Ekspansi Unsur Intrinsik Saudagar Bodoh pada Ngidam Daging Pelanduk dan Rencana Pembelajaran Menggunakan Teknik Ganda

Authors

  • Kasrizal Progam Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Riau, Riau, Indonesia
  • Elmustian Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Riau, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.658

Keywords:

eksapansi unsur intrinsik,, cerita rakyat, saudagar bodoh, rencana pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) ekspansi tema cerita cerita rakyat Ngidam Daging Pelanduk dari Syair Saudagar Bodoh; 2) ekspansi amanat cerita cerita rakyat Ngidam Daging Pelanduk dari Syair Saudagar Bodoh. Penelitian deskriptif ini berlangsung di semester ganjil tahun akademis 2024/2025. Data Pada kajian teks ini peneliti mengambil data pertama, teks Hipogram teks syair Saudagar Bodoh yang terdapat dalam buku berjudul Warisan Melayu Riau : kumpulan alihaksara naskah melayu Riau ditulis oleh pusat pengkajian melayu universitas Islam riau pekanbaru, Proyek Pengembangan Budaya Riau tahun 1994/1995 BAPPEDA TINGKAT 1 RIAU halaman 503 sampai dengan halaman 554 dari jumlah keseluruhan halaman 604 halaman. Ada pun jumlah bait teks syair Saudagar Bodoh adalah berjumlah 323 bait. Data kedua, teks transpormasi penelitia mengambil dari artikel Sabarani ., Abdul Razak. 2023. Reproduksi, Tokoh, dan Amanat ‘Sengkang Kera’: Tinjauan Kepustakaan KumpulanCerita Rakyat Kabupaten Lingga. GAUNG: Jurnal Ragam Budaya Gemilang,22-28. Teks cerita Ngidam Daging Pelanduk terdiri atas 18 paragraf. Hasil ekspansi Cerita Rakyat Ngidam Daging Pelanduk dari Syair Saudagar Bodoh terdapat perubahan atau perluasan sebagian atau seluruh teks hipogram diubah menjadi lebih kompleks. Pada ekspansi Cerita Rakyat Ngidam Daging Pelanduk hasil ekspansi yang telah diekosplorasi adalah pertama, dari perspektif kualitas tokoh lebih luas dari tokoh yang terdapat pada syair saudagar bodoh. Kedua, hasil eksplorasi tema cerita rakyat ngidam daging pelanduk lebih luas dibandingkan tema yang terdapat dalam syair saudagar bodoh yaitu 8 tema hasil eksplorasi tema cerita rakyat ngidam daging pelanduk lebih luas dibandingkan tema yang terdapat dalam syair saudagar bodoh yaitu 8 tema . Ketiga hasil eksplorasi amanat cerita rakyat ngidam daging pelanduk lebih luas dibandingkan amanat yang terdapat dalam syair saudagar bodoh yaitu 8 sedangkan Syair saudagar bodoh terdapat 5 amanat. Keempat, hasil eksplorasi alur cerita rakyat ngidam daging pelanduk lebih luas dibandingkan amanat yang terdapat dalam syair saudagar bodoh yaitu 2 alur sedangkan Syair saudagar bodoh terdapat 1 alur. Artikel ini dapat difungsikan pula sebagai bahan ajar pelajaran bahasa indonesia di sekolah dan dapat dijadikan bahan diskusi di kalangan mahasiswa sebagai kaum inteleksual.

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Adinugraha, H. H., Maulana, A. S., & Sartika, M. (2018). Kewenangan dan Kedudukan Perempuan dalam Perspektif Gender: Suatu Analisis Tinjauan Historis. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 17(1), 42. https://doi.org/10.24014/marwah.v17i1.4515

Alfiani, W. (2021). Citra Perempuan Dalam Konsep Ideal Pada Hikayat Putri Salamah. Nuansa Indonesia, 23(2), 265–275. https://jurnal.uns.ac.id/ni/article/view/56514

Alviansyah, I. F., Tamam, A. M., & Syafrin, N. (2017). Konsep Pendidikan Perempuan Menurut Hadits-Hadits dalam Kitab Riyadhus Shalihin Karya Imam an-Nawawi. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 71–88. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i1.1155

Bandur, A. (2014). Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nirmala, A. A., & Anwar, S. (2021). Afinity in the Drama Text Romeo Juliet by William Shakespeare and the Novel of Laila Majnun by Nizami. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 137–151. https://doi.org/10.29408/sbs.v4i2.3373

Oktaviany, H., Priyadi, A. T., & Seli, S. (2014). Kajian Intertekstualitas pada Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata dan Sepatu Dahlan Karya Khrisna. Jurnal Pendidikan Pembelajaran, Vol 3 No 7.

Putra, Z., & Sujatmiko, B. (2021). Studi Literatur Pengaruh Pembelajaran Berbasis Andorid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 489-496. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38146

Rahman, E. (2019). Teori Sastra. Pekanbaru: Labor Bahasa, Sastra, dan Jurnalistik, Universitas Riau.

Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Razak, A. (2011). Hantu Berburu: Sebuah Cerita Rakyat Lingga. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2011). Sengkang Kera: Kumpulan Cerita Rakyat Lingga. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2013). Indahnya Bahasaku: Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas 6 SD/MI. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2010). Patahnya Gunung Daik: Kumpulan Cerita Rakyat Kepulauan Riau. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2023). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Sabarani, S. & Razak, A. (2023). Reproduksi, Tokoh, dan Amanat ‘Sengkang Kera’: Tinjauan Kepustakaan Kumpulan Cerita Rakyat Kabupaten Lingga. Gaug: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 1, Nomor 1, Januari 2023, 17-38, DOI: https://doi.org/10.55909/gj.v1i1.5

Sumiyadi & Durrachman, M. (2014). Sanggar Sastra: Pengalaman Artistik dan Estetik. Sastra. Bandung: Alfabeta.

Hanapi, A. (2015). Peran Perempuan dalam Islam. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, 1(1), 15–26

Wellek, R. & Warren, A. (2015). Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2025-01-01 — Updated on 2025-01-01

Versions

How to Cite

, K., & Elmustian. (2025). Ekspansi Unsur Intrinsik Saudagar Bodoh pada Ngidam Daging Pelanduk dan Rencana Pembelajaran Menggunakan Teknik Ganda. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 4(1), 21–40. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.658