Pengaruh Penggunaan Media Google Form terhadap Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi

Authors

  • Amin Mustakdiakh SMK Negeri 1 Pendalian IV Koto, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.323

Keywords:

media google form, keterampilan membaca, teks laporan hasil observasi

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan membaca teks laporan hasil observasi melalui pembelajaran yang menggunakan media konvensional; 2) keterampilan membaca teks laporan hasil observasi melalui pembelajaran yang menggunakan media google form; 3) efektivitas media google form dalam pembelajaran keterampilan membaca teks laporan hasil observasi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pendalian IV Koto; berlangsung pada awal semester ganjil 2023/2024. Populasi penelitian adalah para siswa kelas X yang berjumlah 52 siswa; terbagi dari 2 jurusan. Sampel ditetapkan sebanyak 46 siswa melalui formula yang dikembangkan Slavin. Jumlah ini terbagi dari 24 siswa Jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga sejumlah 22 siswa dan Jurusan Desain Komunikasi Visual berjumlah 24 siswa. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes pilihan ganda. Untuk menjawab rumusan masalah-1 dan rumusan masalah-2 digunakan prosedur statistik uji t satu sampel; dengan nilai pembanding 70,00 untuk kelompok kontrol dan 75,00 untuk kelompok perlakuan. Untuk menjawab rumusan masalah-2 digunakan prosedur statistik sampel independen. Hasil penelitian: 1) keterampilan membaca teks laporan hasil observasi melalui pembelajaran yang menggunakan media konvensional mencapai KKM 70,00; 2) keterampilan membaca teks laporan hasil observasi dalam pembelajaran yang menggunakan media google form mencapai KKM 75,00; 3) penggunaan media google form sangat efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca teks laporan hasil observasi.

 

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalman, D. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Debataraja, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 391–400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285.

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Ngubaidillah, A.& Kartadie, R. (2018). Pengaruh Media Visual Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 95-102.

Nurmadiah, N. (2016). Media Pendidikan. Jurnal Al-Afkar Vol. 5(1), April 2016, 43-62.

Pratiwi, Y., & Nugraheni, A, S. (2022). Problematika Guru dalam Mengembang-kan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di SD/MI. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (5), 1479-1490. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8977.

Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Rizkyanfi, M. W., & Isnaini, H. (2023). Prates Keterampilan Membaca Artikel Ilmiah Jurnal Elekronik Menggunakan Media Google Form bagi Mahasiswa Baru . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(1), 117–124. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.229

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Yanti, R., & Harti, S. (2022). Hubungan antara Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi dan Keterampilan Membaca Teks Prosedur . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(5), 661–668. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.149

Downloads

Published

2023-07-15

How to Cite

Mustakdiakh, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Google Form terhadap Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 519–526. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.323

Issue

Section

Articles