Upaya Meningkatkan Gagasan Bacaan melalui Pemaknaan Leksikal
Supervisi Klinik Kepala Sekolah di Kelas 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.26Keywords:
memahami gagasan bacaan, pemaknaan leksinal, supervisi klinik kepala sekolahAbstract
Supervisi klinik kepala sekolah terhadap para guru di lingkungannya bidang pembelajaran merupakan kegiatan strategis. Bagi guru, kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat mengamati langsung prosedur pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah. Bagi kepala sekolah, kegiatan ini bermanfaat untuk memenuhi tugas dan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor. Supervisi klinik berbentuk pembelajaran bertujuan meningkatkan gagasan bacaan melalui pemaknaan leksikal pada semester genap 2021-2022 di kelas IV SD Negeri 026 Pancur, Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Sasaran utama pembelajaran adalah kegiatan supervisi klinik terhadap guru kelas IV tentang cara meningkatkan pemahaman gagasan bacaan melalui pemaknaan leksikal. Subjek penelitian lainnya adalah 12 siswa dari 21 siswa yang belum memahami gagasan bacaan dan seorang guru kelas IV yang sekaligus bertindak sebagai observer. Instrumen penelitian: 1) tes objektif tentang pemahaman gagasan bacaan; 2) LKPD; 3) RPP; 4) pedoman observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa; 5) kuesioner pernyataan guru tentang pemahaman materi supervisi. Semua instrumen memenuhi syarat validitas isi. Data dikumpulkan dalam pembelajaran konvensional di bulan awal Februari 2022 untuk 2 kali pertemuan. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan: 1) para guru kelas 4 menyatakan dapat mengikuti prosedur mengajar untuk kegiatan inti seperti yang diperagakan oleh kepala sekolah; 2) tujuh dari 12 siswa (53,88 persen) tuntas memahami gagasan bacaan pada siklus I dan
sisanya tuntas pada siklus II melalui LKPD pada KKM 77,00.
References
A.M, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ali, Lukman. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Basuki, Imam Agus. 2011. Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Berdasarkan Tes Internasional dan Tes Lokal. Jurnal Bahasa dan Seni, Volume 39, Nomor 2, Agustus 2011, 202-212.
Fadila; Arafik, Muhammad; & Kartini, Harti. 2020. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Metode SQ3R Siswa Kelas V SDN 03 Wirotoman Kecamatan Ampel Gading Kabupaten Malang. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 5, No. 2, Oktober 2020, 1,
-143, 173-180.
Dewi, Kartini & Yuhana. 2019. Peran Kepala Sekolah dalam Mensukseskan Program Literasi. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 4, Nomor 2, 2019, 137-144.
Kartini & Susanti. 2019. Supervisi Klinis oleh Kepala Sekolah terhadap Kualitas Pembelajaran. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 4, Nomor 2, 2019, 160-160.
Katsir, Ibnu. 2008g. Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 7. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: Abdul Basith Abd. Aziz. Jakarta: Pustaka asSunah.
Katsir, al-Hafiz Ibnu. 2012. Kisah Para Nabi dan Rasul. Cetakan VI. Penerjemah: Abu Huzaifah. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.
Razak, Abdul. 2013. Indahnya Bahasaku. Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas 4 SD/MI. Pekanbaru: UR Press.
Razak, Abdul. 2010. Penelitian Kependidikan: Deskripsi, Eksposisi, dan Argumentasi Pekanbaru: Autografika.
Razak, Abdul. 2021. Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, Abdul. 2021. How to Teach Your Student to Read the Text: Student Worksheets Bank in Learning to Read in Elementary School.
Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Rusnah. 2022. Pembelajaran Membaca Permulaan Bermedia LKPD Berbasis Supervisi Klinik Kepala Sekolah. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022, 11-22.
Winarni, Sri. 2017. Supervisi Administrasi untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual Volume 2, Nomor 3, Agustus 2017, 335343.
Yazid, Hendri dkk. 2021. The Principal’s Supervision to Improve Teacher Professionalism. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), Volume 5, No. 3, Juli 2021, 137-143.
https://ainamulyana.blogspot.com/2015/05/
https://www.popbela.com/career/inspiration/romi-subhan/hadis-tentang-sedekah/8
https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kecamatan_dan_kelurahan_di_Kabupaten_Indragiri_Hilir
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rusnah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




