Upaya Meningkatkan Interpretasi Teks Drama melalui Pendekatan Konstruktivisme Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Watubangga, Kolaka
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.39Keywords:
interpretasi teks drama, membaca teks drama, pendekatan konstruktivisme, LKPDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan interpretasi drama melalui pendekatan konstruktivisme bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Watubangga, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Subjek penelitian sebanyak 14 siswa. Mereka belum tuntas dalam aspek interpretasi teks drama untuk pembelajaran reguler dari 21 siswa. Instrumen yang memenuhi syarat validitas ini dalam penelitian mencakup: (1) tes formatif tentang interpretasi teks drama satu babak; (2) pedoman observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa dalam pembelajaran berpendekatan konstruktivisme. Perangkat lainnya: (1) LKPD yang berisi materi dan proses kegiatan belajar-mengajar interpretasi teks drama berpendekatan konstruktivisme; (2) RPP pembelajaran interpretasi teks drama satu babak yang mengacu kepada LKPD. Data interpretasi teks drama dianalisis secara tematik sesuai dengan unsur intrinsik yang membangun teks drama. Data kegiatan belajar-mengajar pun dianalisis secara tematik yang didasari kepada RPP. Data ketutnasan hasil belajar interpretasi teks drama dinalaisis secara statistik deskriptif yakni prosedur rata-rata hitung dan persen. Pada siklus I ditemukan 8 dari 14 siswa (42,86 persen) tuntas dalam pembelajaran. Pada siklus 2, semua siswa yang belum tuntas pada siklus 1 akhirnya mampu mencapai KKM 75,00.
References
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Editor: Asfah Rahman. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Baihaqi, Imam. 2019. Pembelajaran Drama dengan Metode Role Playing Berbasis Project Learning bagi Mahasiswa PBSI Universitas Tidar, Calls: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics, Volume 5, Nomor 2, Desember 2019, 83-94.
Devitasari, Vera. 2018. Penciptaan Naskah Drama Bhre Satya Palastra. Tonil: Jurnal Kajian Sastra, Teater, dan Sinema, Volume 15, Nomor 2, Maret 2019, 34-45.
Indrawati. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Penyelia: Poppy K. & Devi. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Ilmu Pengetahuan Alam.
Jassin, H.B. 1977. Tifa Penyair dan Daerahnya. Cetakan VII. Jakarta: Gunung Agung.
Mahamod, Zamri. 2014. Inovasi P & P dalam Pendidikan Bahasa Melayu. Tanjong Malim, Perak, Malaysia: Universiti Pendidikan Sultan Idris.
Nurullah, T. & Nugraheni, Aninditya Sri. 2021. Pembelajaran Membaca Teks Drama dengan Menggunakan Metode Quantum di Kelas 5 MIN 6 Pidie, Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ibtidaiyah, Volume 5, Nomor 2, Juni 2021, 125-138.
Rahman, Elmustian & Jalil, Abdul. 2004. Teori Sastra. Pekanbaru: Labor Bahasa, Sastra, dan Jurnalistik, Universitas Riau.
Razak, Abdul. 2017. KD Komsas dalam Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Makalah: Pekanbaru: FKIP Universitas Riau, Disajikan pada acara Seminar Nasional bertema sastra sebagai pembentuk karakter, Pekanbaru 11 Maret 2017.
Razak, Abdul. 2020. How to Teach Your Student to Read: Student Worksheets Bank in Learning to Read in Junior High School. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Sophokles. 1974. Oidipus Sang Raja. Penerjemah: Rendra. Jakarta: Pustaka Jaya.
Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Sinamo, Jansen H. 2002. Ethos21: Etos Kerja Profesional di Era Digital Global. Jakarta: Institut Darma Mahardika.
Sumiyadi & Durachman, Memen. 2014. Sanggar Sastra: Pengalaman Artistik dan Estetik Sastra. Editor: Abdul Razak & Suntoko. Bandung: Alfabeta.
Wardoyo, Sigit M. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme: Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta.
(https://paket-wisatabromo.com/menginterpretasi-teks-drama-dengan-teknik-yang-mudah).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kadirun, Hartiwiyanti Ismail

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




