Peribahasa Favorit menurut Perspektif Pemaknaan Objektif Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Sintang
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.325Keywords:
peribahasa favorit, perspektif, pemaknaan objektifAbstract
ujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) peribahasa favorit menurut perspektif pemaknaan objektif atas 13 peribahasa yang tersedia; 2) sama-tidaknya peribahasa favorit menurut perspektif pemaknaan objektif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Sintang. Kegiatan penelitian dilaksanakan pada pertengahan semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Populasi berjumlah 47 siswa yakni mereka yang mengisi dan submit google form. Jumlah ini terbagi dari 24 siswa kelas XI IPA-1 dan 23 siswa kelas XI IPA-2. Sampel ditetapkan sebanyak 43 siswa; 22 siswa kelas XI IPA-1 dan 21 siswa kelas XI IPA-2 yang dipilih secara random sederhana tanpa pengembalian. Untuk mengumpulkan data peribahasa favorit menurut perspektif pemaknaan objektif digunakan instrumen tes berbentuk uraian melalui fasilitas google form file upload yang disebarkan kepada seluruh siswa untuk siswa kelas XI IPA-1 dan kelas XI IPA-2. Data peribahasa favorit menurut perspektif pemaknaan objektif yakni untuk menjawab rumusan masalah-1 dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni mean hitung. Untuk menjawab rumusan masalah-2 dianalisis secara komparatif antara mean sampel kelas XI IPA-1 dan kelas XI IPA-2. Hasil penelitian; 1) peribahasa favorit menurut perspektif pemaknaan objektif adalah peribahasa ‘jika takut dilanda ombak, jangan berumah di tepi pantai’ karena memperoleh mean tertinggi yakni 74,85; 2) tidak terdapat perbedaan peribahasa favorit menurut perspektif pemaknaan objektif menurut kelompok sampel.
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Cetakan Kedua. Bandung: Rosda Remajakarya.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, Vol. 2, No. 2, Desember 2013, 127-133.
Elumustian, E. & Razak, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme untuk Kelas X SMA/SMK/MA. Pekanbaru: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau.
Hassan, H. & Jaafar, J. (2016). Penginterpretasian Peribahasa dan Hubungannya dengan Kemahiran Berfikir: Analisis berdasarkan Teori Relevans. Jurnal Bahasa. Jilid, 16(1), 94-119.
Hermandra, H., Mustafa, M. N., & Zulhafizd, Z. (2021). Seni Berkomunikasi: Bahan Ajar Pemaknaan Peribahasa untuk Kelas X SMA/SMK/MA. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Hong, M. T. N., Rusli, N. F. N., Masa, N. S., & Jobar, N. A. (2021). Analisis Kefahaman Makna Peribahasa dalam Kalangan Murid berdasarkan Teori Relevans. Jurnal Linguistik, 25 (1), 1-20.
Ibrahim, Haji Datuk Kaya Muda Riau. (1877). Perhimpunan Pantun Melayu. Batavia: W. Bruining.
Mansor, A. (2018). Peribahasa Khazanah Falsafah Bangsa Melayu. https://www .utusan.com.my/pendidikan/sastera/peribahasa-khazanah-falsafah-bangsa-Melayu [23 Mac 2019]
Murthy, T., Subet, M. F., & Daud, M. Z. (2019). 'Cerminan Pemaknaan Sehat dalam Peribahasa Tamil: Suatu Kajian Semantik Inkuisitif'. JLT: Jurnal Linguistik Terapan, Politeknik Negeri Malang, Volume 9, No. 2, 2019, 1-12.
Purwanto, N. M. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rahman, E. (2004). Haji Ibrahim Datuk Kaya Muda Riau Budayawan Melayu Abad Ke-19. Pekanbaru: Unri Press.
Razak, A. (2000). Bahasa Indonesia Versi Perguruan Tinggi. Pekanbaru: UR Press.
Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.
Sanmugam, S. & Lambri, A. (2021). Keberkesanan Strategi Pembelajaran Peribahasa Bahasa Melayu Menggunakan Bahan Multimodal (The Effectiveness of Malay Language Proverb Learning Strategy Using Multimodal Material). Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu – JPBM (Malay Language Education Journal – MyLEJ), Vol. 11, Bil. 2 (Nov. 2021): 80-87
Zazuli, M. Z. & Hermandra, H. (2023). Pemaknaan dan Keterbacaan Peribahasa dalam Kebudayaan Melayu Berbasis Semantik Inkuisitif, Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 1, Nomor 2, Mei 2023, DOI: https://doi.org/10.55909/gj.v1i2.12
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Astuti Winarti, Abdul Razak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.