Kelancaran Membaca Kata Dasar Suku Terbuka Siswa SDIT Yayasan Islam Al-Kahfi Batam menurut Penilaian Guru

Authors

  • Abu Nida Sudirman Devisi Pendidikan dan Dakwah, Yayasan Islam Al Kahfi Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Abdul Razak Lembaga Riset Pendidikan Sosial dan Eksakta, Riau, Indonesia
  • Yola Melinda Devisi Pendidikan dan Dakwah, Yayasan Islam Al Kahfi Batam, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.478

Keywords:

kelancaran membaca, kata dasar, suku terbuka, penilaian guru, kelas rendah

Abstract

ujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) kelancaran membaca kata dasar suku terbuka bagi siswa SD Yayasan Islam Al-Kahfi Batam menurut penilaian guru kelas; 2) sama-tidaknya kelancaran membaca kata dasar suku terbuka bagi siswa SD Yayasan Islam Al-Kahfi Batam menurut penilaian guru kelas per kelompok sampel. Penelitian dilakukan di 3 lokasi SD di lingkungan Yayasan Islam Al-Kahfi Batam. Kegiatan penelitian berlangsung pada pertengahan semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah para guru kelas rendah SDIT di lingkungan Yayasan Islam Al-Kahfi Batam yang submit google form. Mereka berjumlah 40 guru. Jumlah ini terbagi dari 4 guru SD AIS Batam dan masingmasing 12 guru SDIT Fajar Ilahi 1 Batuaji, guru SDIT Fajar Ilahi 2 Bengkong, dan guru SDIT Fajar Ilahi 3 Sungaibeduk. Sampel ditetapkan sebanyak 40 guru; sampel total. Data kelancaran membaca kata dasar suku terbuka bagi siswa SD Yayasan Islam Al-Kahfi Batam menurut penilaian guru kelas dikumpulkan melalui kuesioner versi google form. Data kelancaran membaca kata dasar suku terbuka bagi siswa SD Yayasan Islam Al-Kahfi Batam menurut penilaian guru kelas dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni frekuensi dan modus. Data kelancaran membaca kata dasar suku terbuka bagi siswa SD Yayasan Islam Al-Kahfi Batam menurut penilaian guru kelas per kelompok sampel dianalisis dengan cara membandingkan frekuensi dan modus per jenjang dan nama sekolah. Hasil penelitian: 1) sebanyak 1 s.d. 5 siswa SD kelas 3 belum lancar membaca kata dasar bersuku terbuka; 2) terdapat perbedaan kelancaran membaca kata dasar suku terbuka menurut penilaian guru kelas rendah per kelompok sampel. 

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asnan, A. (2022). Peningkatan Membaca Permulaan melalui Pendekatan Individual dan Teknik Menyalin Menggunakan Media Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 755–764. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.205

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fraenkel, J. R., Wallen, E. N., & Hyun, Helen H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Hadi, W., & Ansari, K. (2022). Perspektif Teks Anekdot dalam Kurikulum 2013 menurut Penilaian Guru Bahasa Indonesia Jenjang SLTA. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), 333–342. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.50

Hasnawati, H. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Struktur Plus Pendekatan Individual Bermedia LKPD Daftar Kata Dasar . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 441–456. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.70

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Ngubaidillah, A.& Kartadie, R. (2018). Pengaruh Media Visual Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 95-102.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.

Nurmadiah. (2016). Media Pendidikan. Jurnal Al-Afkar Vol. 5(1), April 2016, 43-62.

Pratiwi, Y., & Nugraheni, A, S. (2022). Problematika Guru dalam Mengembang-kan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di SD/MI. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (5), 1479-1490. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8977.

Razak, A. (2013). Indahnya Bahasaku: Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas 1 SD/MI. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Edisi VII, Cetakan IX. Pekanbaru: Autografika.

Umar, U. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), Januari-Juli, 131-144.

Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-65.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Sudirman, A. N., Razak, A. ., & Melinda, Y. (2023). Kelancaran Membaca Kata Dasar Suku Terbuka Siswa SDIT Yayasan Islam Al-Kahfi Batam menurut Penilaian Guru. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 613–624. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.478