Keterampilan Menyelesaikan Aritmatika Sosial dan Membaca Paragraf Faktual Siswa Kelas 7 SMP Negeri 63 Batam

Authors

  • Rismaini Rivai SMP Negeri 63 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Nur Okni Hartani SMP Negeri 63 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.287

Keywords:

keterampilan menyelesaikan soal aritmatika, membaca, bahan ajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan aritmetika sosial; 2) sama-tidaknya keterampilan aritmetika sosial; 3) keterampilan membaca paragraf faktual; 4) sama-tidaknya keterampilan membaca paragraf faktual; 5) hubungan antara keterampilan menyelesaikan soal aritmetika sosial dan keterampilan membaca paragraf faktual. Penelitian dilaksanakan di semester genap 2022/2023. Populasi penelitian adalah para siswa kelas 7 SMP Negeri 63 Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Populasi berjumlah 237 siswa yakni para siswa yang mengikuti 2 jenis tes. Jumlah ini terbagi dari 40 siswa kelas 7.1, 39 siswa kelas 7.2, 40 siswa kelas 7.3, 39 siswa kelas 7.4, 39 siswa kelas 7.5, dan 40 siswa kelas 7.6. Sampel ditetapkan 144 yang ditarik secara random dari setiap kelompok populasi; setiap kelas berjumlah sampel yang sama yakni 24 siswa yang ditarik secara random sederhana dari setiap anggota populasi. Instrumen penelitian berbentuk tes esai untuk data keterampilan arimatika sosial dan tes kloz untuk data keterampilan membaca paragraf faktual. Data dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yakni uji t satu sampel untuk menjawab rumusan masalah-1 dan rumusan masalah-3, uji Anova searah untuk menjawab rumusan masalah-2 dan rumusan masalah-4, dan uji korelasi product-moment untuk menjawab rumusan masalah-5. Semua penghitungan statistik inferensial parametrik menggunakan aplikasi SPSS. Penelitian ini menghasilkan: 1) keterampilan aritmatika sosial tuntas mencapai KKM 70,00; 2) tidak terdapat perbedaan keterampilan aritmetika sosial per kelompok sampel; 3) keterampilan membaca paragraf faktual mencapai KKM 70,00; 4) tidak terdapat perbedaan keterampilan membaca paragraf faktual per kelompok sampel; 5) hubungan antara keterampilan menyelesaikan soal aritmetika sosial dan keterampilan membaca paragraf faktual menghasilkan nilai r = 0,823 (hubungan tinggi).

References

Agustinsa, R., Fajriani, R., Susanto, E., Yensy , N. A., Siagian, T. A., & Stiadi, E. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 362–371. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.362-371

Andriani, S., Rusdi, R., & Yensy B, N. A. (2021). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 190–201. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.190-201

Charolina, H. F., Susanta, A., Muchlis, E. E., & Utari, T. (2021). Pengaruh MOdel Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 347–358. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.3.347-358

Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. Norma; Hyun, Helen H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Handholiza, H. F., Maizora, S., Agustinsa, R., & Susanto, E. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Peserta Didik Kelas VIII 2 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 337–346. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.3.337-346

Hariyati, S. (2022). Komparasi antara Penguasaan Soal Cerita Matematika dan Membaca Instruksi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.1

Hidayati, L. N., Muchlis, E. E., Rusdi, R., & Siagian, T. A. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan Pembelajaran Saiantifik terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 371–381. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.3.371-381

Herdiman, I. dkk. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Elemen, Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 216–222. DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.539

Indariawan, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Diskusi Berbasis Bahan Ajar Alternatif di Kelas IX MTs. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 203–214. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.28

Indariawan, A., Ismail, H., & Hilmi, H.S. (2022). Pengembangan Teks Kloz sebagai Teknik Pembelajaran Keterampilan Membaca Cerpen Faktual Profetik di SMP/MTs. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 651–660. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.147

Juriati, J. & Muhamad, D. (2022). Efektivitas Teknik Substitusi Numerik dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 85–92. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.1

Khairul. (2022). Penyusunan Paragraf Berbasis Profetik melalui Teknik Pelatihan: Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 807–818. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.210

Laili, N., Purwanto, S. E., & Alyani, F. (2019). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Berbantu LKPD terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 6 Depok. International Journal of Humanities, Management and Social Science, 2(1), 14–37. https://doi.org/10.36079/lamintang.ij-humass-0201.20

Malinda, G. (2021). Penerapan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ma Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(JP2MS), 139–146. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.139-146

Nazareth, E., & Mukhlis, Mohammad. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 65-74. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.81

Nurfadhilah & Amir MZ, Zubaidah. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa SMP. Jurnal Elemen, Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 171–182. DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.714

Ridwan, R.; Zulkardi; & Darmiwijoyo. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aritmatika Sosial Berbasis Problem Based Learning di Kelas VII. Jurnal Elemen, Program Studi Pendidikan Matematika, 2(2), 92–115. DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v2i2.180

Supriadi, H. (2022). Penyusunan Teks Kloz sebagai Teknik Pembelajaran Terpadu: Supervisi Kepala Sekolah terhadap Guru Kelas Tinggi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 853–864. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.216

Malik, Ranbir Singh & Hamied, Fuad A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researches. Bandung: UPI Press.

Razak, A. (2018a). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2018b). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2020). How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Senior High School. Pekanbaru: Ababil Press.

Sa’adah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Berbasis Matematika melalui Teknik Tes Pilihan Ganda Menggunakan Media Alternatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 213–222. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.248

Sabariah, & Norisah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksposisi melalui Media LKPD Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.252

Setiawan, N. (2007). Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Syamsuddin & Damaianti. 2011. Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, A., Hanifah, H., Muchlis, E. E., & Siagian, T. A. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika {eserta Didik Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Pendekatan Saintifik di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 359–370. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.3.359-370

Wulandari, F., & Murtiyasa, B. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Penyelesaian Soal HOTS Materi Aritmatika Sosial. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 150-164. doi:10.31100/histogram.v7i1.2608

Yamin, M., & Faridah. (2023). Peningkatan Keterampilan Menemukan Pokok Pikiran Paragraf Profetik melalui Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.251

Yulisa, I., Muchlis, E. E., Yensy, N. A., & Utari, T. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 382–391. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.3.382-391

Utami, Y., Siagian, T. A., Utari, T., Agustinsa, R., & Susanta, A. (2022). Diagnosis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Negeri 21 Lebong. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 398–409. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.398-409

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Rivai, R., & Hartani, N. O. (2023). Keterampilan Menyelesaikan Aritmatika Sosial dan Membaca Paragraf Faktual Siswa Kelas 7 SMP Negeri 63 Batam . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 379–390. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.287

Issue

Section

Articles