Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Diskusi Berbasis Bahan Ajar Alternatif di Kelas IX MTs
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.28Keywords:
keterampilan membaca, teks diskusi, bahan ajar alternatifAbstract
Penelitian tidakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) aspek perencanaan pembelajaran keterampilan membaca teks diskusi melalui penggunaan bahan ajar alternatif dalam penelitian tindakan kelas; (2) prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca teks diskusi melalui penggunaan bahan ajar alternatif; dan (3) besaran peningkatan keterampilan membaca teks diskusi melalui penggunaan bahan ajar alternatif dalam penelitian tindakan kelas per siklus. Penelitian dilaksanakan di kelas IX.3 MTs Negeri 1 Indragiri Hulu pada awal semester genap 2021/2022. Intrumen penelitian mencakup: (1) tes formatif keterampilan membacateks disksusi; (2) bahan ajar alternatif keterampilan membaca teks diskusi; (3) RPP; dan (4) pedoman observasi untuk guru dan siswa. Data keterampilan membaca teks diskusi dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni modus, mean, dan persen. Data prosedur pembelajaran keterampilan membaca teks diskusi berbasis bahan ajar dianalisis secara tematik. Dihasilkan seperangkat bahan ajar keterampilan membaca teks diskusi berisi tunjuk ajar tentang teks diskusi daria segi struktur dan kebahasaan teks. Penelitian tindakan kelas memerlukan 2 siklus masingmasing hanya sekali pertemuan 1 x 45 menit. Terdapat 13 siswa tuntas pada siklus pertama dari 22 siswa yang belum tuntas pada masa orientasi. Jumlah ini setara dengan 59,10 persen. Untuk siklus 2, ditemukan 9 siswa tuntas dari 9 siswa yang belum tuntas pada siklus 1.
References
Elmustian & Razak, A. 2021. Menulis Pantun: Bahan Ajar Pengayaan Bahasa Indonesia Berintegrasi Teks Naratif untuk Kelas X SMA/MA/SMK. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Dewi, Rosa Sari; Heryana, Nanang; & Muzammil, Ahmad Rabiul. 2017. Peningkatan Menulis Teks Diskusi Menggunakan Model Problema Based Learning di SMP Negeri 2 Pontianak. Khatulistiwa Jurnal Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 6, Nomor 4, Mei 2017, 1- 12.
Hermandra; Mustafa, M. Nur; & Zulhafizh. 2021. Pemaknaan Peribahasa Berbasis Semantik Inkuisitif:Bahan Ajar Pengayaan Bahasa Indonesia untuk Kelas X SMA/SMK/MA. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Katsir, Ibnu. 2008. Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 7. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Edi- tor: Abdul Basith Abd. Aziz. Jakarta: Pustaka as-Sunah.
Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia untuk Kelas IX SMP/MTs: Edisi Revisi.. Reviuwer: Cut Nilawati Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Razak, Abdul. 2010. Penelitian Kependidikan: Deskripsi, Eksposisi, dan Argumentasi. Pekanbaru: Autografika.
Razak, Abdul. 2020. Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, Abdul. 2019a. How to Teach Your Student to Write: Student Worksheets Bank in Learning to Write in Junior High School. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, Abdul. 2021. Bahasa Indonesia versi Perguruan Tinggi. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Rekhyani, Putri Siti, Kosasih, E.; & Harras, Kholid Abdullah. 2019. Teks Diskusi sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Majalengka (Kajian Deskriptif Kualitatif terhadap Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan dalam Kegiatan Pembelajaran Berbasis Genre), Jurnal Metabahasa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 2, Nomor 2, Juni 2019, 14-34.
Wahyuningrum, Tri, Zulaeha, Ida; & Syaifudin, Ahmad. 2018. Keefektifan Pembelajar- an Menyusun Teks Diskusi Bermuatan Multikultural Menggunakan Model Inkuiri Sosial dan Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Volume 6, Nomor 2, Desember 2018, 208-216.
Wandira, Ayu; Rusminto, Nurlaksana Eko; & Suliani, Ni Nyoman Wetty. 2020. Pembelajaran Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Jurnal Kata: Bahasa dan Pembelajarannya, Volume 3, Nomor 3, Mei 2015, 1- 12.
Yudiarmika, Ni Kd Dewi; Sudiana, Nyn; & Putray, I.B. 2018. Pembelajaran Menyusun Teks Diskusi dan Teks Ulasan Berpendekatan Saintifik pada Siswa Kelas VIII A1 di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 7, Nomor
, Oktober 2018, 44-54.,
https://www.99.co/blog/indonesia/contoh-teks- diskusi-singkat/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Andri Indariawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




