Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru untuk Menyusun Tes Pilihan Ganda sebagai Teknik Pembelajaran

Authors

  • Mokhamad Mansyur SMAIT Fajar Ilahi 3 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Mahmudi Arif Dahlan SMA Al-Kahfi International School Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Reno Okhtiyanto SMAIT Fajar Ilahi 2 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.482

Keywords:

supervisi klinik kepala sekolah, tes pilihan ganda, teknik pembelajaran

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) mendeskripsikan proses supervisi klinik kepala sekolah melalui pelatihan terhadap guru SMAIT Fajar Ilahi Bengkong untuk menyusun tes pilihan ganda sebagai teknik pembelajaran membaca per mata pelajaran wajib kelompok A; 2) mendeskripsikan bentuk tes pilihan ganda sebagai teknik pembelajaran membaca per mata pelajaran wajib kelompok A berbasis pelatihan dalam kegiatan supervisi klinik kepala sekolah. Penelitian dilaksanakan di SMAIT Fajar Ilahi Bengkong pada awal semester ganjil 2023/2024. Instrumen penelitian tindakan sekolah ini adalah Lembar Kegiatan Peserta Pelatihan (LKPP) yang berisi: 1) contoh tes pilihan ganda terhadap materi pelajaran yang bersifat naratif untuk kelompok mata pelajaran wajib A; 2) bidang kosong yang berfungsi sebagai tempat peserta pelatihan dalam rangka supervisi klinik kepala sekolah melakukan penyusunan tes pilihan ganda sebagai teknik pembelajaran. Subjek penelitian adalah para guru mata pelajaran kelompok wajib A. Data prosedur supervisi klinik kepala sekolah terhadap guru untuk menyusun tes pilihan ganda sebagai teknik pembelajaran dikumpulkan menggunakan pedoman observasi dan teknik rekam. Data bentuk tes pilihan ganda sebagai teknik pembelajaran dikumpulkan melalui teknik dokumentasi yakni LKPP peserta pelatihan. Hasil penelitian tindakan sekolah: 1) prosedur supervisi klinik kepala sekolah terhadap guru untuk menyusun tes pilihan ganda sebagai teknik pembelajaran mencakup prosedur perencanaan, prosedur pelaksanaan, dan prosedur pelaporan; 2) bentuk tes pilihan ganda sebagai teknik pembelajaran dikumpulkan melalui teknik dokumentasi yakni LKPP per peserta pelatihan berstruktur 1-3 paragraf yang berisi 5 pertanyaan pilihan ganda. 

References

Al-Mishri, Syaikh M. (2012). Sahabat-Sahabat Rasulullah. Jilid 1. Cetakan Kedua. Penerjemah: Izzudin. Editor: Mohammad Syuaeb Al-Faiz. Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir.

Andriani, Rike & Rasto. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 4, Nomor 1, Januari 2019, 80-86.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aryani, T. F., & Razak, A. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru untuk Mereproduksi LKPD Terpadu. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 335–344. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.283

Astuti, N, P., & Probowisi, P. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (4), 1168-1176. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8610.

Asy-Syinawi, A. A. (2013d). Biografi Imam Syafi'i: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Yasir Amri. Solo: Aqwam.

Aziz, F., Mulyati, Y. ., Damaianti, V. S., & Triani, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Artikel Ilmiah Berpendekatan Konstruktivisme Bermedia Google Form untuk MKWU Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.231

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2, 172-182. DOI:10.22373/lj.v5i2.2838

Fraenkel, Jack R. dkk. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition. New York: McGraw-Hill Companies.

Herayanti, L. dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 37, Nomor 2, Juni, 210-219.

Karo-Karo, I. R. & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni, 91- 96.

Khairul, K. (2022). Penyusunan Paragraf Berbasis Profetik melalui Teknik Pelatihan: Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(6), 807–818. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.210

Katsir, I. (2008a). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 3. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Katsir, I. (2008b). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 5. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Katsir, I. (2008c). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 8. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-35.

Mahsun, M. (2011). Metode Penelitian Bahasa: Tahap Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli, 87-97. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Naslinda. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Kisah Teladan Ashabul Kahfi melalui Teknik Tugas Menyalin di Media LKPD . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 293–302. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.274

Nurdin, A, A., & Iskandar, S. (2022). Kemampuan Kepribadian Pemimpin Sekolah Masa Kini Dalam Motivasi Kinerja Guru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 509-526. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8879

Priatno, B., Padaameen, S., & Siregar, S. H. (2022). Penyediaan Teks Eksposisi Berbasis Profetik sebagai Bahan Ajar Pengayaan bagi Guru SMA/SMK/MA. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 553–560. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.122

Putra, N. (2013). Research & Development: Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakartza: RajaGrafindo Persada.

Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2018). Teks Eksplanasi: Media Akademik Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemhamahan. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Rospiati, R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran Guru SMP Negeri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 547-557. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8649.

Sardiman AM. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sinamo, Jansen H. (2003). Ethos21: Etos Kerja Profesional di Era Digital Global. Jakarta: Mahardika.

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sutardi & Sugiharsono. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar. dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi, Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188-198. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8400

Wahjosumijo, W. (2003). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

(https://youtu.be/yKC0fiCiAkE).

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Mansyur, M., Dahlan, M. A., & Okhtiyanto, R. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru untuk Menyusun Tes Pilihan Ganda sebagai Teknik Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 625–638. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.482