Perencanaan Pembelajaran Kecepatan Memindai Lema Sastra dalam Kamus Manual Menggunakan Model dan Media Chart Ekspose
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.564Keywords:
perencanaan pembelajaran, kecepatan memindai, lema sastra kamus manual,, model dan media, chart eksposeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) hasil perencanaan penyusunan RPP pembelajaran kecepatan memindai lema sastra kamus manual menggunakan model dan media chart ekspose di kelas 6 SD Negeri No. 9 Kota Barat Gorontalo; 2) hasil perencanaan penyusunan rubrik evaluasi dalam pembelajaran kecepatan memindai lema sastra kamus manual menggunakan model dan media chart ekspose di kelas 6 SD Negeri No. 9 Kota Barat Gorontalo. Kegiatan penelitian berlangsung di awal semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian kebahasaan ini menggunakan beberapa instrumen. Pertama, kuesioner tertutup yang digunakan untuk memvalidasi RPP kecepatan memindai lema sastra dalam kamus manual menggunakan model dan media chart ekspose mencakup: 1) data perencanaan aspek tujuan pembelajaran, data perencanaan aspek model dan media pembelajaran, data perencanaan aspek alokasi waktu pembelajaran, data perencanaan aspek kegiatan pembelajaran; 2) data penilaian evaluasi pembelajaran yang mencakup: jenis dan bentuk tes, kisikisi tes, dan rubrik penilaian. Kedua, dokumentasi yang bertujuan untuk memperoleh data kompetensi model dan media chart ekspose. Setiap data hasil perencanaan dinilai oleh 3 penimbang menggunakan instrumen tertutup skala 1-4. Data hasil penimbangan dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni prinsip modus. Hasil penelitian: 1) hasil penilaian RPP kecepatan memindai lema sastra dalam kamus manual menggunakan model dan media chart ekspose menghasilkan nilai modus 4 untuk skala nilai 1-4; 2) penilaian evaluasi pembelajaran kecepatan memindai lema sastra dalam kamus manual menggunakan model dan media chart ekspose bernilai 3 pada skala nilai 1-4.
References
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budiadji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Ilmu Perikanan. Volume 2, No. 2, 2013, 127-133.
Efendi, M., Safitri, D., & Mirawati, M. (2022). Kecepatan Memindai Kamus Manual Menggunakan Media Chart Ekspose Siswa SMA Negeri 1 Keritang, Indragiri Hilir. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 5, September 2022, 685-692. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.189.
Fatimah, S. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Kamus Interaktif Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VII MTs Zulfaqar Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai. Tesis. Makassar: Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarajana,Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hendri, H; Rahman, E.; Razak, A. (2017). Kecepatan Efektif Memindai Kamus Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Volume 1, Nomor 1, 2017, 1-12.
Razak, A. (2020). Pendekatan Kosntruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Razak, A. (2023). Chart Ekspose: Model dan Pembelajaran Memindai Kamus. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Yanti, R. A. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Mmenindai Kamus melalui Teknik Chart Ekspose Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 001 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi. Pekanbaru: Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Normawati Yassin, Safrudin H. Harun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




