Uji Kelayakan Bahasa Cerita Rakyat Betawi ‘Putri Keong Mas’ Menggunakan Teknik Kloz bagi Siswa SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.569Keywords:
uji kelayakan bahasa, cerita rakyat Betawi, Putri Keong Mas, teks KlozAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil uji kelayakan bahasa cerita rakyat Betawi ‘Putri Keong Mas’ menggunakan teknik kloz bagi siswa kelas tinggi SD/MI. Tersebab penggunaan teks kloz untuk mengukur kelayakan bahasa, maka penelitian ini dilakukan di SD Negeri Bintaro 01 di semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan instrumen dokumentasi tertulis elektronik dan instrumen tes jenis teks kloz. Dokumentasi tertulis elektronik dipakai untuk mendapatkan data cerita rakyat Betawi ‘Putri Keong Mas’. Instrumen tes teks kloz digunakan untuk mengukur keterbacaan seperangkat paragraf dalam teks cerita rakyat Betawi. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Bintaro 01 yang mengikuti tes keterbacaan melalui teks kloz guna menentukan kelayakan bahasa cerita rakyat Betawi ‘Putri Keong Mas’. Hanya dipilih secara random 20 siswa di antara satu rombongan belajar di kelas V. Setiap lembar teks kloz yang digunakan sebagai tes dikoreksi untuk mendapatkan skor mentah. Setiap nomor jawaban sesuai dengan kunci berskor 1 sedangkan nomor jawaban yang tidak selaras dengan kunci berskor nol. Data hasil tes teks kloz dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni mean dan persen. Kategori kelayakan bahasa atas cerita rakyat Betawi ‘Putri Keong Mas’ untuk siswa SD adalah tidak layak dibaca jika mean hasil tes <60,00; berkategori layak jika mean 60,00 ke atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji kelayakan bahasa cerita rakyat Betawi ‘Putri Keong Mas’ menggunakan teknik kloz bagi siswa kelas tinggi SD/MI berkategori layak.
References
Daeng, S., Hairuddin, Raharjo, S., Jauharsah, & Prasetyo, G. (2023). Prosedur Pengadaan Teks Kloz Versi Cerpen Profetik sebagai Media Pembelajaran Membaca Pemahaman . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 597–612. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.459
Harjasujana, A. S. & Damaianti, V. S. (2003). Membaca dalam Teori dan Praktek. Bandung: Mutiara
Indariawan, A., Ismail, H., & Hilmi, H. S. (2022). Pengembangan Teks Kloz sebagai Teknik Pembelajaran Keterampilan Membaca Cerpen Faktual Profetik di SMP/MTs. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(5), 651–660. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.147
Muslich, M. (2017). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Editor: Meita Sandra. Yogyakarta: ar-Ruz Media.
Padaameen, S., Pauji, R. R., & Hassan, N. R. N. (2022). Keterbacaan dan Kelogisan Cerita Humor ‘Tangga Sakti’ menurut Penilaian Mahasiswa Indonesia dan Thailand. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), 311–320. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.46
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Solina, I., Faizah, H., & Auzar, A. (2023). Pemanfaatan Kearifan Lokal di Kawasan Subayang sebagai Sumber Teks Pengayaan Pembelajaran Bahasa Indonesia . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(1), 97–106. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.224
Supriadi, H. (2023). Penyusunan Teks Kloz sebagai Teknik Pembelajaran Terpadu: Supervisi Kepala Sekolah terhadap Guru Kelas Tinggi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(1), 37–48. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.216
Susilawati, W. (2023). Keterbacaan Teks Laporan Percobaan dalam BSE Bahasa Indonesia Kelas IX menurut Perspektif Teks Kloz. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 815–822. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.554
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Puji Ismayatun, Helmi Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




