62.

Parrott, H. M. & Cherry, E. (2017). Using Structured Reading Groups to Facilitate Deep Learning. Sage: Teaching Sociology, Volume 39, Nomor 4. 2017, 354-370.

Pratiwi, Y., & Nugraheni, A, S. (2022). Problematika Guru dalam Mengembang-kan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di SD/MI. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (5), 1479-1490. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8977.

Priatno, B., & Zulfadhli, M. (2023). Uji Keterbacaan Teks Eksposisi dalam Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Teknik Tes Kloz. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 273–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.258

Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2016). Teks Eksplanasi: Mediasi Akademik Pembelajaran di SMP/MTs. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Tafanao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Volume 2, Nomor 2, Juli, 103-114. DOI:10.32585/jkp.v2i2.113

Sabariah, & Norisah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksposisi melalui Media LKPD Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.252

Safitri, D., & Mirawati, M. (2022). Keterampilan Memahami Isi Struktur Tesis Teks Eksposisi: Klasifikasi Bentuk dan Sifat Teks. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 421–430. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.58

Umar, U. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), Januari-Juli, 131-144.

Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam Volume 07, Nomor 1, 2018, 47-65.

Wahyuningrum, T., Zulaeha, I., & Syaifudin, A. (2018). Keefektifan Menyusun Teks Diskusi Bermuatan Multikultural Menggunakan Model Inkuiri Sosial dan Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas VIII SMP, Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(2), 2018, 208-216.

Downloads

Published

2023-07-15

How to Cite

Mondolalo, D. (2023). Pengaruh LKPD Mandiri terhadap Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Karuna Dipa Palu. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 509–518. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.322

Issue

Section

Articles