Pengaruh Teknik Tugas Menyalin melalui Media LKPD terhadap Keterampilan Melafalkan Kata Dasar Suku Tertutup

Authors

  • Sustiyaningsih SDIT Fajar Ilahi 2 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Jumiah SDIT Fajar Ilahi 2 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Yulia Citra SDIT Fajar Ilahi 2 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Sri Yanti SDIT Fajar Ilahi 2 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.483

Keywords:

teknik tugas menyalin, media LKPD, keterampilan membaca, kata dasar, suku terbuka

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan melafalkan kata dasar suku tertutup melalui pembelajaran yang menerapkan teknik tugas menyalin menggunakan media LKPD; 2) sama-tidaknya keterampilan melafalkan kata dasar suku tertutup melalui pembelajaran yang menerapkan teknik tugas menyalin menggunakan media LKPD per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di SDIT Fajar Ilahi 3 Sungaibeduk di pertengahan semester ganjil 2023/2024. Populasi penelitian ini berjumlah 111 yang terbagi dari 4 rombongan belajar kelas 1. Sampel ditetapkan sebanyak 87 siswa yang didasarkan pada formula Slavin. Jumlah ini terbagi dari 21 siswa kelas Abu Bakar, 21 siswa kelas Saad, 23 siswa kelas Hafshoh, dan 22 siswa Zainab. Setiap anggota sampel ditarik secara random sederhana dari setiap kelompok populasi dengan sistem tanpa pengembalian. Untuk mengumpulkan data keterampilan mengenal huruf dan angka digunakan tes unjuk kerja. Tes berisi semua vokal, 10 konsonan, dan 10 angka (Latin). Tes unjuk kerja ini disusun secara objektif guna memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data untuk rumusan masalah-1 dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel dan uji Anova searah untuk menganalisis data guna menemukan solusi atas rumusan masalah-2. Hasil penelitian: 1) keterampilan membaca huruf dan angka siswa kelas 1 SDIT Fajar Ilahi 3 Sei. Beduk dapat mencapai KKM 75,00; 2) tidak terdapat perbedaan keterampilan membaca huruf dan angka siswa kelas 1 SDIT Fajar Ilahi 3 Sei. Beduk per kelompok sampel.

 

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Awalia, I.; Pamungkas, A. S.; & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal KREANO, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Fraenkel, Jack R. dkk. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition. New York: McGraw-Hill Companies.

Herayanti, L. dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 37, Nomor 2, Juni, 210-219.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-35.

Malik, Ranbir S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105

Maslindrawati, M. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Kata Dasar melalui Teknik Bunyi Luncuran Berbasis Bahan Ajar Alternatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 491–500. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.71

Masnidar, M. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Kata Dasar melalui Pendekatan Individual Menggunakan Media LKPD Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 721–734. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.202

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi, Abstrak, 6(2301), 79-83.

Mulyani, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Kata Dasar Bersuku-Dua melalui Pendekatan Individual Teknik Analogi Menggunakan Bahan Ajar Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 831–840. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.213

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.

Razak, A. (2004). Struktur Plus: Metode Pembelajaran Membaca Permulaan. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2013). Indahnya Bahasaku: Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas 1 SD/MI. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixwd Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia.. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Setiawan, N. (2007). Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Tafanao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Volume 2, Nomor 2, Juli, 103-114. DOI:10.32585/jkp.v2i2.113

Umar, U. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), Januari-Juli, 131-144.

Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-65. DOI:10.30868/ei.v7i01.222

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Sustiyaningsih, Jumiah, Citra, Y., & Yanti, S. (2023). Pengaruh Teknik Tugas Menyalin melalui Media LKPD terhadap Keterampilan Melafalkan Kata Dasar Suku Tertutup. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 639–650. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.483