Keterampilan Membaca Pemahaman Level Menengah Paragraf Deskriptif Siswa Kelas VII SMP Karuna Dipa Palu
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.34Keywords:
keterampilan membaca pemahaman, level menengah, paragraf deskriptifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kategori keterampilan membaca pemahaman level menengah paragraf deskriptif. Penelitian dilaksanakan di pertemuan awal di kelas VII SMP Karuna Dipa Palu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Populasi berjumlah 34 siswa. Jumlah populasi ini terbagi 2 dengan angka yang sama yakni 17. Sampel penelitian sebanyak 32 yang ditarik secara random sederhana. Jumlah sampel ini terbagi dari kelompok sampel kelas VII.1 sebanyak 16 siswa dan untuk kelas VII.2 juga berjumlah yang sama. Untuk mengumpulkan data keterampilan membaca pemahaman level menengah paragraf deskriptif digunakan tes tertulis berbentuk pilihan ganda dengan 4 opsi. Tes ini memenuhi syarat validitas isi. Data berdistrubsi normalitas dan memenuhi syarat homogenitas variansi. Data keterampilan membaca pemahaman level menengah paragraf deskriptif dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial. Jenis prosedur yang dimaksud adalah uji t satu sampel untuk masalah berjenis deskriptif-komparatif dan uji t sampel independen untuk masalah komparatif. Semua jenis penghitungan menggunakan fasilitas SPSS. Temuan pertama memperlihatkan bahwa harga t satu sampel sebesar 0,147. Harga ini berada pada nilai sig. sebesar 0,884 sehingga hipotesis penelitian yang menyebutkan keterampilan membaca pemahaman level menengah paragraf deskriptif berkategori rendah diterima. Temuan kedua memperlihatkan bahwa harga t sampel independen sebesar 1,338. Harga ini berada pada nilai sig. sebesar 0,191 sehingga hipotesis penelitian yang menyebutkan tidak terdapat perdedaan keterampilan membaca pemahaman level menengah paragraf deskriptif berdasarkan kelompok sampel diterima juga.
References
Akbar, Saa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Azwar, Syaifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: RajaGrafino Persada.
Fraenkel, Jack R.; Wallen, Norma E.; Hyun, Helen H. 2012. Howto Designa and Evaluate Research in Education. Eighth Edition. New York: McGraw-Hill.
Hariyati, Sri. 2022. Penguasaan Soal Cerita dan Membaca Instruksi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022, 65-74.
Harjasujana, Ahmad S. & Mulyati, Yeti. 1996. Membaca 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Harjasujana, Ahmad S. & Damaianti, Vismaia S. 2003. Membaca dalam Teori dan Praktek. Bandung: Mutiara.
Hewi, La & Shaleh, Muh. 2020. Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Golden Age: Universitas Hazanwadi: Volume 4, Nomor 1, Juni 2020, 30-41
Marta, Fajar & Alqo, Diki Salman. 2022. Kemampuan Membaca Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA: Pendekatan Dua Bahasa. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022, 53-64.
Razak, Abdul. 2020a. Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, Abdul. 2020b. How to Teach Your Student to Read: Student Worksheets Bank in Learning to Read in Junior High School. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, Abdul. 2021. Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, Abdul. 2018. Statistik: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razak, Abdul; Hermandra; Elmustian. 2021. Developing Descriptive Text Reading Materials Base on Constructivism Approach, Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran, Volume 5, Nomor 3, Mei 2021, 585-598.
Rothstein, Anne L. 1985. Research Design and Statistics for Psychology and Education. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Setyawati, Catarina Kurnia. 2011. Pengembangan Pembelajaran Katerampilan Membaca melalui Penerapan Teknik Tari Bambu, Cope: Jurnal Ilmiah Guru, Volume 16, Nomor 2, November 2011, 17-23.
Suharjo, Bambang. 2013. Statistika Terapan: Disertai Contoh Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tampubolon, D.P. 1987. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Zaenuddin, Agus Rizal; Djuanda, Dadan; Syahid, Aah Ahmad. 2017. Meningkatkan Keterampilan Membaca dengan Menerapkan Model Pembelajaran Quantum Berbantuan Komputer dalam Menentukan Kalimat Utama pada Tiap Paragaraf. Jurnal Pena Ilmiah Volume 2, Nomor 1, 2017, 1521-1530.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Darminton Mondolalo, La Muda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




