Amanat Utama Cerpen Faktual Profetik ‘Sengketa Bayi’ menurut Respon Siswa Kelas X dan XI

Authors

  • Arshal Zairuby Harahap SMA Islam Terpadu Imam Syafi'i 2 Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Rudi Adi Nugroho Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.49

Keywords:

cerpen faktual, profetik, respon siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan amanat utama cerpen faktual profetik menurut respon siswa dan untuk mendeskripsikan komparasi antara amanat utama menurut respon siswa dengan variabel jenis kelamin, kelas, agama, dan asal SLTA. Penelitian berlangsung di bulan April 2022 terhadap siswa kelas X dan XI SLTA di Pekanbaru, Riau. Populasi berjumlah 323 siswa yang submit kuesioner di google form yakni 221 siswa kelas X dan 102 siswa kelas XI. Sampel berjumlah 179 siswa. Jumlah ini terbagi dari 123 siswa kelas X dan 56 siswa kelas XI. Penetapan jumlah sampel menggunakan formula yang dikembangkan Slavin pada tingkat kepercayaan 0,95. Sampel ditarik secara random dari anggota populasi. Instrumen penelitian berbentuk kuesioner tertutup menggunakan fasilitas google form. Data amanat utama cerpen faktual profetik menurut respon siswa dianalisis secara statistik deskriptif yakni prosedur modus dan persen. Data komparasi antara amanat utama cerpen faktual profetik menurut respon siswa dengan 4 jenis variabel bebas dianalisis secara tematik. Temuan pertama penelitian ini adalah amanat utama cerpen faktual profetik menurut respon siswa adalah berusahalah sekuat tenaga untuk mendapatkan hak. Temuan selanjutnya adalah tidak terdapat perbedaan amanat utama berdasarkan perbedaan kelas, perbedaan jenis kelamin, perbedaan agama, dan perbedaan nama SLTA.

References

Hermandra; Mustafa, M. Nur; Zulfafizh. 2022. Pemaknaan Peribahasa Berbasis Semantik Inkuisitif: Bahan Ajar Pengayaan Bahasa Indonesia Berintegrasi Teks Naratif untuk Kelas XII SMA/SMK/MA. Editor:Abdul Razak. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Isaac, Stephen & Michael Willaim B. 1982. Handbook in Research and Evaluation and Behavior Sciences. San Digo, Callifornia: Edits Publishers.

Elmustian & Razak, Abdul. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Berpendekatan Konstruktivisme untuk Siswa Kelas X SMA/MA/SMK. Laporan Penelitian. Pekanbaru: FKIP, Universitas Riau.

Nugroho, Lantip Dwi & Suseno. 2019. Analisis Nilai Moral pada Cerpen Surat Merdeka Edisi Bulan Oktober sampai Desember 2017 sebagai Alternatif Bahan Ajar SMA Kelas XII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 8, Nomor 2, November 2019, 115-119.

Rahman, Elmutian & Jalil, Abdul. 2004. Teori Sastra: Bahan Ajar. Pekabaru: Labor Bahasa, Sastra dan Jurnalistik, Universitas Riau.

Razak, Abdul. 2018a. Teks Eksplanasi: Mediasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs. Pekanbaru: UR Press.

Razak, Abdul. 2018b. Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Septianingrum, Erisa & Hartono, Bambang. 2021. Unsur Pembangun Teks Cerita Pendek Webtoon Bermuatan Nilai Karakter serta Kelayakannya sebagai Sumber Ajar Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Cerita Pendek Kelas IX. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 10, Nomor 1, Mei 2021, 80-85.

Sumiyadi & Durachman, Memen. 2014. Sanggar Sastra: Pengalaman Artistik dan Estetik Sastra. Bandung: Alfbeta.

Suhana, Prihatin; Erlina; & Thahir, Asriani. 2022. Amanat Teks Anekdot ‘Anak Anjing’ menurut Interpretasi Siswa. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022, 75-84.

Wahab, Muhammad bin Hamid Abdul. 2013. 99 Kisah Orang Shalih. Penerjemah: Munawarah Hannan. Jakarta: Darul Haq.

Downloads

Published

2022-05-02

How to Cite

Harahap, A. Z., & Nugroho, R. A. (2022). Amanat Utama Cerpen Faktual Profetik ‘Sengketa Bayi’ menurut Respon Siswa Kelas X dan XI . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(3), 321–332. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.49

Issue

Section

Articles