Detil Cerita Humor Yong Dolah dan Pemanfaatanya dalam Perencanaan Pembelajaran Membaca Teks Anekdot

Riset Kepustakaan

Authors

  • Hubbi Saufan Hilmi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Khairun, Maluku Utara, Indonesia
  • Sumi Harti Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Batanghari, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.30

Keywords:

cerita humor Yong Dolah, perencanaan pembelajaran, teks anekdot, studi kepustakaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) detil cerita humor Yong Dolah; (2) perencanaan pembelajaran membaca teks anekdot. Penulisan artikel ini menggunakan metode perpustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah ini adalah teknik dokumentasi dan teknik kuesioner untuk memvalidasi data perencanaan kegiatan belajar-mengajar. Untuk mendapatkan data detil cerita humor Yong Dolah digunakan data yang bersumber dari buku berjudul ‘Kapal Tanker: Kumpulan Humor Yong Dolah dan Analisis Singkat’. Buku ini diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain Tahun 2021 ISBN 978-623-97390-0-3. Validasi data cerita humor dilakukan dengan sistem validasi waktu terhadap setiap cerita humor yang diperoleh. Validasi data perencanaan kegiatan belajar-mengajar menggunakan kuesioner sistem progresif yang dikirimkan kepada tim penimbang ahli. Pertama, hasil penelitian kepustakaan mendeskripsikan 5 teks cerita humor Yong Dolah; masungmasing berjudul: 1) Tangga Sakti; 2) Gulai Nangka; 3) Kapten Kapal; 4) Madu Lebah; 5) Kelabau Bodoh. Kedua, ditemukan 16 kegiatan belajar-mengajar untuk kelas X SMA/SMK/MA untuk kompetensi membaca teks anekdot. Kegiatan itu terbagi dari 3 kegiatan awal yang divalidasi hanya sekali oleh setiap penimbang, 10 kegiatan inti yang divalidasi sebanyak 2 kali oleh setiap penimbang, dan 3 kegiatan akhir yang divalidasi hanya sekali oleh setiap penimbang untuk mendapatkan nilai sempurna 4.

References

Fraenkel, Jack R.; Wallen, Norman E.; Hyun, Helen H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education. Eigth Edition. New York: McGraw-Hill.

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rohaeni, Eni & Sugiharti, Rini Endah. 2022. Peningkatan Kemampuan Membaca Kata Dasar Tanpa Konsonan Rangkap Menggunakan Metode Struktur Plus. Jurnal Pembahas, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022, 103-110.

Razak, Abdul. 2020. Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Razak, Abdul. 2021. Kapal Tanker: Kumpulan Cerita Humor Yong Dolah dan Analisis Singkat. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Rethusa, Vika; Lusa, Herman; Hasnawati. 2020. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN Kota Bengkulu, Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, Volume 3, Nomor 3, Desember 2020, 391-401.

Said, Iscan Ilham Nur & Pratama, Reka Yudha. 2019. Analisis Kesulutan Belajar Teks Anekdot dengan Strategi Genius Learning. Parale: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 2, Nomor 2, Maret 2019, 145-152.

Siregar, Junifer. 2019. Penerapan Model Pembelajran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMK Kesehatan Tridarma Pematang Siantar. Bahastra: Jurnla Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 3, Nomor 2, Maret 2019, 206-204.

Suhana, Prihatin; Erlina; & Thahir, Asriani. 2022. Amanat Teks Anekdot ‘Anak Anjing’ menurut Interpretasi Siswa. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022, 75-84.

Wati, Erdila; Elmustian; Auzar. 2019. Karakteristik Budaya Melayu dalam Kumpulan Cerita Yong Dolah versi Abdul Razak, Jurnal Tuah: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, Volume 1, Nomor 1, Juni 2019, 51-58.

Wikanengsih; Nofiyanti; Ismayani, Mekar; Permana, Indra. 2019. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia terhadap RPP yang Disusun Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kota Cimahi, Jurnal Ilmiah UPT2M STKIP Siliwangi, Volume 2, Nomor 1, Mei 2015, 106-119.

Zendrato, Juniriang. 2016. Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas: Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta, Jurnal Scholaria, Volume 6, Nomor 2, Mei 2016, 58-73.

http://ledy-sofia.blogspot.com/2015/02/kumpulan-cerita-yong-dollah.html

https://www.nomifrod.com/2019/01/standar-kurikulum-2013-sma-ma.html

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

Saufan Hilmi, H., & Harti, S. (2022). Detil Cerita Humor Yong Dolah dan Pemanfaatanya dalam Perencanaan Pembelajaran Membaca Teks Anekdot: Riset Kepustakaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2), 235–242. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.30

Issue

Section

Articles