Keefektifan Teknik Debat untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Baru
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.29Keywords:
teknik debat, penyusunan karya tulis ilmiah, bentuk teks debatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan teknik debat dalam pembelajaran keterampilan menulis teks debat. Penelitian menggunakan metode quasi-eksperimen via one group pretest-posttest design. Subjek penelitian 29 mahasiswa semester II STIT At-Taqwa Ciparay Bandung. Instrumen penelitian terdiri atas tes unjuk kerja keterampilan menulis teks debat, LKM keterampilan menulis teks debat melalui teknik debat, dan RPS terkait. Prosedur penelitian adalah pelaksanaan pretes keterampilan menulis teks debat sebelum perlakuan, pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks debat melalui teknik debat, dan postes keterampilan menulis teks debat. Untuk mengetahui efektivitas teknik debat dalam pembelajaran keterampilan menulis teks debat dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik yakni uji t sampel berpasangan melalui SPSS. Hal ini dilakukan karena semua uji asumsi yakni uji nomalitas dan uji homogenitas terpenuhi. Uji t satu sampel data prates sebesar -1,114. Nilai t tabel pada 0,95 dan dk 27 sebesar 1,703 maka -1,114 < 1,703. Karenanya, Ho diterima. Dengan demikian, perkiraan mean prates keterampilan menulis teks debat maksimal 32 (64,00%) terhadap hasil prates keterampilan menulis teks debat 31,71 (63,43%) ternyata benar berkategori rendah. Uji t satu sampel untuk data postes sebesar -0,756. Nilai t tabel pada 0,95 dan dk 27 sebesar 1,703 maka t = 0,756 < 1,703. karenanya, Ho diterima. Dengan demikian, perkiraan mean postes keterampilan menulis teks debat maksimal 40 (80,00%) terhadap hasil postes keterampilan menulis teks debat 40,21 (80,43%) ternyata benar; berkategori tinggi. Uji t sampel berpasangan = 46,381. Nilai ini berada pada sig. 0.00 < nilai alpha 0,05. Dengan demikian, Ho ditolak. Kesimpulannya, teknik debat efektif terhadap pembelajaran keterampilan menulis teks debat bagi mahasiswa semester IV STIT At-Taqwa Ciparay Bandung.
References
Ali, Lukman. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Elmustian & Razak, Abdul. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Berpendekatan Konstrruktivisme untuk Siswa Kelas X SMA/MA/SMK. Laporan Penelitian. Pekanbaru: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pndidikan.
Franekl, Jack R.; Wallen, E. Norma; Hyun, Helen H. 20212. Hor to Design andEvaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill
Ernawaty; Yetti, Elinas; Hapitriani. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Diskusi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Rejang Lebong, Jurnal Didaktika Pnedidikan Dasar, Volume 2, Nomor 3, Oktober 2019, 435-456.
Razak, Abdul. 2015. Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Edisi III. Pekanbaru: Autografika.
Razak, Abdul. 2019a. How to Teach Your Student to Read: Student Worksheets Bank Learning to Read in Senior High School. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, Abdul. 2019b. How to Teach Your Student to Write: Student Worksheets Bank Learning to Write in Senior High School. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
https://jurnalbidandiah.blogspot.com/2012/04/model-pembelajaran-debat.html diakses pada 19 Februari 2022 pukul 23.28.
https://serupa.id/teks-debat/ diakses pada 20 Februari 2022 pukul 00,19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yulis Sulistiana Dewi, Nurhasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




