Pengembangan Bahan Ajar Membaca Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Google Form untuk MKU Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.233Keywords:
pengembangan bahan ajar, membaca artikel ilmiah, jurnal online, media google formAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar keterampilan membaca artikel ilmiah jurnal online menggunakan google form untuk MKWU Bahasa Indonesia. Penelitian dilaksanakan di UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukitinggi pada semester ganjil 2022/2023. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur: analisis dasar, penyusunan desain produk awal, pengembangan desain produk awal, uji coba produk awal skala terbatas, evaluasi dan revisi produk uji coba skala terbatas, uji coba produk skala luas, evaluasi dan revisi produk, uji coba produk revisi, dan reproduksi produk akhir. Pengembangan bahan ajar keterampilan membaca didasarkan pada pendekatan konstruktivisme topik profetik. Teks kloz digunakan untuk menentukan keterbacaan teks. Kuesioner digunakan untuk memvalidasi teks keterampilan membaca, menimbang indikator keterampilan membaca artikel, menimbang desain produk awal, dan menimbang kelayakan bahan ajar. Tes pilihan ganda digunakan untuk mengumpulkan data prates dan postes keterampilan membaca artikel pada uji coba skala luas. Data yang bersumber dari kuesioner dianalisis secara tematik; data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen teks kloz dianalisis menggunakan statistik deskriptif; rata-rata dan persen; Data keterampilan menulis artikel dianalisis dengan menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni mean dan persen. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah bahan ajar berjudul 'Teknik Membaca Artikel Ilmiah Jurnal Online Bermedia Google Form’, 42 halaman A4, time new roman, 2 kolom, pdf.
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Cetakan Kedua. Bandung: Rosda Remajakarya.
AR. Syamsudin & Damaianti, Vismain S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Awalia, I.; Pamungkas, A. S.; & Alamsyah, T. P. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal KREANO, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.
Bada, Steve O. (2015). Constructivism Learning Theory: A Paradigm for Teaching and Learning. Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), Volume 5, Issue 6 Ver. I, Nov. - Dec. 66-70.
Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, Vol. 2, No. 2, Desember 2013, hlm. 127-133.
Danoebroto, Sri W. (2015). Teori Belajar Konstruktivis Peaget dan Vygotsky. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 2(3), 191-198.
Dick, W; Carey, L; Carey, J.O. (2009). The Systematic Design of Instruction. Seventh Edition. New Jersey, USA: Pearson.
Elmustian & Razak, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Berpendekatan Konstruktivisme untuk Kelas X SMA/MA/SMK’. Laporan Penelitian Pengembangan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau.
Harjasujana, Ahmad S. & Damaianti, V.S. (2003). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.
Karo-Karo, Isran R. & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni, 91- 96.
Mahamod, Z. (2014). Inovasi P & P dalam Pendidikan Bahasa Melayu. Tanjong Malim, Perak, Malaysia: Universiti Pendidikan Sultan Idris.
Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.
Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Sudiati & Nurbayah. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Berdasarkan Strategi PLAN (Predict, Locate, Add, Note) untuk Kelas VII. Jurnal Litera. LITERA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 16(1), April, 114-128
Supardan, D. (2016). Teori dan Praktik Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jurnal Edunomic, Volume 4(1), Tahun 1-12.
Suparno, Paul. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, Volume 11, Nomor 1, Edisi Januari-Juli 2014, hlm. 131-144.
Wahidin, U. & Syaefuddin, A. 2018. Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-65.
Wardoyo, Sigit M. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme: Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta.
Waseso, Hendri P. (2018). Kurikulum 2013 dalam Perspektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), Januari 59-72.
Zakaria, Syahida N. (2015). Kesan Pendekatan Konstruktivisme dan Pendekatan Tradisional dalam Pengajaran dan Pembelajaran Komponen Sastera Bahasa Melayu (The Effectiveness of Constructivist Approach and Traditional Ap- proach in Teaching and Learning on Malay Language Literature Component). Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu – JPBM (Malay Language Education Journal – MyLEJ), 5(2) (November), 12-21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dyan Permata Yanda, Asriani Asriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.