Jenis Teks Naratif Unggulan menurut Penilaian Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Jambi

Authors

  • Mirda Rozalina SMA Negeri 5 Kota Jambi, Jambi, Indonesia
  • Sumi Harti Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia, Universitas Batang Hari, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.256

Keywords:

teks naratif, unggulan, penilaian, siswa kelas 10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) teks naratif unggulan pilihan para siswa kelas XI; 2) sama-tidaknya teks naratif unggulan pilihan para siswa kelas XI menutut perbedaan kelas paralel. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian berlangsung di awal semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Populasi penelitian berjumlah 100 siswa kelas XI yang terbagi dari 24 siswa kelas XI IPA-1, 24 siswa kelas IX IPA2, kelas XI IPS1 sejumlah 26 ssiwa, dan kelas XI IPS2 sejumlah 26 siswa; merupakan para siswa yang melakukan submit kuesioner di google form. Kelas XI dipilih karena mereka sudah menerima informasi semua teks naratif yang terdapat dalam buku utama pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA/SMK/MA. Sampel ditetapkan sebanyak 00 siswa. Jumlah ini terbagi dari 18 siswa kelas XI IPA-1, kelas IX IPA2 sejumlah 18 siswa, kelas XI IPS1 sejumlah 22 siswa, dan kelas XI IPS2 sejumlah 22 siswa. Setiap anggota sampel ditarik secara random dari setiap anggota populasi dengan teknik tanpa pengembalian. Instrumen penelitian ini bebentuk kuensioner melalui fasilitas google form yang berisi 6 jenis teks naratif yang harus dipilih satu jenis oleh anggota sampel. Teks naratif itu adalah teks eksposisi, teks laporan hasil observasi, teks cerpen faktual, teks cerpen fiktif, teks anekdot, dan teks negosiasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif melalui distribusi frekuensi dalam perspektif modus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modus pilihan utama para siswa adalah teks eksposisi. Tidak terdapat perbedaan pilihan utama teks naratif menurut kelompok sampel.

References

Anafiah, S. (2015). Pemanfaatan Cerita Rakyat sebagai Alternatif Bacaan bagi Anak. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 1, Nomor 2, Januari 2015, hlm. 128-133.

Andriyani, S. S. . (2022). Penyusunan Tes Pilihan Ganda Keterampilan Membaca Teks Eksposisi: Supervisi Klinik Kepala Sekolah Bermetode Workshop. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 215–226. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.31

Elmustian, Razak, A, Syafrial. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Berpendekatan Konstruktivis-me untuk Siswa Kelas X SMA/MA/SMK. Pekanbaru: FKIP Universitas Riau.

Erlina; Andriyani, Sy. S; & Erlina. 2023. The Inventory of Lingga History-Based Folklore Enrichment Teaching Materials for High School Students. Discussant: Journal of Language and Literature Learning, 1(1), 47-60.

Ernawaty; Yetti, Elinas; & Hapitriani. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Diskusi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Rejang Lebong, Jurnal Didaktika Pnedidikan Dasar, 2(3), Oktober 2019, 435-456.

Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. Norman; Hyun, Helen H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Juriati, & Fitrianingrum, E. (2022). Pesan Utama Cerpen Profetik menurut Interpretasi Siswa SMA Negeri 2 Senayang, Kabupaten Lingga. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 585–594. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.142

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Malik, Ranbir Singh & Hamied, FuadAbdul. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researches. Bandung: UPI Press.

Marta, F., & Salman Alqo, D. (2022). Kemampuan Membaca Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA: Pendekatan Dua Bahasa. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 53–64. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.13

Nilfa Y.; Ramadhanti, D,; & Laila, A. 2022. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1) 93-102.

Padaameen, S., Pauji, R. R., & Hassan, N. R. N. (2022). Keterbacaan dan Kelogisan Cerita Humor ‘Tangga Sakti’ menurut Penilaian Mahasiswa Indonesia dan Thailand. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(3), 311–320. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.46

Putri, Astri L.; Yulistio, Didi; & Utomo, P. (2021). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi.pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Seluma. Jurnal Ilmiah Korpus, Vol. 5(1), 2021, 45-51.

Rasdana, O., Padaameen, S., Elfitra, L., & Hassan, N. R. N. (2022). Kedidaktisan Cerita Rakyat ‘Tupai dan Buaya’ menurut Interpretasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 677–684. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.193

Razak, Abdul. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, Abdul. (2010). Penelitian Kependidikan: Deskripsi, Eksposisi, dan Argumentasi. Pekanbaru: Autografika.

Razak, Abdul. 2019. How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Elementary School. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, Abdul. (2021). Kapal Tanker: Kumpulan Cerita Humor Yong Dolah dan Analisis Singkat. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Rochmiyati, Amelya Rizcki Agusta dan Siti. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Dengan Media Audio-Visual Pada Siswa Kelas X TSM 1 SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Pembelajaran 2014/2015.” Cakara, vol. 2, no. 2, 72–83.

Sabarani & Razak, Abdul. (2023). Reproduksi, Tokoh, dan Amanat ‘Sengkang Kera’: Tinjauan Kepustakaan Kumpulan Cerita Rakyat Kabupaten Lingga. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 1, Nomor 1, Januari 2023, 17-40.

Said, Iscan Ilham Nur & Pratama, Reka Yudha. (2019). Analisis Kesulutan Belajar Teks Anekdot dengan Strategi Genius Learning. Parale: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 2, Nomor 2, Maret 2019, 145-152.

Saufan Hilmi, H., & Harti, S. (2022). Detil Cerita Humor Yong Dolah dan Pemanfaatanya dalam Perencanaan Pembelajaran Membaca Teks Anekdot: Riset Kepustakaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 235–242. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.30

Setiawan, N. 2007. Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Sholehhudin, dkk. (2020).“Analisis Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas X.” Jurnal Pendidikan Edutama, vol. 5, no. 1, 2020, 1–9.

Syifa, Fadilah Falah (2020). Efektivitas Literatur Pilihan Siswa dan Guru dalam Membaca Teks Naratif pada Ssiwa dengan Motivasi Tinggi dan Rendah. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 37-46. https://doi.org/10.52796/jpnu.v1i1.5

Suhana, P., Erlina, & Thahir, A. (2022). Amanat Teks Anekdot ‘Anak Anjing’ menurut Interpretasi Siswa. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 75–84. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.19

Suharti. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Teks Anekdot dengan STAD dan Make a Match pada Siswa Kelas X SMA, Jurnal LOA, Volume 14, Nomor 1,Juni 2019, 55-66.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Wati, Erdila; Elmustian; Auzar. 2019. Karakteristik Budaya Melayu dalam Kumpulan Cerita Yong Dolah versi Abdul Razak, Jurnal Tuah: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, Volume 1, Nomor 1, Juni 2019, 51-58.

Yulia. (2014). Efektivitas teknik clustering dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS UPI, Bandung

Downloads

Published

2023-03-02

How to Cite

Rozalina, M., & Harti, S. (2023). Jenis Teks Naratif Unggulan menurut Penilaian Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 265–272. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.256

Issue

Section

Articles