Peningkatan Keterampilan Menemukan Pokok Pikiran Paragraf Profetik melalui Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan LKPD

Authors

  • Muhammad Yamin SD Negeri 001 Lingga, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Faridah SD Negeri 001 Lingga, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.251

Keywords:

keetrampiln menemukan pokok pikiran, pendekatan konstruktivisme, LKPD

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menemukan pokok pikiran dalam paragraf profetik. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas SD Negeri 001 Lingga, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan penelitian berlangsung di semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruktivisme menggunakan media LKPD. Fase dalam pendekatan konstruktivisme: orientasi, pencetusan ide, rekonstruksi ide, aplikasi ide, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini para siswa kelas 5 SD Negeri 001 Lingga, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau yang belum tuntas dalam pembelajaran reguler. Mereka berjumlah 13 dari 22 siswa. Instrumen penelitian ini: 1) LKPD berisi kaidah tentang paragraf yakni gagasan/kalimat pokok dan gagasan/kalimat pendukugn yang disusun menurut fase Needham dalam pendekatan konstruktivisme; 2) RPP peningkatan keterampilan menemukan pokok pikiran dalam pragraf profetik; 3) alat rekaman untuk observasi pembelajaran pelaksanaan tindakan; 4) instrumen tes keterampilan menemukan pokok pikiran dalam paragraf profetik. Data keterampilan menemukan pokok pikiran dalam paragraf profetik dianalisis menggunakan perinp mean dan persen yakni suatu ukuran statistik deskriptif. Data proses pembelajaran dianalsis secara tematik.
Untuk siklus 1 menghasilkan 8 siswa tuntas dalam pembelajaran dan untuk siklus 2 berhasil menuntas para siswa untuk mencapai KKM 75,00.

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azhabi, I. (2013). Ringkasan Shahih Bukhari. Penerjemah: Harun dan Zenal Mutaqin. Editor: Tedi Ruhiat, Zenal Mutaqin, dan Candra Kurniawan. Bandung: Jabal.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Jasin, Zurainu Mat & Shaari, Abdull Sukor. (2012). Keberkesanan Model Konstruktivisme Lima Fase Needham dalam Pembelajaran Komsas Bahasa Melayu. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu Malay Language Education Journal (MyLEJ). 1(1), 79-92.

Karo-Karo, Isran R. & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni 2018, 91- 96.

Katsir, I. (2010). Kisah Para Nabi dan Rasul, Cetakan IV. Penerjemah: Abu Huzaifah. Editor: Abdul Basith Abdul Aziz. Jakarta: Pustaka as-Sunnah.

Komang T. Dewa dkk. (2004). Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi.

Mahamod, Zamri. (2014). Inovasi P & P dalam Pendidikan Bahasa Melayu. Tanjong Malim, Perak, Malaysia: Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Nair, S. & Muthiah, M. (2005). Penggunaan Model Konstruktivisme Lima Fasa Needham dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidik dan Pendidikan, Volume 20, Nomor 2, 2005, 21-41.

Razak, Abdul. (2006). Membaca Lanjut: Alternatif Pengajaran di Sekolah Dasar. Pekanbaru: UR Press.

Razak, Abdul. 2019. How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Elementary School. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, Abdul. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Razak, Abdul. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Rusnah. (2022). Upaya Meningkatkan Gagasan Bacaan melalui Pemaknaan Leksikal: Supervisi Klinik Kepala Sekolah di Kelas 4 SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.26

Satria, & Suntoko. (2022). Pembelajaran Kemampuan Menggali Isi Teks Eksplanasi melalui Teknik Kloz di Kelas VI SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.14

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), Januari-Juli, 131-144.

Wardoyo, Sigit M. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme: Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Waseso, Hendri P. (2018). Kurikulum 2013 dalam Perspektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Volume 1, Nomor 1, Januari 2018, 59-72.

Downloads

Published

2023-03-02

How to Cite

Yamin, M., & Faridah. (2023). Peningkatan Keterampilan Menemukan Pokok Pikiran Paragraf Profetik melalui Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.251

Issue

Section

Articles