Amanat Teks Anekdot menurut Interpretasi Siswa dalam Pembelajaran Sekilas Menggunakan Bahan Ajar Sederhana

Authors

  • Sy. Silvia Andriyani SMA Negeri 3 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.594

Keywords:

amanat, teks anekdot, interpretasi siswa, pembelajaran sekilas, bahan ajar sederhana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) amanat utama teks anekdot menurut interpretasi siswa SMA Negeri 3 Batam; 2) sama-tidaknya amanat utama teks anekdot menurut interpretasi siswa SMA Negeri 3 Batam per kelompok sampel; 3) amanat pendukung teks anekdot menurut interpretasi siswa SMA Negeri 3 Batam; 4) sama-tidaknya amanat pendukung teks anekdot menurut interpretasi siswa SMA Negeri 3 Batam per kelompok sampel. Penelitian berlangsung di semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas X yang mengikuti pembelajaran amanat teks anekdot melalui pembelajaran sekilas menggunakan bahan ajar sederhana yang mengumpulkan instrumen kuesioner tentang amanat teks anekdot. Mereka berjumlah 99 siswa dari 121 siswa di kelas X paralel. Sampel ditetapkan sebanyak 81 siswa; terbagi dari tiga kelas paralel. Data amanat utama dan amanat pendukung teks anekdot menurut interpretasi siswa SMA Negeri 3 Batam dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner tertutup 6 opsi. Instrumen lain: 1) bahan ajar sederhana; 2) daftar cek-ricek untuk memvalidasi data dan hasil analisis data. Hasil penelitian: 1) amanat utama teks anekdot menurut interpretasi siswa SMA Negeri 3 Batam adalah ‘pengetahuan tidak memandang umur’; 2) amanat utama teks anekdot menurut interpretasi siswa SMA Negeri 3 Batam tidak berbeda per kelompok sampel; 3) amanat pendukung teks anekdot menurut interpretasi siswa SMA Negeri 3 Batam adalah ‘akuilah kebenaran’; 4) amanat pendukung teks anekdot menurut interpretasi siswa SMA Negeri 3 Batam berbeda per kelompok sampel. 

References

Ardiansyah, B. (2023). Penilaian Siswa terhadap Pembelajaran Membaca Teks Negosiasi Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme melalui Media LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 575–584. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.299

Azwar, S. (2018). Metode Penelitian Psikologi. Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadi, W., & Ansari, K. (2022). Perspektif Teks Anekdot dalam Kurikulum 2013 menurut Penilaian Guru Bahasa Indonesia Jenjang SLTA. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), 333–342. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.50

Hilmi, H. S. & Sumiharti. (2022). Detil Cerita Humor Yong Dolah untuk Pemanfaatan Perencanaan Pembelajaran Teks Anekdot: Riset Keperpustakaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 235-242. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.30

Lisnawati & Rahmah, I. A. D. A. (2018). Kesejahteraan Psikologis Ditinjau Dari Spiritualitas Siswa di Lembaga Pendidikan Berbasis Agama Pesantren dan Non Pesantren. Jurnal Psikologi Integratif, 6(2), 190–212.

Rahman, E.& Jalil, A. (2004). Teori Sastra. Pekanbaru: Labor Bahasa, Sastra, dan Jurnalistik, Universitas Riau

Razak, A. (2008). Bahasa Indonesia Versi Perfuruan Tinggi. Cetakan V, Edisi II. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Sari, T. H. (2023). Nilai Humor Teks Anekdot ‘Anak Anjing’ menurut Penilaian Siswa Kelas X. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 675–682. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.533

Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Suhana, P., Erlina, & Thahir, A. (2022). Amanat Teks Anekdot ‘Anak Anjing’ menurut Interpretasi Siswa. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022, 75-84. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.19

Suherli; Suryaman, M., Septiaji, A., Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA. Edisi Revisi. Penyelia: Dwi Purnanto, Hasanuddin WS, Liliana Muliastuti, Muhammad Rapi Tang. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumiyadi & Durrachman, M. (2014). Sanggar Sastra: Pengalaman Artistik dan Estetik. Sastra. Bandung: Alfabeta.

Widyorini, E., Wjaya, D. A. (2024). Psychology Well-Being, Post-Traumatic Growth, and Stress Appraisal on COVID-19 Survivors. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 420-428, May 2024.

Downloads

Published

2024-05-27

How to Cite

Andriyani, S. S. (2024). Amanat Teks Anekdot menurut Interpretasi Siswa dalam Pembelajaran Sekilas Menggunakan Bahan Ajar Sederhana. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(3), 381–388. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.594

Issue

Section

Articles