Pesan Utama dan Pendukung ‘Tanam Bambu’ dalam Kumpulan Humor Interaktif ‘Celakanya Bibir’ menurut Interpretasi Siswa

Authors

  • Lexminander Budi Kurniawan A. Doda SMA Negeri 1 Singkep, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Iman Sabarullah SMA Negeri 1 Teluk Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.597

Keywords:

pesan utama dan pendukung, tanam bambu, kumpulan humor interaktif, celakanya bibir, interpretasi siswa

Abstract

Tujuan penelitian kepustakaan untuk mendeskripsikan: 1) pesan utama ‘Tanam Bambu’ dalam Kumpulan Humor Interaktif ‘Celakanya Bibir’ menurut interpretasi siswa; 2) sama-tidaknya pesan utama ‘Tanam Bambu’ dalam Kumpulan Humor Interaktif ‘Celakanya Bibir’ menurut interpretasi siswa per kelompok sampel; 3) pesan pendukung ‘Tanam Bambu’ dalam Kumpulan Humor Interaktif ‘Celakanya Bibir’ menurut interpretasi siswa; 4) sama-tidaknya pesan pendukung ‘Tanam Bambu’ dalam Kumpulan Humor Interaktif ‘Celakanya Bibir’ menurut interpretasi siswa per kelompok sampel. Penelitian berlangsung di semester genap tahun pelajaran 2024/2024 yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Singkep dan SMA Negeri 1 Teluk Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas X SMA Negeri 1 Singkep dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Bintan yang mengisi dan submit kuesioner di google form. Mereka berjumlah 100 siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 80 siswa yang dipilih secara random sederhana per kelompok populasi. Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan instrumen google form 7 opsi sistem tertutup. Instrumen lain adalah pedoman cek-ricek yang berguna untuk memvalidasi hasil pengumpulan dan analisis data. Data pesan utama dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni frekuensi dan modus. Hasil penelitian: 1) pesan utama ‘Tanam Bambu’ dalam Kumpulan Humor Interaktif ‘Celakanya Bibir’ menurut interpretasi siswa adalah jangan takut berbeda pendapat jika memiliki argumen kuat; 2) pesan utama ‘Tanam Bambu’ dalam Kumpulan Humor Interaktif ‘Celakanya Bibir’ menurut interpretasi siswa ternyata berbeda per kelompok sampel; 3) pesan pendukung ‘Tanam Bambu’ dalam Kumpulan Humor Interaktif ‘Celakanya Bibir’ menurut interpretasi siswa adalah jangan zalim kepada masyarakat jelata; 2) pesan pendukung ‘Tanam Bambu’ dalam Kumpulan Humor Interaktif ‘Celakanya Bibir’ menurut interpretasi siswa ternyata berbeda per kelompok sampel.

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.

Azwar, S. (2018). Metode Penelitian Psikologi. Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Damayanti, W. (2022). Kedudukan Tokoh dalam Novel Siti Nurbaya menurut Interpretasi Mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.11

Damayanti, W., & Hamidah, S. (2023). The Writing Skills Reducing Background of Scientific Articles Online Journal of Indonesian Education University Freshmen. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i1.1

Harahap, A. Z., & Nugroho, R. A. (2022). Amanat Utama Cerpen Faktual Profetik ‘Sengketa Bayi’ menurut Respon Siswa Kelas X dan XI . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(3), 321–332. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.49

Karisma, B., & Azizah, N. (2023). Teknik Tes File Upload dan Multiple Choice di Google Form dalam Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(6), 775–786. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.548

Rahman, E.& Jalil, A. (2004). Teori Sastra. Pekanbaru: Labor Bahasa, Sastra, dan Jurnalistik, Universitas Riau.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Suhana, P., Erlina, & Thahir, A. (2022). Amanat Teks Anekdot ‘Anak Anjing’ menurut Interpretasi Siswa. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 75–84. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.19

Setiawan, N. (2007). ‘Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Yuniarti, L., Putria Yanti, Z., & Gusriani, A. (2023). The Relationship between Reading Skills of Online Journal Articles and Writing Skills Reduction of Online Journal Article Findings. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i1.7

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Doda, L. B. K. A., & Sabarullah, I. (2024). Pesan Utama dan Pendukung ‘Tanam Bambu’ dalam Kumpulan Humor Interaktif ‘Celakanya Bibir’ menurut Interpretasi Siswa . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(3), 405–412. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.597

Issue

Section

Articles