Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses melalui Bahan Ajar Pengayaan

Authors

  • Halima Rumair SD Negeri 13 Pulau Gorom, Maluku, Indonesia
  • Abubakar Rumagia SD Negeri 13 Pulau Gorom, Maluku, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.676

Keywords:

keterampilan membaca, teks deskripsi, pendekatan keterampilan proses, bahan ajar pengayaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) proses pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan; 2) hasil belajar keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13 Pulau Gorom pada semester ganjil 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 6 SD Negeri 13 Pulau Gorom yang mengikuti pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel total; semua anggota populasi diikutsertakan menjadi anggota sampel. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan instrumen tes pilihan ganda. Data proses pembelajaran dikumpulkan menggunakan instrumen nontes yakni pedoman observasi. Daftar ricek dipakai untuk memvalidasi secara internal baik data maupun hasil analisis data. Data hasil belajar dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni mean dan persen. Data proses pembelajaran yang menggunakan bahan ajar pengayaan dianalisis menggunakan pendekatan tematik. Hasil penelitian: 1) proses pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan bagi siswa kelas 6 SD Negeri 13 Pulau Gorom melibatkan 2 kegiatan awal, 19 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan bahan ajar pengayaan bagi siswa kelas 6 SD Negeri 13 Pulau Gorom mencapai mean 76,67 dan nilai minimum 70,09. Oleh karena itu, penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam bahan ajar pengayaan sangat bermanfaat untuk mencapai hasil belajar keterampilan membaca teks deskripsi bagi siswa kelas 6 SD Negeri 13 Pulau Gorom.

 

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Amaya, M., & Robo, A. (2024). Pembelajaran Menulis Paragraf Faktual Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tes Pilahan Ganda. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 793–800. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.647

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.

Aryani, & Achmad, A. M. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Berbasis Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 731–744. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.642

Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Banont, A. M. R., & Nur, B. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Opini Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.614

Delfiana. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur Topik Perkalian Menggunakan Teknik Scaffolding dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 451–464. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.610

Farianti, S., & Amrillah. (2024). Reproduksi Bahan Ajar Cerita Rakyat ‘Tupai dan Buaya’ Menggunakan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 775–784. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.645

Fraenkel, J. R.; Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.

Harjasujana, A. S. & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Hasanah, A., & Hasanah, E. (2024). Pembelajaran Mengedit Larik Pantun Profetik Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses melalui Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 701–714. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.640

Hasanah, B. N., & Suhendar, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Induktif Berbasis Paragraf Deduktif Menggunakan Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.639

Jarkasih, & Pasanea, E. Y. (2023). The Effectiveness of Copying Task Techniques in Teaching Materials for Learning to Appreciate the ’Putri Keong Mas’ Folklore. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 159–172. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.18

Mardiana, D. & Pane, R. (2023). Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Topik Profetik Siswa Kelas VIII SMP Al-Kahfi International School Batam. Pembahas: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 2, Nomor 4, Juli 2023, 461-470. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.318

Mondolalo, D., & Mulyadi. (2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530

Rahayu, S. P., & Ikhtiaruddin, I. (2024). The Learning Results for Skills in Reading Prophetic Short Story Texts Using Copying Task Techniques in Special Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 99–110. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.28

Rahayu, M. S., & Sukmawan, F. R. (2024). The Teaching Materials Using Short Answer Option Test Techniques for Integrated Learning Focusing on Indonesian. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 41–52. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.21

Razak, A. (2004). Formula 247: Mendidik Anak Menjadi Pembaca yang Sukses. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2017). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A., & Elmustian, E. (2024). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin dalam Pembelajaran Online Keterampilan Memperkuat Rima Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 761–774. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.644

Sadiah, T., & Herdiansyah, J. (2023). The Effectiveness of Numerical Substitution Techniques through Special Teaching Materials to Improve Mathematical Paragraph Writing Skills . DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 145–158. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.17

Sari, T. H. (2023). The Learning Exposition Text Reading Skills Using Test Techniques through Digital Literacy Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 111–120. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.12

Sukmadinata, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susana, R., & Srimulyani, E. B. (2024). Prosedur Pembelajaran Menentukan Kalimat Pendukung Menggunakan Teknik Latihan Intensif melalui Media Kartu Soal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 785–792. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.646

Wibisono, T. S., & Annisah, R. (2023). The Effect of Using Constructivism Approach through Special Student Worksheet Media in Learning Reading Skills. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 121–134. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.14

Yeni, S., & Yuliandari, D. (2024). Respon Siswa terhadap Penerapan Teknik Tugas Menyalin dalam Bahan Ajar Khusus melalui Pembelajaran Menulis Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 561–580. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.625

Yulaeha, S., & Handayani, D. F. (2024). The Skills in Finding Factual Paragraph Ideas Using Copying Assignment Techniques on Simple Teaching Material. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(3), 173–180. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i3.36

Zubaidah, & Murni, D. (2024). The Learning Outcomes Ability to Find Ideas for Science Theme Paragraphs through an Individual Approach Using Special Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.15

https://www.youtube.com/watch?v=Iv8UcwgDTOk&t=1514s

Downloads

Published

2025-01-27

How to Cite

Rumair, H., & Rumagia, A. (2025). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses melalui Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 4(1), 83–92. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.676