Pengintegrasian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Pengetahuan Teknik Menggiring Bola Bermedia LKPD
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.33Keywords:
kemampuan teknik menggiring bola, permainan sepakbola, pembelajaran integratif, bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola melaluio pembelajaran integratif Bahasa Indonesia. Maksudnya, pembelajaran PJOK diintegrasikan ke dalam pelajaran bahasa Indonesia aspek membaca pemahaman. Penelitian berlangsung di SD Negeri 016 Sialang Panjang, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kakupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Kegiatan penelitian berlangsung di awal semester tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah 13 siswa yang belum tuntas pada KKM 75,00 dalam pembelajaran sebelum penelitian tindakan kelas ini dari 24 siswa kelas VI SD Negeri 016 Sialang Panjang, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Instrumen penelitian mencakup tes pilihan ganda pengetahuan teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola. Instrumen lain adalah pedoman observasi untuk guru dan untuk para siswa. Semua instrumen memenuhi syarat validitas. Pembelajaran yang diintegrasi ke dalam teks rumpang bermakna semua pengetahuan menggiring bola dalam permainan sepa bola dituangkan dalam LKPD dalam bentuk teks rumpang berjumlah 24 item dengan siswa menjodohkan. Data pengetahuan teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola dianalaisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni rata-rata persen. Data kegiatan belajar menggajar yang diintegrasikan dalam teks rumpang Bahasa Indonesia dianalisis secara tematik. Di siklus I sebanyak 11 siswa (57,89) dari 19 siswa yang belum tuntas di masa orientasi. Di siklus II semua siswa yang belum tuntas di siklus I berhasil tuntas di siklus II.
References
Highet, Gilbert. 1981.The Art of Teaching. London: Methuen & Co. Ltd.
Komaruddin. 2005. Dasar Gerak Sepak Bola. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Pratama, Thoha Isma & Herywansyah. 2021. Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Pliometrik Side Hop dan Barrier Hops Terhadap Kemampuan Tendangan Jauh dalam Permainan Sepakbola pada Atlet Putra Usia 11-13 Tahun SSB Zettle Meyer Karanganyar Tahun 2020, Jurnal Ilmiah Penjas, Vol 7. No.1, Januari 2021, 1-12.
Razak, Abdul. 2021. Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, Abdul. 2021a. How to Teach Your Student to Read: Student Worksheets Bank in Learning to Read in Elementary School. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, Abdul. 2021b. How to Teach Your Student to Write: Student Worksheets Bank in Learning to Write in Elementary School. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Setyaningrum, Ratna Kumala & Pradiyati, Arumning Endah. 2018. Perbedaan Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Sistem Blocked dan Random terhadap Kemampuan Meggiring Bola pada Pemain Sepakbola Umur 12 Tahun Klub SSB HWM SurakartaTahun 2016, Jurnal Ilmiah Penjas, Volume 4, Nomor 2, Januari 2018, 93-107.
Simamora, Berton Supriyadi. 2019. Aktif Berolah Raga: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD/MI Kelas VI. Buku Guru. Penelaah: Erwin Setyo Kriswanto, Suroto, Yusmawati, Slamet Raharjo.Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Simamora, Berton Supriyadi. 2019. Aktif Berolah Raga: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD/MI Kelas VI. Penelaah: Erwin Setyo Kriswanto, Suroto, Yusmawati, Slamet Raharjo.Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Sunarto & Hartono, B. Agung. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Utama, Martha Wira; Insanistyo, Bayu; Syafrial. 2017. Analisis Kemampuan Teknik Dasar Bermain Sepakbola pada Pemain Usia 16 Tahun. Kinestetik: Jurnal; Ilmiah Pendidikan Nasional, Volem 2, Nomor 1, 2017, 96-100.
(https://www.google.com/search?q=teknik+ menggiring+bola&rlz).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Suharman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.