Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme melalui Media LKPD dalam Pembelajaran Pengetahuan Struktur dan Skema Teks Deskripsi Profetik
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.527Keywords:
efektivitas, pendekatan konstruktivisme, media LKPD, struktur dan skema, teks deskripsi profetikAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) pengetahuan struktur dan skema teks deskripsi profetik sebelum menerapkan pendekatan konstruktivisme bermedia LKPD; 2) pengetahuan struktur dan skema teks deskripsi profetik setelah menerapkan pendekatan konstruktivisme bermedia LKPD konstruktivisme bermedia LKPD; 3) efektivitas pengetahuan struktur dan skema teks deskripsi profetik dalam pembelajaran menerapkan pendekatan konstruktivisme bermedia LKPD. Penelitian dilakukan di SMPIT Fajar Ilahi Bengkong, Batam. Kegiatan penelitian berlangsung awal semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 7 yang mengikuti tes pembelajaran dan tes pengetahuan struktur dan skema teks deskripsi dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme bermedia LKPD yang berjumlah 49 siswa. Jumlah ini terbagi dari 22 siswa kelas al-Qasim dan 27 siswa kelas Juwairiyah. Sampel ditetapkan sebanyak 44 siswa mengacu kepada formula yang dikembangkan Slavin; 20 siswa kelas al-Qasim dan 24 siswa kelas Juwairiyah; dipilih secara random sederhana tanpa pengembalian. Data pengetahuan struktur dan skema teks deskripsi profetik dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme bermedia LKPD dikumpulkan menggunakan instrumen tes pilihan ganda. Data dianalisis secara statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel dan uji t sampel independen. Syarat homogenitas variansi dan teknik sampling terpenuhi. Hasil penelitian: 1) pengetahuan struktur dan skema teks deskripsi profetik sebelum menerapkan pendekatan konstruktivisme bermedia LKPD tidak mencapai KKM 75,00; 2) pengetahuan struktur dan skema teks deskripsi profetik setelah menerapkan pendekatan konstruktivisme bermedia LKPD mencapai KKM 75,00.
References
An-Nawawi, I. (2010). Syarah Shahih Muslim. Jilid 4. Penerjemah: Agus Ma'mun, Suharlan, Suratman. Editor: Tim Pustaka as-Sunnah. Jakarta: Pustaka as-Sunnah.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas, Edisi 4, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012
Dalman, D. (2013). Keterampilan Menulis.Cetakan III. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Fraenkel, J. R., Wallen, E. N., & Hyun, Helen H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
Mondolalo, D. & Muda, L. (2022). Keterampilan Membaca Pemahaman Level Menengah Paragraf Deskriptif Siswa Kelas VII SMP Karuna Dipa Palu. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 263–270. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.34
Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Edisi VII, Cetakan IX. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2019). How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Junior High School. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Sani, R. A. (2014). Sain Berbasis Alquran. Editor: Nur Laily Nusroh. Jakarta: Bumi Aksara.
Sari, R. M. (2022). Deskripsi Pengetahuan Kaidah dan Aspek Kebahasaan Teks serta Keterampilan Menulis Struktur Tesis Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(3), 389–402. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.57
Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.
Yamin, M. & Faridah, F. (2023). Peningkatan Keterampilan Menemukan Pokok Pikiran Paragraf Profetik melalui Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.251
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sovia Niswanti, Novra Rengga, Yogi Maulana, Farah Asahy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




