Pembelajaraan Mengidentifikasi Amanat Pantun Menggunakan Bahan Ajar Alternatif Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tes

Authors

  • Hartiwiyanti Ismail SMP Negeri 5 Watubangga, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Suryani SMP Negeri 5 Watubangga, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Hardiansyah SMP Negeri 5 Watubangga, Sulawesi Tenggara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.679

Keywords:

mengidentifikasi amanat pantun, bahan ajar alternatif, pendekaktan keterampilan proses, teknik tes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) proses pembelajaran mengidentifikasi amanat pantun menggunakan bahan ajar alternatif berbasis pedekatan keteampilan proses dan teknik tes; 2) hasil belajar mengidentifikasi amanat pantun menggunakan bahan ajar alternatif berbasis pedekatan keteampilan proses dan teknik tes. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Watubangga pada semester ganjil tahun aajran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Watubangga yang mengikuti kegiatan pembelajaran mengidentifikasi amanat pantun menggunakan bahan ajar alternatif berbasis pedekatan keteampilan proses dan teknik tes. Mereka berjumlah 13 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel total; semua anggota populasi dijadikan anggota sampel. Data proses pembelajaran mengidentifikasi amanat pantun menggunakan bahan ajar alternatif berbasis pedekatan keteampilan proses dan teknik tes dikumpulkan menggunakan pedoman observasi. Data hasil belajar mengidentifikasi amanat pantun menggunakan bahan ajar alternatif berbasis pedekatan keteampilan proses dan teknik tes dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda empat opsi. Data pembelajaran dianalisis secara tematik sedangkan data hasil belajar dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni mean dan persen. Hasil penelitian: 1) proses pembelajaran mengidentifikasi amanat pantun menggunakan bahan ajar alternatif berbasis pedekatan keteampilan proses dan teknik tes melibatkan 2 kegiatan awal, 15 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar mengidentifikasi amanat pantun menggunakan bahan ajar alternatif berbasis pedekatan keteampilan proses dan teknik tes mencapai target 75,00. 

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Amelia, R., & Artimis, A. (2024). Pembelajaran Penempatan Tanda Jeda Pantun Menggunakan Pendekatan Proses melalui Bahan Ajar Inovatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 643-652. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.632

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.

Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Elmustian, E., Razak, A., & Kholijah. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Berpendekatan Konstruktivisme Berbasis Teks Naratif untuk Kelas X SMA/MA/SMK. Laporan Penelitian. FKIP Universitas Riau.

Halil, M. A., & Hilmi, H. S. (2024). Hasil Belajar Menulis Pantun Menggunakan Two to Three Method melalui Media Power Point. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(2), 227–234. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.583

Hastuti, E. & Oktafiani, D. (2024). Pembelajaran Memindai Kata Adopsi di Kamus Manual Menggunakan Model dan Media Chart Ekspose. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 3, Nomor 1, Januari 2024, 75-84. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.562

Haria, W. & Mondolalo, D. (2023). Pembelajaran Menemukan Gagasan Paragraf Tunggal Tema Hemat Energi melalui Pendekatan Individual Menggunakan BSE Tematik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 3, Nomor 1, Januari 2024, 27-36. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.559

Hasanah, A., & Hasanah, E. (2024). Pembelajaran Mengedit Larik Pantun Profetik Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses melalui Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 701-714. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.640

Mukhlisa, N.(2023). Validitas Tes. Juara SD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Volume 2, Nomor 1, Maret 2023. 142-147, 10.26858/jppsd.v2i1.46314

Mulyadi, & Mondolalo, D. (2023). Pencapaian Belajar Menulis Pantun Berbasis Teks Eksplanasi Bermedia LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 315–324. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.277

Razak, A. (2017). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A., & Elmustian. (2024). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin dalam Pembelajaran Online Keterampilan Memperkuat Rima Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 761-774. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.644

Resnani, R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Melalui Model Multiliterasi. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 62–69. https://doi.org/10.33369/pgsd.14.1.62-69

Sumiyadi & Durrachman, M. (2014). Sanggar Sastra: Pengalaman Artistik dan Estetik. Sastra. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-01-27

How to Cite

Ismail, H., Suryani, & Hardiansyah. (2025). Pembelajaraan Mengidentifikasi Amanat Pantun Menggunakan Bahan Ajar Alternatif Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tes. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 4(1), 109–116. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.679