Pengembangan Bahan Ajar Menulis Artikel Ilmiah Berpendekatan Konstruktivisme Bermedia Google Form untuk MKWU Bahasa Indonesia

Authors

  • Firman Aziz Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Yeti Mulyati Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Vismaia S. Damaianti Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Novita Triani Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.231

Keywords:

Kata kunci: pengembangan bahan ajar, menulis artikel ilmiah, pendekatan konstruktivisme, media google form

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis artikel ilmiah berpendekatan konstruktivisme bermedia google form untuk MKWU Bahasa Indonesia. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur: analisis dasar, penyusunan desain produk awal, pengembangan desain produk awal, uji coba produk awal skala terbatas, evaluasi dan revisi produk uji coba skala terbatas, uji coba produk skala luas, evaluasi dan revisi produk, uji coba produk revisi, dan reproduksi produk akhir. Pengembangan bahan ajar didasarkan pada pendekatan konstruktivisme bermedia google form. Teks kloz digunakan untuk menentukan keterbacaan teks naratif. Kuesioner digunakan untuk memvalidasi teks menulis artikel, menimbang indikator penulisan menulis artikel, menimbang desain produk awal, dan menimbang kelayakan bahan ajar. Tes esaidigunakan untuk mengumpulkan data prates dan postes keterampilan menulis artikel pada uji coba skala luas. Data yang bersumber dari kuesioner dianalisis secara tematik; data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen teks kloz dianalisis menggunakan statistik deskriptif; rata-rata dan persen; Data menulis artikel dianalisis dengan menggunakan prosedur statistik inferensial yaitu uji t satu sampel dan Anova searah. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah bahan ajar berjudul 'Teknik Menulis Arikel Ilmiah: Latar Belakang dan Rumusan Masalah’, 24 halaman A4,time new roman, 2 kolom, pdf.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Cetakan Kedua. Bandung: Rosda Remajakarya.

AR. Syamsudin & Damaianti, Vismain S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bada, Steve O. (2015). Constructivism Learning Theory: A Paradigm for Teaching and Learning. Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), Volume 5, Issue 6 Ver. I, Nov. - Dec. 66-70.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, Vol. 2, No. 2, Desember 2013, hlm. 127-133.

Danoebroto, Sri W. (2015). Teori Belajar Konstruktivis Peaget dan Vygotsky. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 2(3), 191-198.

Dick, W; Carey, L; Carey, J.O. (2009). The Systematic Design of Instruction. Seventh Edition. New Jersey, USA: Pearson.

Elmustian & Razak, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Berpendekatan Konstruktivisme untuk Kelas X SMA/MA/ SMK’. Laporan Penelitian Pengembangan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau.

Harjasujana, Ahmad S. & Damaianti, V.S. (2003). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Karo-Karo, Isran R. & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni, 91- 96.

Mahamod, Z. (2014). Inovasi P & P dalam Pendidikan Bahasa Melayu. Tanjong Malim, Perak, Malaysia: Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar- Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Sudiati & Nurbayah. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Berdasarkan Strategi PLAN (Predict, Locate, Add, Note) untuk Kelas VII. Jurnal Litera. LITERA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 16(1), April, 114-128

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Aziz, F., Mulyati, Y., Damaianti, V. S., & Triani, N. . (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Artikel Ilmiah Berpendekatan Konstruktivisme Bermedia Google Form untuk MKWU Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.231