Penilaian Siswa terhadap Pembelajaran Membaca Teks Negosiasi Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme melalui Media LKPD

Authors

  • Bobi Ardiansyah SMK Negeri 06 Seluma, Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.299

Keywords:

penilaian siswa, pembelajaran membaca, teks negosiasi, pendekatan konstruktivisme, media LKPD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) penilaian siswa terhadap pembelajaran membaca teks negosiasi menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui media LKPD; 2) sama-tidaknya penilaian siswa terhadap pembelajaran membaca teks negosiasi menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui media LKPD per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di semester genap 2022/2023. Populasi adalah para siswa kelas X SMA Negeri 2 Kapahiang, Bengkulu. Populasi berjumlah 40 siswa kelas X SMK Negeri 06 Seluma, Bengkulu. Jumlah ini terbagi dari 18 siswa jurusan Multimedia, 17 siswa Jurusan Teknik Komputer Jaringan, dan 5 siswa Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura. Penelitian ini menggunakan sampel total yakni semua anggora populasi diikutserta sebagai anggota sampel. Instrumen utama penelitian deskriptif ini adalah kuesioner tentang penilaian siswa dalam pembelajaran teks negosiasi menggunakan pendekatan konstuktivisme melalui media LKPD. Kuesioner disusun mengikuti prosedur objektif dan sistematis sehingga memenuhi syarat validitas isi. Kuesioner pendukung: 1) LKPD yang berisi 5 fase pembelajaran yakni: orientasi, pencetusan ide, rekonstruksi ide, aplikasi ide, dan refleksi; 2) RPP pembelajaran teks negosiasi menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui media LKPD. Data yang diperoleh melalui kuesioner dianalisis menggunakan prosedur stastistik deskriptif melalui prinsip modus dan persen. Hasil penelitian: 1) penilaian siswa terhadap pembelajaran membaca teks negosiasi menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui media LKPD berkategori jawaban sangat suka; 2) tidak terdapat perbedaan penilaian siswa terhadap pembelajaran membaca teks negosiasi menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui media LKPD. 

References

Afriza, A., & Zulfadhli, M. (2022). Peringkat Cerita Rakyat ‘Patahnya Gunung Daik: Kumpulan Cerita Rakyat Kepulauan Riau’ menurut Persepsi Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 623–638. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.145

Al-Mishri, Syaikh Mahmu. 2012c. Sahabat-Sahabat Rasulullah SAW. Jilid 3. Penerjemah: Izzudin Karimi. Editor: Mohammad Syuaeb Al-Faiz. Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Editor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Awalia, I.; Pamungkas, A. S.; & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal KREANO, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. Norma; Hyun, Helen H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Giyanto & Ghoni, A. (2020). Developing Virtual Smart Fraction Media based on Adobe Flash for Learning Fraction in Mathematics. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 927-933. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i6.8003.

Herayanti, L. dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 37, Nomor 2, Juni, 210-219.

Karo-Karo, Isran R. & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni, 91- 96.

Katsir, I. 2008f. Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 6. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Mahamod, Z. (2014). Inovasi P & P dalam Pendidikan Bahasa Melayu. Tanjong Malim, Perak, Malaysia: Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-35.

Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi, Abstrak, 6(2301), 79-83.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.

Razak, A. (2015). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2018). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.

Rozalina, M., & Harti, S. (2023). Jenis Teks Naratif Unggulan menurut Penilaian Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 265–272. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.256

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), Januari-Juli, 131-144.

Wahidin, Unang & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-65. DOI:10.30868/ei.v7i01.222

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Ardiansyah, B. (2023). Penilaian Siswa terhadap Pembelajaran Membaca Teks Negosiasi Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme melalui Media LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 575–584. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.299