Keefektifan Teknik Tes Menggunakan Media Literasi Digital dalam Kuliah Bahasa Indonesia terhadap Mahasiswa Baru
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.194Keywords:
keefektifan teknik tes, media literasi digital, kuliah bahasa Indonesia, mahasiswa baruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kuliah Bahasa Indonesia menggunakan teknik tes manual bermedia konvesional, mendeskripsikan hasil kuliah Bahasa Indonesia menggunakan teknik tes kahoot bermedia literasi digital, dan mendeskripsikan efektivitas teknik tes kahoot bermedia literasi digital dalam kuliah bahasa Indonesia bagi mahasiswa baru. Penelitian dilaksanakan di Program Studi PGPAUD-A sebagai kelompok kontrol dan Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Riau sebagai kelompok perlakuan. Instrumen penelitian mencakup tes kahoot berjumlah 25 item. Teknik tes secara manual dan media konvensional digunakan di kelompok kontrol sedangkan teknik tes aplikasi kahoot dan media literasi digital digunakan di kelompok perlakuan. Pemilihan Jurusan Ilmu Hubungan Internasional ditetapkan sebagai kelompok perlakuan karena kelompok memiliki tingkat intake yang relatif rumit dibandingkan dengan Prodi PGPAUD-A. Uji t satu sampel dipakai untuk menganalisis masalah yang berkaitan dengan tujuan pertama dan tujuan kedua. Uji t sampel independen dipakai untuk menganalisis data penelitian untuk menemukan solusi yang berkaitan dengan tujuan ketiga. Semua pengujian statistik inferensial parametrik ini menggunakanaplikasi SPSS. Ho diterima untuk uji t satu sampel untuk kelompok kontrol dengan nilai pembanding relatif kecil. Ho juga diterima untuk uji t satu sampel pada kelompok perlakuan tetapi dengan nilai pembanding relatif besar. Teknik tes kahoot dan penggunaan media literasi digital efektif dipakai dalamperkuliahan Bahasa Indonesiawalau untuk kelas relatif besar.
References
Adiyasa, I Kadek Darmadi; Sutama, I Made; & Putrayasa, Ida Bagus. 2020. Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Berbasis E-Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Volume 9, Nomor 1, Maret 2020, 57-67.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas: Interpretasi dan Komputasi. Yogyakarta: Liberty.
Dewi, Cahya Kurnia; Rakhmawati M. Rosida; & Mujib. 2018. Alat Evaluasi Menggunakan Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Indonesian Joernal of Scientific and Education, Volume 1, Nomor 2, 2018, 163-171.
Faznur, Lutfi Syauki; Khaerunnisa; Sumardi, Aida. 2020. Aplikasi Kahoot sebagai Media dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Guru SMA di Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, Volume 2, Nomor. 2, April 2020, 39-44.
Fraenkel, Jack R. dkk. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition. New York: McGraw-Hill Companies.
Haryanto. 2020. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dan Manajemen. Penyunting: Shendy Amalia. Yogyakarta: UNY Press.
Irwan, I. 2019. Implementasi Kahoot! sebagai Inovasi Pembelajaran. Journal of Civic Education, Volume 2, Nomor 1, 126-140.
L.Idrus.2019. Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 9, Nomor 2, Agustus 2019, 920-935.
Matondang, Zulkifli. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan.
Nasikhah, Maslikatun; Dewi, Afni Nurvita; Yulanta, Alfida Widya; Tasbihah, Nofi; & Rahmawati, Fadhilah. 2021. Efektivitas Metode Speed Reading Test dengan Menggunakan Media Kahoot pada Pembelajaran Dimensi Tiga. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), Volume 3, Nomor 1, Januari 2021, 1- 9.
Oktari, Y. Saptiana. 2020. Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning. Jurnal AgriWidya (Menginspirasi Untuk Pelatihan Yang Lebih Baik) Volume 1, Nomor 3, Oktober 2020, 186-200.
Pendy, Agnes; Suryani, Lely; Mbagho, Hilaria Melania. 2022. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 4, Nomor 1, 19-27.
Purwanto, M. Ngalim. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Cetakan XIV. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Razak, Abdul. 2017. Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, Abdul. 2018. Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razak, Abdul. 2021. Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Rivai, Immawati Nur Aisyah Rivai. 2021. Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Motivasi Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 2, 2021, 168-179.
Sefriani, Rini; Sepriana, Rina, Wjaya, Indra; & Menrisal. 2021. Efektivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3, Nomor 6, 4731-4737.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Adib Alfalah, Evia Firnadia, Jendriadi Jendriadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.