Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530Keywords:
keterampilan menulis, truktur deskripsi umum, teks deskripsi, teknik tugas menyalin, pendekatan individualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan menulis struktur deskripsi umum teks deskripsi skema 2-3 dalam pembelajaran sebelum menggunakan pendekatan individual dan teknik tugas menyalin dalam media terbatas; 2) keterampilan menulis struktur deskripsi umum teks deskripsi skema 2-3 dalam pembelajaran setelah menggunakan pendekatan individual dan teknik tugas menyalin dalam media terbatas. Penelitian dilaksanakan di SMP Karuna Dipa Palu yang berlangsung di awal semester ganjil 2023/2024. Data keterampilan menulis struktur deskripsi umum teks deskripsi skema 2-3 dikumpulkan menggunakan tes unjuk kerja. Instrumen lain penelitian ini adalah LKPD berisi pengantar teori dan praktik tentang struktur deskripsi umum teks deskripsi skema 2-3. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 7 SMP Karuna Dipa Palu yang mengikuti pembelajaran keterampilan menulis struktur deskripsi umum teks deskripsi skema 2-3 baik yang menggunakan pendekatan dan teknik konvensional maupun yang menggunakan pendekatan individual dan teknik tugas menyalin dalam media terbatas. Mereka berjumlah 00 siswa. Sampel sebanyak 00 siswa yang dipilih secara random sederhana. Untuk menjawab rumusan masalah digunakan prosedur statistik uji t satu sampel. Hasil penelitian:1) keterampilan menulis struktur deskripsi umum teks deskripsi skema 2-3 dalam pembelajaran sebelum menggunakan pendekatan individual dan teknik tugas menyalin dalam media terbatas mencapai KKM 60,00; 2) keterampilan menulis struktur deskripsi umum teks deskripsi skema 2-3 dalam pembelajaran setelah menggunakan pendekatan individual dan teknik tugas menyalin dalam media terbatas mencapai KKM 78,00.
References
Ahdiati, A. (2023). Peningkatan Keterampilan Memahami Indikator Akhlak melalui Teknik Tugas Menyalin Teks Cerpen Profetik dalam LKPD Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 527–536. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.324
Debataraja, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 391–400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285
Hasnawati, H. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Struktur Plus Pendekatan Individual Bermedia LKPD Daftar Kata Dasar . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(4), 441–456. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.70
Herayanti, L. dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 37, Nomor 2, Juni, 210-219.
Karo-Karo, I. R. & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni, 91- 96.
Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia untuk Kelas IX SMP/MTs: Edisi Revisi. Reviuwer: Cut Nilawati. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-35
Mahsun, M. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks 2013. Depok: Raja Grafindo Persada.
Mardiana, D. & Pane, R. (2023). Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Topik Profetik Siswa Kelas VIII SMP Al-Kahfi International School Batam. Pembahas: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 2, Nomor 4, Juli 2023, 461-470. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.318
Maryani, I., & Yusparizan. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Pesan dalam Cerita Rakyat melalui Teknik Tugas Menyalin Berbasis LKPD Berpendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 181–190. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.249
Mulyadi. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.321
Mulyadi, M. & Mondolalo, D. (2023). Pencapaian Belajar Menulis Pantun Berbasis Teks Eksplanasi Bermedia LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 315–324. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.277
Naslinda, N. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Kisah Teladan Ashabul Kahfi melalui Teknik Tugas Menyalin di Media LKPD . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 293–302. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.274
Ngubaidillah, A.& Kartadie, R. (2018). Pengaruh Media Visual Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 95-102.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.
Nurmadiah. (2016). Media Pendidikan. Jurnal Al-Afkar Vol. 5(1), April 2016, 43-62.
Pratiwi, Y., & Nugraheni, A, S. (2022). Problematika Guru dalam Mengembang-kan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di SD/MI. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (5), 1479-1490. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8977.
Rahmawati, Y., Dwinita, S., & Pebriani, Y. (2022). Perbandingan Model Problem Based Learning dengan Model Think Talk Write terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 701–710. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.200
Setiawan, N. 2007. Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007, 1-10.
Syahriani, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Identifikasi Tokoh Cerita Rakyat melalui Pendekatan Individual dan Media LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 449–460. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.317
Umar, U. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), Januari-Juli, 131-144.
Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Darminton Mondolalo, Mulyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




