Penyediaan Teks Eksposisi Berbasis Profetik sebagai Bahan Ajar Pengayaan bagi Guru SMA/SMK/MA
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.122Keywords:
pengadaan teks eksposisi, basis profetik, bahan ajar pengayaan, guru SMA/SMK/MAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghadirkan seperangkat teks eksposisi berbasis profetik sebagai bahan ajar alternatif Bahasa Indonesia jenjang SLTA melalui spesifikasi yang andal. Penelitian ini menggunakan instrumen dokumentasi tertulis untuk mendapatkan data naratif-faktual guna dimodifikasi menjadi teks eksposisi dan instrumen kuesioner untuk memvalidasi teks eksposisi dengan tenaga ekspet dengan sistem validasi progresif pada nilai skala 1-5. Data yang berasal dari instrumen dokumentasi diolah secara tematik yakni mengubah cerita pendek profetik menjadi teks eksposisi yang terbatas pada struktur tesis dan struktur argumentasi. Data yang bersumber dari kuesioner dari tim ekspet dianalisis secara statistik deskriptif menggunakan prinsip modus melalui frekuensi validasi. Hasil penelitian ini adalah adanya 5 teks eksposisi berbasis profetik. Teks eksposisi-1 berukuran 150 kata. Teks eksposisi-2 berukuran 101 kata. Teks eksposisi-3 berukuran 189 kata. Teks eksposisi-4 berukuran 110 kata. Teks eksposisi-5 berukuran 100 kata. Semua teks eksposisi berbasis profetik memenuhi syarat validitas konstruk.
References
An-Nawawi, Imam. 2009. Riyadhus Shalihin. Penerjemah: Thariq Abdul Aziz, Editor: Tim Pustaka as-Sunnah. Jakarta: Pustaka as-Sunnah.
Asy-Syinawi, Abdul Aziz. 2013a. Biografi Imam Ahmad: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Yasir Amri. Solo: Aqwam.
Budiaji, W. 2013. Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, Volume 2, Nomor 2, Desember 2013, 127-133.
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Cetakan III. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Dick, W. dkk. 2009. The Systematic Design of Instruction. Seventh Edition. New Jersey, USA: Pearson.
Elmustian & Razak, Abdul. 2021. Menulis Pantun: Bahan Ajar Pengayaan Bahasa Indonesia untuk Kelas X SMA/MA/SMK. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. Norman; Hyun, HelenH. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.
Imam & Syamsudduha. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Multiliterasi di SMP. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 3, Nomor 1, Februari 2022, 31-39.
Katsir, Ibnu. 2012. Kisah Para Nabi dan Rasul Penerjemah: Abu Hudzaifah. Editor: Abdul Basith Abd. Aziz. Jakarta: Pustaka as-Sunah.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya
Mahsun. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks 2013. Depok: Raja Grafindo Persada.
Mukhlis, Muhammad; Asnawi; & Rasdana, Oki. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Tunjuk Ajar Melayu. Jurnal Sastra Indonesia, Volume 9, Nomor 2, 2020, 97-102.
Rosmaya, Elin. 2019. Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok di SMP. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,Volume 9 Nomor 2, Mei 2019, 192-202.
Wahab, Muhammad bin Hamid Abdul. 2012. 61 Kisah Pengantar Tidur: Diriwayatkan secara Shahih dari Rasulullah SAW dan Para Sahabat. Penerjemah: Munawarah Hannan. Jakarta: Darul Haq.
Yenti, Nilfa; Ramadhanti, Dina; & Laila, Aruna. 2022. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022, 93-102.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Basuki Priatno, Abdul Razak, Sawawee Padaameen, Saripah Hannum Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.