Penyusunan Tes Pilihan Ganda Keterampilan Membaca Teks Eksposisi

Supervisi Klinik Kepala Sekolah Bermetode Workshop

Authors

  • Sy. Silvia Andriyani SMA Negeri 15 Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.31

Keywords:

keterampilan membaca, teks eksposisi, supervisi klinik kepala sekolah, metode workshop

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses penyusunan tes pilihan ganda keterampilan membaca teks eksposisi berbasis supervisi klinik kepala sekolah metode workshop; (2) profil tes pilihan ganda keterampilan membaca teks eksposisi. Kegiatan penelitian berbasis supervisi kepala sekolah guna menghadirkan spesifikasi tes pilihan dan untuk menghadirkan produk workshop lainnya yakni instrumen tes pilihan ganda keterampilan membaca teks eksposisi untuk kelas X. Penelitian berlangsung di SMA Negeri 15 Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Aubjwk penelitian guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 15 Kota Batam. Penelitian dilaksanakan di awal semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Workshop hari pertama berlangsung selama 4 x 60 menit untuk penyampaian materi pengantar tentang teks eksposisi. Setelah jeda 7 hari, dilakukan workshop hari kedua selama 4 x 60 menit juga untuk membahas proses dan produk tes keterampilan membaca teks eksposisi termasuk teknik penskoran. Penelitian berbasis supervisi kepala sekolah melalui metode workshop ini menghasilkan (1) spesifikasi tes pilihan ganda keterampilan membaca teks eksposisi untuk kelas X; (2) perangkat tes pilihan ganda keterampilan membaca teks eksposisi untuk kelas X yang dilengkapi dengan teknik penskoran setiap butir tes. Hasil penelitian ini berpotensi menjadi model bagi guru dalam rangka menyusun tes pilihan ganda yang memenuhi syarat validitas isi dan juga menjadi dasar untuk supervisi klinik di kelas lainnya.

References

Al-Mishri, Syaikh Muhammad. 2012. Sahabat-Sahabat Rasulullah SAW. Jilid 1. Penerjemah: Izzudin Karimi. Editor: Mohammad Syuaeb Al-Faiz. Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir.

Asy-Syinawi, Abdul Aziz. 2008. Biografi Imam Ahmad: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Umar Mujtahid.Editor: Firman Arifian. Solo: Aqwam Media Profetika.

Amna, Fitra Afrida & Zakaria, Riki. 2018. Kontribusi Kebiasaan Membaca dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang. Jurnal Menara Ilmu, Volume 12, Nomor 6, Juli 2018, 95-103.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Elmustian & Razak, Abdul. 2021. Menulis Pantun: Bahan Ajar Pengayaan Bahasa Indonesia Berintegrasi Teks Naratif. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Furqani, Ilham & Afnita. 2020. Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi dengan Keterampilan Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis, Pembahsi: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 10, Nomor 2, 2020, 88-96.

Maulidiawati, Main; Prasetyo, Teguh; & Firmansyah, Wilis. 2019. Pengaruh Kelancaran Membaca Teks Eksposisi terhadap Pemahaman Bacaan Siswa Kelas III SD, Jurnal Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, tanpa volume dan nomor, April 2019, 1-24.

Nilfa Yenti; Ramadhanti, Dina; & Laila, Aruna. 2022. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022, 93-102

Purwantoro, Sugeng; Akbar, Memen; & Wibowo, Ardianto. 2021. Penguatan Metode Pengajaran kepada Guru-Guru SMA/SMK Sederajat se-Kota Pekanbaru dalam Rangka Mitigasi Bencana Pandemi Covid -19, Juara: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, Volume 2, Nomor 2, Juli 2021, 161-177.

Purwanto, M. Ngalim. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Cetakan XIV. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Razak, Abdul. 2019a. How to Teach Your Student to Read: Student Worksheets Bank Learning to Read in Senior High School. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, Abdul. 2019b. How to Teach Your Student to Write: Student Worksheets Bank Learning to Write in Senior High School. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, Abdul. 2021. Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Rusnah. 2022. Pembelajaran Membaca Permulaan Bermedia LKPD Berbasis Supervisi Klinik Kepala Sekolah. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022, 11-22.

.

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

Andriyani, S. S. . (2022). Penyusunan Tes Pilihan Ganda Keterampilan Membaca Teks Eksposisi: Supervisi Klinik Kepala Sekolah Bermetode Workshop. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2), 215–226. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.31

Issue

Section

Articles