Keterbacaan Struktur Pendahuluan Artikel Ilmiah Jurnal Online Fokus Pendidikan Terakreditasi Sinta-4-6
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.565Keywords:
keterbacaan, struktur pendahuluan, artikel ilmiah, jurnal online fokus pendidika, terakredditasi Sinta-4-6Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) tingkat keterbacaan artikel ilmiah jurnal online fokus pendidikan terakreditasi Sinta 4-6; 2) sama-tidaknya tingkat keterbacaan artikel ilmiah jurnal online fokus pendidikan Sinta-4-6 per peringkat Sinta. Kegiatan penelitian berlangsung di akhir 2023 dan awal 2024. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan yakni setiap artikel ilmiah yang dipublikasi di jurnal online. Subjek penelitian ini adalah 9 artikel ilmiah yang bersumber dari 3 jurnal online fokus pendidikan; masingmasing 3 artikel Sinta-4, Sinta-5, dan Sinta-6. Setiap artikel ilmiah jurnal online dipilih menggunakan teknik sampel aksidental. Untuk mengumpulkan data keterbacaan artikel ilmiah jurnal online fokus pendidikan terakreditasi Sinta 4-6 digunakan pedoman observasi. Teknik ini digunakan untuk mengobservasi secara online artikel ilmiah di jurnal online. Kuesioner juga digunakan guna memvalidasi hasil analisis keterbacaan artikel oleh tim ahli. Data keterbacaan artikel ilmiah jurnal online fokus Islam terakreditasi Sinta-4-6 dianalisis menggunakan modifikasi Index Fog yang dimodifikasi selaras dengan konversi data bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. Sama-tidaknya keterbacaan artikel ilmiah jurnal online menurut perbedaan peringkat Sinta 4-6 dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif melalui butir modus. Hasil penelitian: 1) tingkat keterbacaan artikel ilmiah jurnal online fokus pendidikan terakreditasi Sinta 4-6 menghasilkan nilai 6,21 s.d. 11.29; sebagian kecil artikel mudah dibaca siswa SD/MI dan sebagian besar mudah dibaca oleh para siswa dan para mahasiswa; 2) terdapat perbedaan tingkat keterbacaan artikel ilmiah jurnal online fokus pendidikan terakreditasi Sinta 4-6
Kata Kunci: keterbacaan, struktur pendahuluan, artikel ilmiah, jurnal online fokus pendidikan, akreditasi Sinta
References
Ahroza, M. (2023). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesionalitas Guru terhadap Hasil Belajar Siswa. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(2), 130-139. https://doi.org/10.46963/aulia.v9i2.1380
Alfedha, A., Abbas, E., & Ayu, S. M. (2023). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak pada Masa New Normal di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 249–266. https://doi.org/10.46963/alliqo.v8i2.854
Alfalah, A., & Razak, A. (2023). Prates Keterampilan Membaca Kritis Aspek Nonnaratif Artikel Ilmiah Jurnal Online. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(6), 755–764. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.547
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budiadji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Ilmu Perikanan. Volume 2, No. 2, 2013, 127-133.
Dewi, P. P. T. K. (2012). Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Melalui Uji Tes Rumpang. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/ article/viewFile/502/417, diakses tanggal 30 Oktober 2014.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.
Khadziq, M.F. A. & Achadi, M.W. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran fikih.Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 200-211.https://doi.org/10.46963/alliqo.v8i2.1500.
Pasaribu, M., Rusmaladewi, R., & Ananda, K. (2023). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua dengan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Jekan Raya: Jurnal Pendidikan dan Psikologi: Pintar Harati, 19(1), 27-38. https://doi.org/10.36873/jph.v19i1.9955
Priatno, B., & Zulfadhli, M. (2023). Uji Keterbacaan Teks Eksposisi dalam Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Teknik Tes Kloz. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 273-280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.258
Qitfirul, M., & Izza, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa melalui Project5 Based Learning Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 24 Surabaya. Jurnal Pendidikan dan Psikologi: Pintar Harati, 19(1), 14-26. https://doi.org/10.36873/jph.v19i1.9407
Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, A. (2020). Pendekatan Kosntruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Razak, A. (2023a). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, A. (2023b). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Suryadin, A., & Wahyuningsih, E. T. (2023). Program Pendidikan dan Terapi Autis melalui Penggunaan Metode Applied Behavior Analysis (ABA): Jurnal Pendidikan dan Psikologi: Pintar Harati, 19(1), 1–13. https://doi.org/10.36873/jph.v19i1.9105
Syahputra, A., & Afandi, M. (2023). Konsep Planning dalam Manajemen Pendidikan Islam Menuju Era Society 5.0. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(2), 78-91. https://doi.org/10.46963/aulia.v9i2.1110
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Cetakan VII. Bandung: Alfabeta.
Umroh, H., Sanjaya, B., & Ridwan, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ispring Suite 9 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(2), 102–118. https://doi.org/10.46963/aulia.v9i2.1377
Wardani, L., Taufiq, H. N., & Umiarso, U. (2023). Metode Pembelajaran Al-Qur’an dalam Metode Iqro’ bagi Penyandang Tunarungu. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 326–347. https://doi.org/10.46963/alliqo.v8i2.1151
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adib Alfalah, Khairil Fauzan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.