Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi melalui Teknik Tes Opsi Unik dalam Satuan LKPD

Authors

  • Lindrawati SMA Negeri 2 Pulau Punjung, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.24

Keywords:

upaya meningkatkan keterampilan membaca, teks eksplanasi, teknik tes opsi unik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran keterampilan membaca teks eksplanasi dengan menggunakan teknik tes opsi unik. Penelitian dilakukan di semester ganjil 2021/2022. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPS-2 SMA Negeri 2 Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Mereka berjumlah 29 orang yang terbagi dari 13 lelaki dan 16 perempuan. Data prates dan postes keterampilan membaca teks eksplanasi dikumpulkan melalui teknik tes tertulis berbentuk pilihan ganda 4 opsi. Data kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran dikumpulkan melalui instrumen nontes yakni pedoman observasi. Semua instrumen penelitian memennuhi syarat validitas. Data keterampilan membaca teks eksplanasi dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Data perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dianalisis secara tematik. Temuan pertama, persiapan pembelajaran mencakup penyusunan LKPD yang berisi teknik tes opsi unik untuk teks eksplanasi berbasis profetik, RPP, tes pilihan ganda, dan pedoman observasi. Temuan kedua, 8 dari 19 siswa (42,11 persen) tuntas pada siklus I. Temuan ketiga, 11 siswa (100,00 persen) tuntas pada siklus II.

References

A.M, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Baharuddin & Wahyuni, Esa Nur. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Cetakan II. Yogyakarta: Arruz Media Grup.

Mufidah, Luk Luk Nur. 2017. ‘Mehamami Gaya Belajar untuk Meningkatkan Potensi Anak’. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak. Volume 1, Nomor 2, 2017, 246-260.

Majid, Abdul. 2017. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad, Maryam. 2016. ‘Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran’. Lantanida Journal, Volume 4, Nomor 2, 2016, 87-97.

Razak, Abdul. 2017. Teks Eksplanasi: Mediasi Akademik Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs. Pekanbaru: UR Press.

Razak, Abdul. 2021. Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Sidik, Zafar & Sobandi, A. 2018. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volumen 3, Nomor 2, Juli 2018, 190-198.

Suryaman, M. 2020. ‘Analisis Hasil Belajar Peserta Didik dalam Literasi Membaca melalui Studi Internasional (PIRLS) 2011’. Jurnal Litera, Vol. 4, No. 1, Tahun 2015, 170-186.

Widayanti, Febi Dwi. 2013. Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Jurnal Erudio, Volumen 2, Nomor 1, Desember 2013, 8-18.

Yamin, Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

Lindrawati. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi melalui Teknik Tes Opsi Unik dalam Satuan LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2), 161–172. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.24

Issue

Section

Articles