Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.25Keywords:
keterampilan menulis, teks eksplanasi, penelitian deskriptif-komparatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Penelitian berlangsung di semester ganjil 2021/2022. Populasi adalah para siswa kelas XI yang mensubmit tes keterampilan menulis teks eksplanasi di google form. Mereka berjumlah 164 orang yang terbagi dari 66 siswa peminatan MIPA dan 98 siswa peminatan IPS. Sampel 117 orang yang didasari kepada rumus yang dikembangkan Slavin. Sampel peminatan matematika dan IPA berjumlah 47 dan 70 siswa untuk peminatan IPS. Data keterampilan menulis teks eksplanasi dikumpulkan melalui teknik tes tertulis menggunakan fasilitas google form. Data menulis teks eksplanasi dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial. Hasil penelitian memperlihatkan keterampilan menulis teks eksplanasi berkategori sedang dengan pencapaian rerata sebesar 70,67 persen. Tidak terdapat perbedaan pencapaian keterampilan menulis teks eksplanasi berdasarkan kelompok sampel.
References
Andiyani, Novita dkk. 2016. ‘Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audio-Visual pada Siswa Sekolah Menengah Pertama’. Jurnal Basastra, Volume 4, Nomor 2, Oktober 2016, 161-174.
Apriyani, Neng Nida. 2019. Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Film-Skrips pada Siswa Kelas XI MAN 6 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Diksatrasia, Volume 3, Nomor 2, Juli 2019, 60-74.
Baharuddin & Wahyuni, Esa Nur. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Cetakan II. Yogyakarta: Arruz Media Grup.
Damaianti, Vismaia S. & Abidin, Yunus. 2020. ‘Penggunaan Model Brainwriting dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi’. Proseding: Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV Tahun 2020, 293-300.
Damayanti, Welsi dkk. 2017. ‘Students Need of Indonesian Language’s Teaching Materi- als as General Compulsory Subject in School Sciences and Natural Sciences Cluster. Proceding Science and Technol- ogy Publications’. Scitepress, DOI 10.5220/0007174007260730, 726-730.
Ramadani, Anisa. 2021. ‘Implementasi Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru’. Skripsi. Pekanbaru: Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Iljmu Pendidikan, Universitas Riau.
Razak, Abdul. 2017. Teks Eksplanasi: Mediasi Akademik Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs. Pekanbaru: UR Press.
Razak, Abdul. 2018. Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual, Edisi VII. Pekanbaru: Ababil Press.
Reni, Santi Asti . 2018. ‘Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru’. Skripsi. Pekanbaru: Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Iljmu Pendidikan, Universitas Riau.
Syihabuddin. 2014. ‘Struktur Ilmu Pendidikan Is- lam’. Model-Model Pembelajaran Berbasis Nilai Islam. Editor: Syihabuddin. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Yulistiani, D. & Indihadi, Dian. 2020. ‘Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri’. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 7, Nomor 3, 228-234.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Welsi Damayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.