Perspektif Teks Anekdot dalam Kurikulum 2013 menurut Penilaian Guru Bahasa Indonesia Jenjang SLTA
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.50Keywords:
penilaian guru Bahasa Indonesia, jenjang SLTAAbstract
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan perspektif teks anekdot menurut penilaian guru Bahasa Indonesia jenjang SLTA. Melalui tujuan ini dapat diketahuai perihal teks anekdot perspektif bahasa atau teks anekdot perspektif sastra. Penelitian dilakukan di berbagai SLTA yang terdapat di sebagian kecil kota di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Penelitian berlangsung di bulan Maret dan April 2022. Populasi penelitian adalah para guru Bahasa Indonesia jenjang SLTA. Mereka berjumlah 50 orang guru yang submit kuesioner melalui google form. Sampel ditetapkan sebanyak 45 orang yang didasari pada tabel populasi-sampel pada tingkat kepercayaan 95persen. Anggota sampel ditarik secara random sederhana tanpa pengembalian. Instrumen penelitian adalah kuesioner perspektif teks anekdotmenurut penilaian guru SLTA. Kuesioner menggunakan sistem tertutup yang disusun dengan memenuhi syarat instrumen yang valid. Data perspektif teks anekdot menurut penilaian guru SLTA dianalisis secara statistik deskriptif menggunakan prosedur modus. Data perspektif teks anekdot menurut penilaian guru SLTA menurut tingkat pendidikan guru dan kelompok SLTA dianalisis secara tematik. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa guru Bahasa Indonesia jenjang SLTA menilai teks anekdot perspektif sastra. Tidak terdapat perbedaan perspektif teks anekdot menurut penilaian guru SLTA berdasarkan status kepegawaian guru, jenis kelamin guru, tingkat pendidikan guru, perihal sertifikasi pendidik, dan masa kerja guru.
References
A.M, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Elmustian & Razak, Abdul. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Berpendekatan Konstruktivisme untuk Siswa Kelas X SMA/MA/SMK. Laporan Penelitian Pengembangan. Pekanbaru: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau.
Hermandra, Mustafa, M. Nur; Zulhafizh. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Pemaknaan Peribahasa Berpendekatan Konstrukti-visme untuk Siswa SMA/MA/SMK. Laporan Penelitian Pengembangan. Pekanbaru: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
Hilmi, Hubbi Saufan & Sumiharti. 2022. Detil Cerita Humor Yong Dolah untuk Pemanfaatan Perencanaan Pembelajaran Teks Anekdot: Riset Keperpustakaan. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 235-242.
Katsir, Ibnu. 2008. Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 7. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: Abdul Basith Abd. Aziz. Jakarta: Pustaka as-Sunah.
Razak, Abdul. 2017. KD Komsas dalam Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Makalah: Disajikan pada Acara Seminar Nasional Bertema Sastra sebagai Pembentuk Karakter, Pekanbaru, 11 Maret 2017. Pekanbaru: Praktikum Sastra XXV Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Riau.
Razak, Abdul. 2019. How to Teach Your Student to Write: Student Worksheets Bank in Learning to Write in Senior High School. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Suhana, Prihatin; Erlina; & Thahir, Asriani. 2022. Amanat Teks Anekdot ‘Anak Anjing’ menurut Interpretasi Siswa. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022, 75-84.
Suherli; Suryaman, Maman; Septiaji, Aji; Istiqomah. 2016. Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK Kelas X: Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wisman Hadi, Khairil Ansari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




