Keterampilan Identifikasi Struktur Metode Artikel Ilmiah Jurnal Online bagi Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pendidikan Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.327Keywords:
keterampilan identifikasi, struktur metode, artikel ilmiah, jurnal onlineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: 1) keterampilan identifikasi struktur metode artikel ilmiah bagi mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia; 2) sama-tidaknya keterampilan identifikasi struktur metode artikel ilmiah bagi mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia perkelompok sampel. Populasi berjumlah 55 mahasiswa yang terbagi dari 28 dari 35 mahasiswa angkatan 2023 dan 27 dari 36 mahasiswa angkatan 2023. Sampel ditetapkan sebanyak 49 mahasiswa yang didasari atas formula Slavin. Untuk mengumpulkan data pengetahuan menulis artikel ilmiah digunakan teknik tes pilihan ganda pengetahuan menulis artikel ilmiah menggunakan fasilitas google form. Tes ini memenuhi syarat validitas isi. Data keterampilan identifikasi struktur metode artikel ilmiah bagi mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia dianalisis secara statistik inferensial parametrik yakni prosedur uji t satu sampel untuk menjawab rumusan masalah-1. Untuk rumusan masalah-2, analisis menggunakan prosedur uji t sampel independen. Semua prosedur statistik dihitung menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian: 1) keterampilan identifikasi struktur metode artikel ilmiah bagi mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia berkategori sedang; 2) tidak terdapat perbedaan hketerampilan identifikasi struktur metode artikel ilmiah bagi mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia per kelompoksampel.
References
Afidah, N. N. & Liswati, K. N. (2022). Prates Keterampilan Membaca Temuan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa Baru Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), September, 573–584. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.138
Damayanti, W. (2022). Keefektifan Metode Model Teknik Tugas Menyalin dalam Pembelajaran Pengetahuan Menulis Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), 293–300. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.45.
Fraenkel, J. R., Wallen, E. N., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.
Fulcher, G. & Davidson, F. (2007). Language Testing and Assessment: An Advaced Resource Book. New York: Routledge Applied Linguistics.
Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Purwanto, M. N. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Razak, A. (2020a). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia: Ababil Press.
Razak, A. (2020b). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Syamsuddin, S. & Damaianti, V. S. (2011). Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setiawan, N. (2007). Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.
Suharjo, B. (2013). Statistika Terapan: Disertasi Contoh Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sukmadinata, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zulpadhli, M. (2022). Pengetahuan tentang Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Baru: Hasil Prates Menggunakan Google Form. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 welsi damayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




