Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dan Teks Eksplanasi Siswa SMA Negeri 3 Sintang, Kalimatan Barat

Authors

  • Debora Korining Tyas STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Astuti Winarti SMA Negeri 3 Sintang Kalimatan Barat, Indonesia
  • Yustina Dwi Retno Rini SMA Negeri 3 Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.144

Keywords:

keterampilan menulis, teks eksposisi, teks eksplanasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksplanasi serta mengomparasi kedua teks naratif faktual itu. Penelitian dilaksanakan di kelas XI dan kelas XII SMA Negeri 3 Sintang, Kalimantan Barat. Waktu penelitian awal semester ganjil 2022/2023. Populasi berjumlah 151 yang terbagi dari 95 kelas XI dan 56 kelas XII yang melakukan submit atas soal di google form berbasis artikeldi jurnal online. Sampel ditetapkan sebanyak 110 mengikuti prinsip Slavin; 70 siswa kelas XI dan 40 siswa kelas XII. Penarikan anggotampel dari kelompok populasi dilakukan secara random sederhana dengan teknik tanpa pengembalian. Untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksplanasi ddigunakan instrumen tes berbasis google form. Tes berbentuk tesuntuk kerja yakni keterampilan menulis teks. Data dianalisis secara statistik inferensial ykni uji t satu sampel, uji t sampel independen, dan uji korelasi sederhana. Semua penghitungan menggunakan fasilitas aplikasi SPSS. Keterampilan menulis teks eksposisi berkategori sedang. Tidak terdapat perbedaan keterampilan menulis teks eksposisi per jenis kelamin dan per kelas paralel. Keterampilan menulis teks eksplanasi berkategori sedang. Tidak terdapat perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi per jenis kelamin dan per kelas paralel. Ditemuakan derjad hubungan sedang anatara keterampilan menukis teks eksposisi an keterampilan menulis teks eksplanasi.

References

Andiyani, Novita; Saddhono, Kundharu; Mujyanto, Yant 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audio- Visual pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 4, Nomor 2, Oktober 2016, 161-169.

Prayitno, Basuki; Padaameen, Sawawee; & Siregar, Saripah Hannum. 2022. Penyediaan Teks Eksposisi Berbasis Profetik sebagai Bahan Ajar Pengayaan bagi Guru SMA/SMK/MA. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 3, Mei 2022, 553-560.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Press.

Damayanti, Welsi. 2022. Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 141-150.

Elsan, Nasrillah; Kosasih, Engkos; & Kurniawan, Khaerudin. 2019. Teks Eksplanasi sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di KelasXI MA Negeri 5 Banfung: Kajian Deskiptif Kualitatif terhadap Fungsi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan dalam Proses Pembelajaran Berbasis Genre Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, Volume 3, Nomor 1, Februari 2019, 68-86.

Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. Norman; Hyun, Helen H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Furqon. 2013. Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Kosasih, Engkos. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Kosasih, Engkos. 2017. Bahasa Indonesia untuk Kelas IX SMP/MTs: Edisi Revisi.. Reviuwer: Cut Nilawati Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kristyanawati, Martanti Dwi; Suwandi, Sarwiji; & Rohmadi, Muhammad. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 9 Nomor 2, Mei 2019, 192-202.

Lindrawati. 2022. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi melalui Teknik Tes Opsi Unik. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 161-172.

Malik, Ranbir S. & Hamied, Fuad A. 2014. Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Nurwahidah,Lina Siti; Damayanti, Deasy Aditya; Hamdani, Agus; Hasim, Abdul; & Razak, Abdul. 2022. Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Perspektif Kelas Paralel. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 11, Nomor 4, Tahun 2022, 1298-1311.

Ramadani, Anisa. 2021. ‘Implementasi Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru’. Skripsi. Pekanbaru: Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Iljmu Pendidikan, Universitas Riau.

Razak, Abdul. 2017. Teks Eksplanasi: Mediasi Akademik Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs. Pekanbaru: UR Press.

Razak, Hermandra, & Elmustian. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Berbasis Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Pajar: Pendidikan dan Pengajaran), Volume 5, Nomor 3, Mei 2021, 585-598.

Reni, Santi Asti . 2018. ‘Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru’. Skripsi. Pekanbaru: Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra In- donesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau.

Rosmaya, Elin. 2019. Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok di SMP, Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 9 Nomor 2, Mei 2019, 192-202.

Salfera, Novi. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas VII. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, Volume 3, Nomor 2, 2017, 32-43.

Suharjo, Bambang. 2013. Statistik Terapan :Diserta Contoh Aplikasi SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Tyas, D. K., Winarti, A., & Rini, Y. D. R. (2022). Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dan Teks Eksplanasi Siswa SMA Negeri 3 Sintang, Kalimatan Barat. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(5), 607–622. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.144