Keterampilan Membaca Kata Dasar Suku Terbuka
Suatu Tinjauan Profesional Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.326Keywords:
keterampilan membaca, kata dasar, suku terbuka, tinjauan profesionalAbstract
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan tinjauan di semester ganjil 2022/2023 tentang: 1) keterampilan membaca kata dasar suku terbuka di kelas 1; 2) sama-tidaknya keterampilan membaca kata dasar suku terbuka per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di SDIT Fajar Ilahi 2 Bengkong di akhir semester genap 2022/2023. Populasi penelitian ini berjumlah 116 yang terbagi dari 4 rombongan belajar. Sampel ditetapkan sebanyak 90 siswa. Jumlah ini terbagi dari 24 siswa kelas Usamah bin Zaid, 24 siswa kelas Ibnu Abbas, 21 siswa kelas Shafiyah bin Abd Muthalib, dan 21 siswa kelas Rumaisha binti Milhan. Untuk mengumpulkan data keterampilan membaca kata dasar suku terbuka digunakan tes unjuk kerja. Tes berisi 113 kata dasar suku terbuka yang didominasi kata bersuku dua. Tes unjuk kerja ini disusun secara objektif guna memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Untuk menemukan jawaban atas rumusan masalah-1 digunakan prosedur statistik deskriptif yakni mean hitung. Untuk menemukan jawaban atas rumusan masalah-2 digunakan analisis temati. Hasil penelitian: 1) keterampilan membaca kata dasar suku terbuka siswa kelas 1 SDIT Fajar Ilahi 2 Bengkong, Batam: di atas median sebanyak 37 anggota sampel atau 41,11 persen sedangkan di median ke bawah sebanyak 53 anggota sampel atau 58,89 persen; 2) tidak terdapat perbedaan keterampilan membaca kata dasar suku terbuka siswa kelas 1 SDIT Fajar Ilahi 2 Bengkong, Batam menurut kelompok sampel. Itulah simpulan artikel ini.
References
Hasnawati. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Struktur Plus Pendekatan Individual Bermedia LKPD Daftar Kata Dasar . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 441–456. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.70
Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researches. Bandung: UPI Press.
Maslindrawati, M. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Kata Dasar melalui Teknik Bunyi Luncuran Berbasis Bahan Ajar Alternatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 491–500. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.71
Masnidar, M. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Kata Dasar melalui Pendekatan Individual Menggunakan Media LKPD Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 721–734. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.202
Mulyani, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Kata Dasar Bersuku-Dua melalui Pendekatan Individual Teknik Analogi Menggunakan Bahan Ajar Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 831–840. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.213
Razak, A. (2004). Struktur Plus: Metode Pembelajaran Membaca Permulaan. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2013). Indahnya Bahasaku: Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas 1 SD/MI. Pekanbaru: UR Press.
Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Rohaeni, E., & Sugiharti, R. E. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Kata Dasar Tanpa Konsonan Rangkap Menggunakan Metode Struktur Plus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dDan Sastra, 1(1), 103–110. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.18
Rusnah. (2022). Pembelajaran Membaca Permulaan Bermedia LKPD Berbasis Supervisi Klinik Kepala Sekolah. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 11–22. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.9
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ikawati, Helia, Sepnuralisa, Syahniar, Nazilatul Firdaus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




