Peningkatan Keterampilan Memahami Indikator Akhlak melalui Teknik Tugas Menyalin Teks Cerpen Profetik dalam LKPD Khusus
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.324Keywords:
keterampilan memahami indikator akhlak, teknik tugas menyalin, cerpen profetik, LKPD khususAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) sesuai-tidaknya kegiatan belajar-mengajar keterampilan memahami indikator akhlak melalui teknik tugas menyalin teks cerpen profetik menggunakan media LKPD khusus dengan rencana kegiatan belajar-mengajar; 2) besaran siswa tuntas dalam pembelajaran keterampilan memahami indikator akhlak melalui teknik tugas menyalin teks cerpen profetik menggunakan media LKPD khusus. Penelitian ini dilaksanakan di semester genap tahun ajaran 2022/2023 MTs Negeri 3 Bengkalis. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah para siswa kelas VIII.3 yang berlum tuntas dalam pembelajaran reguler. Mereka berjumlah 14 siswa yang belum mencapai KKM 70,00 dari 27 siswa. Instrumen penelitian ini: 1) LKPD khusus yang berisi teks cerpen profetik yang dilengkapi dengan bidang kosong untuk tugas menyalin; 2) RPP yang hanya berisi kegiatan belajar-mengajar normatif yang diawali dengan atribut; 3) tes pilihan ganda kompetensi akhlak. Instrumen tes ini disusun secara objektif dan sistematis sehingga memenuhi syarat tes yang valid. Data kesesuaian kegiatan belajar-mengajar dengan RPP dianalisis secara tematik. Data besaran ketuntasan per siklus dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni mean dan persen. Hasil penelitian memperlihatkan: 1) kegiatan belajar-mengajar keterampilan memahami indikator akhlak terlaksana sesuai dengan rencana kegiatan belajar-mengajar dalam RPP; 2) pada siklus pertama hanya 8 siswa yang dapat mencapai KKM 70,00; secara klasikal hanya 65,53 persen sedangkan untuk siklus kedua terdapat 4 siswa yang mencapai KKM 70,00.
References
Al-Mishri, S. M. (2012a). Sahabat-Sahabat Rasulullah. Jilid 1. Cetakan Kedua. Penerjemah: Izzudin. Editor: Mohammad Syuaeb Al-Faiz. Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir.
Al-Mishri, S. M. (2012b). Sahabat-Sahabat Rasulullah. Jilid 2. Cetakan Kedua. Penerjemah: Izzudin. Editor: Mohammad Syuaeb Al-Faiz. Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir.
Asy-Syinawi, A. A. (2013a). Biografi Imam Ahmad: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Yasir Amri. Solo: Aqwam.
Asy-Syinawi, A. A. (2013b). Biografi Imam Malik: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Yasir Amri. Solo: Aqwam.
Asy-Syinawi, A. A. (2013c). Biografi Imam Abu Hanifah: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Yasir Amri. Solo: Aqwam.
Al-Jauziyah, I. Q. (2007). Indahnya Sabar: Bekal Sabar Agar Tak Pernah Habis. Penerjemah: A.M. Halim. Editor: Linda Andriani. Jakarta: Maghfirah Utama
Al-Qaradhawi, Y. (1996). Sabar dan Tawakkal. Penerjemah: Kathur Suhardi. Jakarta: Pustaka al-Kausar.
Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. Norman; Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
Fulcher, G. & Davidson, F. (2007). Language Testing and Assessment: An Advaced Resource Book. New York: Routledge Applied Linguistics.
Harahap, A. Z., & Nugroho, R. A. (2022). Amanat Utama Cerpen Faktual Profetik ‘Sengketa Bayi’ menurut Respon Siswa Kelas X dan XI . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), 321–332. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.49
Indariawan, A., Ismail, H., & Hilmi, H. S. (2022). Pengembangan Teks Kloz sebagai Teknik Pembelajaran Keterampilan Membaca Cerpen Faktual Profetik di SMP/MTs. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 651–660. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.147
Khalid, K. M. (1993). Karakteristik Perihidup 60 Sahabat Rasulullah. Penerjemah: A. A. Dahlan dan M. Djawat Dahlan. Bandung: Diponegoro.
Naslinda, N. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Kisah Teladan Ashabul Kahfi melalui Teknik Tugas Menyalin di Media LKPD . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 293–302. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.274
Purwanto, N. M. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Razak, A. 2020. Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Subandi, S. (2011). Sabar: Sebuah Konsep Psikologi. Jurnal Psikologi, Volume 38, Nomor 2, 215-227.
Suhada, F. & Abdillah, F. (2021). Buku Siswa: Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahab, M. B. H. A. (2013). 99 Kisah Orang Shalih. Penerjemah: Munawarah Hannan. Jakarta: Darul Haq.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahdiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




