Peringkat Cerita Rakyat ‘Patahnya Gunung Daik: Kumpulan Cerita Rakyat Kepulauan Riau’ menurut Persepsi Siswa SMA

Authors

  • Andi Afriza SMA Negeri 12 Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Muhammad Zulfadhli Prodi Teknik Industri, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, DKI Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.145

Keywords:

perinkat, cerita rakyat, kumpulan cerita rakyat, persepsi siswa

Abstract

Adalah 5 di antara 19 judul cerita dalam buku kumpulan cerita rakyat Patahnya Gunung Daik yakni: 1) Terjadinya Gunung Daik; 2) Bakau dan Perepat; 3) Apek Weng Thai; 4) Pak Dayu; 5) Batin Mabot. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peringkat 5 cerita rakyat dalam buku kumpulan cerita rakyat menurut persepsi siswa SMA. Penelitian dilakukan di kelas XI SMA Negeri 12 Pekanbaru pada awal semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Populasi penelitian 22 siswa yang mengisi dan menyerahkan kuesioner. Sampel dipilih secara random sederhana dengan jumlah 21 siswa. Penelitian menggunakan kuesioner manual yang memenuhi syarat validitas isi. Data peringkat 5 cerita rakyat dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Prinsip yang digunakan adalah modus dan persen. Temuan pertama penelitian bahwa cerita rakyat ‘Batin Mabot’ menempati peringkat ke-1 di antara 5 cerita rakyat. Temuan kedua penelitian bahwa cerita rakyat ‘Pak Dayu’ menempati peringkat ke-2 di antara 5 cerita rakyat. Temuan ketiga penelitian bahwa cerita rakyat ‘Apek Weng Thai’ menempati peringkat ke-3 di antara 5 cerita rakyat. Temuan keempat penelitian bahwa cerita rakyat ‘Terjadinya Gunung Daik’ menempati peringkat ke-4 di antara 5 cerita rakyat. Temuan kelima penelitian bahwa cerita rakyat ‘Bakau dan Perepat’ menempati peringkat ke-5 di antara 5 cerita rakyat.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adriyana, L. & Darumoyo, K. 2018. Persepsi Followers @perpuseru terhadap Akun Instagram PerpuSeru Menggunakan Teori Decoding-Encoding. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6(2), 197–212.

Afifa, Anisatul & Kusnarto. 2022. Persepsi Followers terhadap Postingan Keputusan Lepas Hijab Influencer@rachervenya di Instagram. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, Volume 5, Nomor 2, 2022, 197–212.

Anindya, Laras & Ali, Ahmad Jum’a Khatib Nur. 2019. Narasi Cerita Rakyat Riau “Asal Mula Penamaan Pulau Matang dan Pulau Keras”, Jurnal Sinestesia, Volume 9, Nomor 1, April 2019, 1-8.

Annisa; Simanjuntak, Ester; & Sihombing, Franciskus. 2022. Analisis Struktur dan Nilai Moral Cerita Rakyat Batu Marsiompaan Samosir. Jurnal Basataka, Volume 5, Nomor 1, Juni 2022, 42–49.

Asri, Yasnur. 2013. Refleksi Ideologi Wanita Minangkabau dalam Novel ‘Negeri Perempuan’ Karya Wisran Hadi. Humaniora, Volume 25, Nomor 1, Februari 2013, 69-81.

Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas: Interpretasi dan Komputasi. Yogyakarta: Liberty.

Bandur, A. 2014. Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Fulcher, G. & Davidson, F. (2007). Language Testing and Assessment: An Advaced Resource Book. New York: Routledge Applied Linguistics.

Franekl, Jack R.; Wallen, E. Norma; Hyun, Helen H. 20212. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Halimah, Sumiyadi, Mulyati, Yeti, & Damaianti, Vismaia S. 2019. Critical Literacy Approach in the Teaching of Literary Appreciation Using Indonesian Short Stories. Indonesian Journal of Applied Linguistics, Volume 11, Nomor 1, Mei 20120, 84-94.

Kosasih, E. 2013. Sastra Klasik sebagai Wahana Efektif dalam Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 13, Nomor 2 .2013, 225-236.

Ledina, Hani; Saadie, Ma'mur; & Sumiyadi. 2020. Model Know, Want to KNow, Learned dalam Pembelajaran Membaca Cerita Pendek Siswa SMP Kelas IX. Bahterasia: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 1, Nomor 2, 2020, 101-107.

Maryone, R. 2021. Batu Tetaruga dan Cerita Rakyat Suku Sobey. Jurnal Penelitian Arkeologi Papua dan Papua Barat, 13(1), 95-114. https://doi.org/10.24832/papua.v13i1.304.

Merdiyatna, Yang Yang. 2019. Struktur Konteks dan Fungsi Cerita Rakyat Karangkamulyan. Jurnal Salaka, Volume 1, Nomor 2, 2019, 38-45.

Razak, Abdul. 2016. Patahnya Gunung Daik: Kumpulan Cerita Rakyat Keopulauan Riau. Pekanbaru: Autografia.

Razak, Abdul. 2020. How to Teach Your Student to Write: Student Worksheets Bank Learning to Write in Senior High School. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, Abdul. 2017. Mtode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, Abdul. 2018. Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Auiografika.

Rozak, Rama Wijaya Abdul & Mulyati, Yeti. 2018. Sastra Dongeng dalam Pembelajaran Membaca dab Menulis Permulaan. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 5, Nomor 1, 2018, 73-81.

Sa’ida, Naili. 2020. Analisis Nilai Moral dalam Cerita Rakyat. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD), Volume 1 Nomor 1, Mei 2020, 47-54

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. 2020. Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 5, Nomor 1, 13-24.

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Afriza, A., & Zulfadhli, M. (2022). Peringkat Cerita Rakyat ‘Patahnya Gunung Daik: Kumpulan Cerita Rakyat Kepulauan Riau’ menurut Persepsi Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(5), 623–638. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.145