Pengaruh Teknik Scaffolding Berbasis Media Inovatif dalam Pembelajaran Menulis Struktur Tesis Teks Eksposisi Profetik
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.528Keywords:
teknik scaffolding, media inovatif, struktur tesis, teks eskposisi profetikAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan menulis struktur tesis teks eksposisi profetik melalui pembelajaran tanpa menerapkan teknik scaffolding berbasis media inovatif; 2) keterampilan menulis struktur tesis teks eksposisi profetik melalui pembelajaran dengan menerapkan teknik scaffolding berbasis media inovatif; 3) pengaruh teknik scaffolding berbasis media inovatif dalam pembelajaran keterampilan menulis struktur tesis teks eksposisim profetik. Penelitian dilakukan di SMAIT Fajar Ilahi, Batam, Kepulauan Riau. Kegiatan penelitian berlangsung awal semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas X SMA yang mengikuti tes keterampilan menulis struktur tesis teks eksposisi profetik berjumlah 24 siswa. Jumlah ini terbagi dari 9 siswa kelas Jabir bin Abdullah dan 15 siswa Khaulah binti Tsalabah. Sampel ditetapkan sebanyak 22 siswa mengacu kepada formula yang dikembangkan Slavin; 8 siswa kelas Jabir bin Abdullah dan 14 siswa Khaulah binti Tsalabah; dipilih secara random sederhana tanpa pengembalian. Data keterampilan menulis struktur tesis teks eksposisi profetik dikumpulkan menggunakan instrumen tes unjuk kerja yang valid. Data dianalisis secara statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel dan uji t sampel independen. Syarat homogenitas variansi dan teknik sampling terpenuhi. Hasil penelitian: 1) keterampilan menulis struktur tesis teks eksposisi profetik melalui pembelajaran tanpa menerapkan teknik scaffolding berbasis media inovatif mencapai KKM 64,17; 2) keterampilan menulis struktur tesis teks eksposisi profetik melalui pembelajaran dengan menerapkan teknik scaffolding berbasis media inovatif mencapai KKM 78,35; 3) teknik scaffolding berbasis media inovatif berpengaruh sangat signifikan dalam pembelajaran keterampilan menulis struktur tesis teks eksposisi profetik.
Kata Kunci: teknik scaffolding, media inovatif, struktur tesis, teks eskposisi
References
Ajis, A., & Siahaan, R. Y. K. (2022). Pengetahuan dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa SMA Negeri 1 Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), 343–354. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.51
An-Nawawi, I. (2010). Syarah Shahih Muslim. Jilid 4. Penerjemah: Agus Ma'mun, Suharlan, Suratman. Editor: Tim Pustaka as-Sunnah. Jakarta: Pustaka as-Sunnah.
Asy-Syinawi, A. A. (2013). Biografi Imam Syafi’i: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Yasir Amri. Solo: Aqwam.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas, Edisi 4, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
Katsir, I. (2008). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 7. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.
Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia untuk Kelas IX SMP/MTs: Edisi Revisi. Reviuwer: Cut Nilawati. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mahsun, M. (2011). Metode Penelitian Bahasa: Tahap Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mahsun, M. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks 2013. Depok: Raja Grafindo Persada.
Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mahamod, Z. (2014). Inovasi P & P dalam Pendidikan Bahasa Melayu. Tanjong Malim, Perak, Malaysia: Universiti Pendidikan Sultan Idris.
Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Edisi VII, Cetakan IX. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Razak, A. (2021). How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Senior High School. Pekanbaru: Ababil Press.
Sani, R. A. (2014). Sain Berbasis Alquran. Editor: Nur Laily Nusroh. Jakarta: Bumi Aksara.
Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.
Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sulthon, S. (2103). Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Pendekatan Konstruktivistik dalam Pendidikan bagi Anak Usia Dini. Jurnal Thufula, Volume 1, No.1, Juli-Desember 2013, 135-152.
Supardan, D. (2016). Teori dan Praktik Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jurnal Edunomic, Volume 4, No.1, Tahun 2016, 1-12.
Tyas, D. K., Winarti, A., & Rini, Y. D. R. (2022). Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dan Teks Eksplanasi Siswa SMA Negeri 3 Sintang, Kalimatan Barat. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 607–622. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.144
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fernanda Dafittra, Ayu Hiidayah Putri, Miswanto, Nurlela

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




