Prosedur Pengadaan Teks Kloz Versi Cerpen Profetik sebagai Media Pembelajaran Membaca Pemahaman

Authors

  • Suharjo Daeng SDIT Fajar Ilahi 3 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Hairuddin SDIT Fajar Ilahi 3 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Slamet Raharjo SDIT Fajar Ilahi 3 S Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Jauharsah SDIT Fajar Ilahi 3 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Galih Prasetyo SDIT Fajar Ilahi 3 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.459

Keywords:

teks kloz, cerpen profetik, media pembelajaran, membaca pemahaman

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pengadaan teks kloz versi cerpen profetik sebagai media pembelajaran membaca pemahaman per kelas tinggi SDIT; 2) kelayakan isi teks kloz versi cerpen profetik sebagai media pembelajaran membaca pemahaman per kelas tinggi SDIT. Penelitian dilaksanakan di SDIT Fajar Ilahi Sungaibeduk di pertengahan semester ganjil 2023/2024. Populasi penelitian ini berjumlah 116 dari 234 siswa; terbagi dari 35 siswa kelas 4, sejumlah 36 siswa kelas 5, dan 35 siswa kelas 6. Sampel ditetapkan sebanyak 90 siswa. Jumlah ini terbagi dari kelas 4 sejumlah 30 siswa, kelas 5 sejumlah 30 siswa, dan kelas 6 sejumlah 30 siswa. Untuk mengumpulkan data cerpen profetik digunakan teknik dokumentasi yang bersumber dari buku manual dan artikel ilmiah jurnal online. Data kelayakan isi teks cerpen menggunakan kuesioner tertutup skala 1-4. Data yang berkaitan dengan tujuan penelitian-1 dianalisis secara tematik sedangkan data yang berkaitan dengan tujuan penelitian-2 menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni modus dan persen. Hasil penelitian: 1) prosedur pengadaan teks kloz versi cerpen profetik: (a) mendata teks cerpen profetik melalui teknik dokumentasi, (b) memilih teks cerpen profetik per kelas tinggi, (c) mengubah teks cerpen profetik menjadi teks kloz, (d) menyediakan kunci jawaban, (e) melakukan uji coba di kelas tinggi, (f) menganalisis hasil uji coba untuk ditindaklanjuti sehingga mendapatkan teks cerpen profetik versi teks kloz per kelas tinggi; 2) kelayakan isi teks kloz versi cerpen profetik sebagai media pembelajaran membaca pemahaman per kelas tinggi SDIT berkelayakan tinggi.

References

Ahdiati, A. (2023). Peningkatan Keterampilan Memahami Indikator Akhlak melalui Teknik Tugas Menyalin Teks Cerpen Profetik dalam LKPD Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 527–536. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.324

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asy-Syinawi, A. A. (2013a). Biografi Imam Abu Hanifah: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Haryono Adiyanto. Solo: Aqwam.

Asy-Syinawi, A. A. (2013b). Biografi Imam Syafi’i: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Haryono Adiyanto. Solo: Aqwam.

Asy-Syinawi, A. A. (2013c). Biografi Imam Malik: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Haryono Adiyanto. Solo: Aqwam.

Asy-Syinawi, A. A. (2013d). Biografi Imam Ahmad: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Haryono Adiyanto. Solo: Aqwam.

Awalia, A, Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal KREANO, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, Vol. 2, No. 2, Desember 2013, 127-133.

Fraenkel, Jack R. dkk. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition. New York: McGraw-Hill Companies.

Indariawan, A., Ismail, H., & Hilmi, H. S. (2022). Pengembangan Teks Kloz sebagai Teknik Pembelajaran Keterampilan Membaca Cerpen Faktual Profetik di SMP/MTs. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 651–660. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.147

Juriati, & Fitrianingrum, E. (2022). Pesan Utama Cerpen Profetik menurut Interpretasi Siswa SMA Negeri 2 Senayang, Kabupaten Lingga. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 585–594. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.142

Katsir. I. (2010). Kisah Para Nabi dan Rasul, Cetakan IV. Penerjemah: Abu Huzaifah. Editor: Abdul Basith Abdul Aziz. Jakarta: Pustaka as-Sunnah.

Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researches. Bandung: UPI Press.

Ngubaidillah, A.& Kartadie, R. (2018). Pengaruh Media Visual Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 95-102.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.

Nurmadiah. (2016). Media Pendidikan. Jurnal Al-Afkar Vol. 5(1), April 2016, 43-62.

Pratiwi, Y., & Nugraheni, A, S. (2022). Problematika Guru dalam Mengembang-kan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di SD/MI. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (5), 1479-1490. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8977.

Razak, A. (2013). Indahnya Bahasaku: Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas 4 SD/MI. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Sabiq, S. (2008). Fikih Sunnah. Jilid 1. Penerjemah: Ahmad Shiddiq Thabrani, Abdul Amin, Fatuhal Arifin, dan Moh. Abidun. Editor: Lukman Hamin, Dadi M. Hasan Basri, dan Taufik Damas. Jakarta: Pena Pundi Aksara.

Satria, S. & Suntoko, S. (2022). Pembelajaran Kemampuan Menggali Isi Teks Eksplanasi melalui Teknik Kloz di Kelas VI SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.14

Supriadi, H. (2022). Penyusunan Teks Kloz sebagai Teknik Pembelajaran Terpadu: Supervisi Kepala Sekolah terhadap Guru Kelas Tinggi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 853–864. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.216

Umar, U. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), Januari-Juli, 131-144.

Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-65.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Daeng, S., Hairuddin, Raharjo, S., Jauharsah, & Prasetyo, G. (2023). Prosedur Pengadaan Teks Kloz Versi Cerpen Profetik sebagai Media Pembelajaran Membaca Pemahaman . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 597–612. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.459