Keterampilan Membaca Teks Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian Siswa Kelas 5 SDIT Fajar Ilahi 2 Bengkong

Authors

  • Dian Fithriyanti Izudin SDIT Fajar Ilahi 3 Bengkong, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.487

Keywords:

keterampilan membaca, teks agribisnis, ppengolahan hasil pertanian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan membaca teks agribisnis pengolahan hasil pertanian; 2) sama-tidaknya keterampilan membaca teks agribisnis pengolahan hasil pertanian per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di SDIT Fajar Ilahi 2 Bengkong. Penelitian berlangsung di awal semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian berjumlah 113 siswa kelas 6. Jumlah ini terbagi dari: 27 siswa untuk kelas Abu Bakar; 25 siswa kelas Ibnu Masud, 31 siswa kelas Khodijah, dan 30 siswa kelas Saudah. Sampel ditetapkan sebanyak 89 siswa; terbagi dari: 21 siswa untuk kelas Abu Bakar; 20 siswa kelas Ibnu Masud, 24 siswa kelas Khodijah, dan 24 siswa kelas Saudah. Penetapan jumlah sampel didasarkan atas formula Slavin. Setiap anggota sampel ditarik secara random sederhana dari setiap anggota populasi dengan teknik tanpa pengembalian. Data keterampilan membaca teks agribisnis pengolahan hasil pertanian dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda 3 opsi. Tes disusun mengikuti prosedur objektif untuk menghasilkan spesifikasi tes. Data keterampilan membaca teks agribisnis pengolahan hasil pertanian dianalisis menggunakan prosedur setatistik inferensial paramterik yakni uji t satu sampel untuk mencapai tujuan-1 dan uji Anova searah untuk mencapai tujuan-2. Hasil penelitian: 1) keterampilan membaca teks agribisnis pengolahan hasil pertanian mencapai KKM 75,00; 2) tidak terdapat perbedaan keterampilan membaca teks agribisnis pengolahan hasil pertanian per kelompok sampel.

 

References

Fraenkel, J. R.; Wallen, N. E.; & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Katsir, I. (2008a). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 3. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Katsir, I. (2008b). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 5. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Katsir, I. (2008c). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 7. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researches. Bandung: UPI Press.

Nartopo, S. A. 2009. Analisis Pengembangan Agribisnis Jahe (Zingiber officinale) di Desa Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar [skripsi]. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Pohan A. R., Maryunianta Y., & Pinem N. F. (2023). Analisis Kelayakan Usaha Pascapanen dan Daya Saing Jahe Simalungun. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), 11(1), 17-25. https://doi.org/10.29244/jai.2023.11.1.17-25

Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2019). How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Elementary School. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pembelajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Setiawan, N. (2007). Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Izudin, D. F. (2023). Keterampilan Membaca Teks Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian Siswa Kelas 5 SDIT Fajar Ilahi 2 Bengkong. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 651–658. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.487