Pembelajaran Kecepatan Memindai Kata Adopsi di Kamus Manual Menggunakan Model dan Media Chart Ekspose
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.562Keywords:
kecepatan memindai, kara adopsi, kamus manual, model dan media, chart eksposeAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar kecepatan menemukan kosa kata bahasa Indonesia yang diadopsi dari bahasa Inggris di Kamus Besar Bahasa Indonesia manual dalam pembelajaran yang menggunakan model dan media chart ekspose. Penelitian dilakukan di SD Negeri 9 Kelapa Kampit, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka-Belitung. Kegiatan penelitian dilaksanakan di semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian adalah siswa kelas 6; berjumlah 14 siswa yang mengikuti pembelajaran kecepatan menemukan kosa kata bahasa Indonsia yang diadopsi dari bahasa Inggris di Kamus Besar Bahasa Indonesia manual dalam pembelajaran yang menggunakan model dan media chart ekspose. Penelitian menggunakan sampel total. Untuk mengumpulkan data hasil belajar digunakan tes unjuk kerja yakni tes memindai kata adopsi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia manual yang terdiri 10 kosa kata bahasa Indonesia yang diadopsi dari bahasa Inggris. Instrumen tes mencakup stopwatch dalam HP dan Kamus Besar Bahasa Indonesia, serta, 10 media yang berisi kosa kata adopsi. Data hasil belajar kecepatan menemukan kosa kata bahasa Indonesia yang diadopsi dari bahasa Inggris di Kamus Besar Bahasa Indonesia manual dalam pembelajaran yang menggunakan model dan media chart ekspose dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni mean, persen, modus, median, dan simpangan baku. Hasil penelitian hasil belajar kecepatan menemukan kosa kata bahasa Indonesia yang diadopsi dari bahasa Inggris di Kamus Besar Bahasa Indonesia manual dalam pembelajaran yang menggunakan model dan media chart ekspose mencapai mean sebesar 24,87 dpl yang termasuk dalam kategori sedang.
References
Efendi, M., Safitri, D., & Mirawati, M. (2022). Kecepatan Memindai Kamus Manual Menggunakan Media Chart Ekspose Siswa SMA Negeri 1 Keritang, Indragiri Hilir. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 5, September 2022, 685-692. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.189.
Fatimah, S. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Kamus Interaktif Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VII MTs Zulfaqar Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai. Tesis. Program Pascasarjana, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar. Palembang: Universitas Negeri Makassar.
Hendri, H. Rahman, E., Razak, A. (2017). Kecepatan Efektif Memindai Kamus Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 2017, 1-12.
Piscioneri, M. & Hlavac, J. (2012). The Minimalist Reading Model: Rethinking Reading Lists in Arts and Education Subjects. Arts & Humanities in Higher Education 12(4) 424–445.
Price, C. J. & Mechelli, A. (2005). Reading and Reading Disturbance. Current Opinion in Neurobiology 15, 2005, 231–238.
Rahayu, Susi S. dkk. 2018. Kecepatan Membaca Efektif Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Tuah Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, Volume 1, Nomor 2, Desember 2019, 106-113.
Razak, A. (2020). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil
Razak, A. (2023). Chart Ekspose: Model dan Pembelajaran Memindai Kamus. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Soedarso, S. (2004). Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tampubolon, D.P. (1987). Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Eektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Yanti, R. A. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Mmenindai Kamus melalui Teknik Chart Ekspose Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 001 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi. Pekanbaru: Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ermi Hastuti, Dellia Oktafiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




